


Tren Mobile Commerce yang Akan Terus Berkembang di Tahun 2022

Marketing

23 February 2022
Perangkat seluler seperti smartphone dan tablet menawarkan Anda kemudahan dalam membeli dan menjual barang hanya dengan menekan tombol dari genggaman jari Anda. Mobile commerce merupakan salah satu kategori atau jenis layanan dari e-commerce yang dapat dengan mudah mendapatkan popularitas karena kemudahan bertransaksi di dalamnya.
Khususnya pada tahun 2021, penjualan berbasis mobile commerce diprediksi mencapai pangsa 72,9% dari total penjualan retail e-commerce di seluruh dunia. Inovasi penggunaan smartphone yang berjalan dengan cepat ke dalam kehidupan kita tidak diragukan lagi telah menjadi salah satu kekuatan pendorong di balik pertumbuhan dunia e-commerce.
Dengan jumlah gabungan 1,46 miliar pengguna, negara Amerika, India, dan China menjadi negara teratas dengan pengguna smartphone terbanyak. Pendapatan pasar smartphone global mereka senantiasa meroket karena harga jual smartphone tersebut yang meningkat pesat.
Laporan Pembayaran Global pada tahun 2021 oleh Worldpay dari FIS menekankan peran pandemi yang sedang berlangsung dalam mempercepat adopsi perdagangan smartphone berskala luas. Tren ini didukung oleh adanya peningkatan daya komputasi perangkat nirkabel yang ditambah dengan aplikasi berbasis mobile commerce dengan fitur multi fungsinya.
Menurut perkiraan pasar oleh Mordor Intelligence, pasar pembayaran berbasis smartphone atau mobile commerce akan tumbuh pada CAGR sebanyak 24,5% dari 2021 hingga 2026.
Tren yang Dapat Dipertimbangkan dalam Membangun Strategi Mobile Commerce
Tanpa diragukan lagi, potensi dari pasar mobile commerce senantiasa meningkat dari tahun ke tahun. Riset menunjukkan bahwa hampir 79% pengguna smartphone saat ini menghasilkan transaksi menggunakan perangkat mereka dalam enam bulan terakhir. Hal tersebut dapat dijadikan statistik yang cukup memberikan Anda potensi untuk strategi baru, dimana saat ini setiap aktivitas masih dijalankan secara online karena pandemi yang belum berakhir.
Dan juga, bisnis Anda dapat memanfaatkan kesempatan ini dengan merancang strategi efektif berdasarkan tren terbaru dalam industri Anda. Berikut ini beberapa tren yang dapat Anda pertimbangkan untuk strategi mobile commerce dari bisnis Anda :
Pemasaran yang Terasa Dekat (Proximity Marketing)
Berbelanja secara online saat ini mungkin dapat dikatakan menggantikan daya tarik dari toko fisik. Banyak bisnis saat ini yang memanfaatkan teknologi untuk menarik perhatian konsumen yang berada pada radius dekat dengan toko fisik yang mereka miliki. Konsep strategi ini didukung hingga hampir oleh 57% konsumen yang setuju untuk mendapatkan promosi berdasarkan lokasi dimana mereka berada.
Contohnya, penggunaan WiFi dapat digunakan oleh konsumen yang bersedia untuk membagikan lokasi mereka dan Anda dapat memberikan mereka penawaran dan diskon yang sudah dipersonalisasikan secara khusus langsung ke dalam perangkatnya.
Anda dapat menempatkan WiFi atau alat tanpa kabel di sekitar toko fisik Anda, dan target pelanggan Anda dapat terkoneksi langsung dengan aplikasi berbasis bluetooth atau hanya dengan menggunakan WiFi yang Anda bagikan.
Alat yang Anda gunakan dapat mengirimkan sinyal (misalnya iklan promosional) ke dalam perangkat ketika jarak mereka dan toko Anda tidaklah jauh. Dan dengan menggunakan strategi ini dalam mobile commerce, Anda dapat selalu menarik perhatian mereka untuk langsung datang ke toko fisik Anda hanya dengan mempersonalisasikan iklan khusus yang sesuai dengan kebutuhan mereka.
Integrasi Sistem Pencarian & Navigasi yang Mudah
Konsumen lebih memilih untuk menggunakan kolom pencarian untuk mencari produk yang mereka inginkan ketika berbelanja dalam aplikasi perangkat maupun website.
Perangkat smartphone memiliki tampilan yang lebih kecil dan kurang begitu nyaman untuk digunakan dalam melakukan pencarian kueri atau navigasi. Tetapi, Anda dapat memastikan agar aplikasi berbasis mobile commerce yang akan Anda gunakan memiliki UI atau tampilan antarmuka yang baik untuk memfasilitasi tantangan seperti ini.
Dengan mengintegrasikan sistem pencarian dan navigasi yang lebih mudah, calon pelanggan dari bisnis Anda dapat lebih mudah mencari dan menemukan berbagai varian dari produk yang Anda tawarkan.
Menurut riset dan analisa dari Econsultancy, 4.63% dari konversi yang terlacak berasal dari pengguna yang menggunakan sistem pencarian, dan berkontribusi langsung akan 13.8% dari pendapatan keseluruhan bisnis.
Teknologi Pengenalan Gambar yang Lebih Mudah
Teknologi ini berbicara tentang bagaimana bisnis Anda dapat menggunakan berbagai aplikasi dalam ruang e-commerce seperti teknologi AI atau software yang dapat mempermudah konsumen Anda untuk lebih mengenali produk dan bisnis Anda. Aplikasi perangkat saat ini biasanya sudah dilengkapi dengan alat scanner yang dapat menangkap, mencocokkan dan mengenali gambar dari produk serupa yang memiliki diskon atau penawaran khusus tertentu.
Hal ini dapat membantu konsumen untuk membandingkan harga dan fitur sebelum mereka memutuskan untuk membeli produk baik secara offline melalui toko fisik ataupun online. Dengan memanfaatkan teknologi ini, Anda memungkinkan pengguna untuk mendapatkan detail produk yang lebih banyak dan katalog yang bervariatif melalui pencarian secara visual dari brand Anda.
Menambahkan fitur dalam aplikasi berbasis mobile commerce yang bisnis Anda miliki dapat membuat pengalaman berbelanja pelanggan Anda menjadi lebih berkualitas. Konsumen dapat memindai gambar dalam iklan yang Anda tampilkan atau menggunakan pencarian berbasis visual lainnya untuk memasuki layanan digital yang Anda berikan.
Personalisasi Pemasaran yang Lebih Pintar (Smart Personalization)
Pemasaran yang dipersonalisasi dapat membantu Anda dalam mempertahankan pelanggan. Penelitian menunjukkan bahwa hampir 80% pelanggan lebih suka membeli dari brand yang memberikan pengalaman yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan atau keinginan mereka.
Strategi personalisasi yang direncanakan dengan hati-hati berdasarkan izin penggunaan data dari pengguna dapat mendorong kepuasan pelanggan ke tingkat yang lebih tinggi.
Anda dapat berfokus pada segmentasi perilaku pelanggan dan mendorong komunikasi berbasis preferensi yang mereka inginkan dan butuhkan. Catat perilaku penelusuran website dari target audiens Anda dan kumpulkan data kontekstual mereka seperti lokasi dan kondisi serta preferensi mereka untuk membuat pesan unik untuk setiap pembeli.
Komunikasi yang dipersonalisasi berdasarkan data dapat meningkatkan konversi penjualan, karena Anda dapat memastikan pelanggan menerima informasi yang dapat digunakan pada waktu yang tepat.
Sebuah survei yang dilakukan oleh SmarterHQ mengungkapkan bahwa hampir 72% pelanggan terlibat dengan pesan yang dipersonalisasi, dan 90% dari mereka akan bersedia membagikan data perilaku sebagai balasannya.
Sistem dan teknologi yang mendukung juga sangat krusial untuk perkembangan bisnis di era yang serba cepat dan canggih seperti sekarang ini. Ingatlah tentang pelanggan Anda sepanjang waktu. Temukan hal-hal yang paling mereka butuhkan saat ini, dan mulailah untuk memaksimalkan bisnis Anda untuk memenangkan hati pelanggan Anda di setiap saluran penjualan.
Jika Anda membutuhkan bantuan akan hal tersebut, Jet Commerce hadir untuk memberikan Anda solusi e-commerce enabler berkualitas di Indonesia. Jet Commerce merupakan salah satu penyedia e-commerce solution Indonesia yang bergerak pada sektor B2B dan B2C di Jakarta. Sebagai perusahaan e-commerce enabler terpercaya se-Asia Tenggara, Jet Commerce menawarkan solusi terdepan yang dapat mendukung performa bisnis Anda di e-commerce dengan sistem UPFOS.
Menjual produk secara online melalui website e-commerce Anda sendiri tidak pernah mudah, cepat, atau terukur dengan pasti. Maka dari itu, UPFOS sebagai salah satu sistem omni-channel berkualitas di Indonesia dapat menjadi salah satu platform yang memungkinkan Anda untuk menjual produk di mana pun pelanggan Anda berada, baik secara online, tatap muka, maupun keduanya.
UPFOS merupakan solusi omni-channel terintegrasi di Indonesia yang berupa aplikasi manajemen marketplace, yang dapat membantu Anda dalam berbagai proses bisnis seperti: mengelola multi saluran penjualan, pengaturan persediaan stok & inventaris, multi promosi, CRM, laporan bisnis & banyak fungsi lainnya. Memberikan Anda pengalaman manajemen e-commerce yang mudah, serta lengkap dalam satu dashboard yang sama. Berbisnis di banyak marketplace seperti Tokopedia, Shopee, Lazada, BukaLapak, JD.ID, Blibli, dan lainnya bukanlah lagi sebuah masalah dengan sistem UPFOS. Dapatkan layanan omni-channel berkualitas hanya dari UPFOS untuk bisnis Anda di sini.
Reference: eDesk