Tips Tingkatkan Penjualan e-Commerce dengan Fulfillment Center
Marketing
25 September 2020
Melihat banyaknya pemain raksasa e-Commerce saat ini, hal ini juga diiringi dengan peningkatan ekspektasi konsumen terhadap layanan berbelanja online, serta pemenuhannya di e-commerce. Mereka menuntut lebih dari sekadar pemilihan produk yang mudah dan pengiriman yang sangat cepat atau pada hari yang sama; mereka juga menginginkan fleksibilitas pada lokasi dan waktu pengiriman, serta pembaruan waktu yang senantiasa terlacak selama paket berjalan dari penjual hingga sampai ke tangan mereka.
Tentunya penjual retail yang memahami peningkatan permintaan konsumen ini, akan senantiasa menaruh kepentingan konsumen sebagai garda terdepan dari bisnis mereka (dalam hal membangun loyalitas brand yang lebih tinggi). Di era ini, satu aja pengalaman tidak memuaskan dari konsumen bisa mengakibatkan hubungan baik dengan konsumen lainnya juga memburuk.
Studi terakhir dari BigCommerce mengindikasikan bahwa beberapa hubungan antara konsumen dan penjual berakhir, bahkan sebelum hubungan tersebut dimulai. Studi tersebut juga menyebutkan bahwa hampir 77% pembeli mengabaikan keranjang belanja mereka jika biaya pengiriman dan layanan yang disediakan pernah memberikan mereka pengalaman buruk, dan 87% diantara mereka akan lebih memilih penjual yang secara spesifik menawarkan biaya pengiriman gratis.
BigCommerce juga menemukan bahwa 58% dari responden survei global berhenti berbelanja dengan penjual tertentu sebagai bentuk dari rasa kecewa mereka akan pengalaman negatif yang mereka rasakan. Dan, kehilangan kesempatan dalam penjualan tidak hanya berakhir disini. Responden tersebut juga terkadang ikut membagikan pengalaman negatif mereka ke dalam media sosial atau dengan menulis ulasan dalam toko di marketplace/ website. Dengan hal tersebut, pengalaman pengiriman yang buruk dapat merujuk langsung terhadap hilangnya konsumen potensial dan mengakibatkan brand damage untuk bisnis Anda.
Sayangnya, bagi sebagian besar penjual retail, kenyataan ini dapat membebani sumber daya hingga mencapai titik puncaknya yang membuat semakin sulit untuk berpikir secara strategis tentang cara-cara cerdas untuk membatasi biaya pengiriman. Namun, penjual yang cerdas harus senantiasa memahami akan pentingnya pemenuhan pesanan (fulfillment service), berkomitmen untuk mengurangi biaya, memberikan layanan yang optimal, serta menyederhanakan pengalaman pelanggan. Hal ini tentunya dapat diantisipasi dengan menggunakan layanan yang bersifat otomatisasi.
Pemilihan layanan operator otomatis, memberikan notifikasi pengiriman, menjalankan audit untuk tagihan operator, dan berbagai alat bisnis pintar lainnya dapat membantu mereka untuk mengelola pemenuhan pesanan dengan lebih baik, mendapatkan pijakan kompetitif, dan meningkatkan loyalitas pelanggan.
Mengambil Keputusan yang Tepat Berdasarkan Data
Dengan pendekatan berbasis data, Anda sebagai penjual retail dapat secara efisien mengirimkan produk ke berbagai belahan dunia dengan biaya yang rendah dan juga tetap memenuhi ekspektasi dari pelanggan. Dengan menganalisa data pengiriman produk secara metodis, Anda dapat menilai masalah, menunjukkan dengan tepat sumber masalah untuk dikoreksi dan menanggapi masalah pelanggan dengan lebih proaktif. Ketika upaya pemenuhan produk (fulfillment) Anda sudah menjadi lebih efisien, Anda tentunya memiliki kebebasan untuk menjadi lebih tangkas dan menawarkan fleksibilitas yang lebih baik serta membedakan Anda dari kompetitor dengan:
- Menawarkan layanan yang cepat dan fleksibel, meningkatkan transparansi dan menyediakan respon proaktif untuk setiap keperluan individu
- Mengidentifikasi dan melakukan orientasi dengan cepat ke operator baru untuk lebih memanfaatkan layanan pengiriman dan memperluasnya ke berbagai area
- Melacak tingkat pengiriman secara tepat waktu dengan memperhatikan perbaikan masalah yang Anda berikan
- Menghilangkan tugas-tugas yang terlalu berat seperti rekonsiliasi faktur
- Membuka peluang untuk menabung berdasarkan konsep bisnis menginvestasikan kembali dana ke ranah/ bidan
Beberapa Tips Dalam Mengoptimalkan Pengiriman Produk Anda
Menghubungkan Aset Dengan Sistem
Menghubungkan sistem bisnis penting seperti manajemen gudang dan sistem manajemen pesanan dengan teknologi (warehouse management system) pengiriman paket dapat meningkatkan validitas dan kecepatan rantai pasokan produk Anda dari hulu hingga ke hilir. Jika memungkinkan, Anda dapat menghubungkan pelanggan langsung pada status pengiriman segera setelah pesanan dilakukan. Hal ini dapat menambah nilai positif untuk Anda karena penggunaannya meningkatkan kualitas, aksesibilitas, serta nilai data dari pemenuhan pesanan (fulfillment service) yang Anda lakukan.
Penggunaan Sistem yang Sama pada Seluruh Pasokan Produk
Pastikan semua pasokan pemenuhan produk dalam toko e-commerce Anda, semua lokasi ritel dan atau semua jenis produk masuk dalam platform teknologi yang sama untuk merampingkan pelaporan dan meningkatkan efisiensi di seluruh jaringan distribusi yang Anda miliki. Jika dilakukan dengan baik, hal ini dapat meningkatkan efisiensi dari staf Anda.
Menawarkan Pelatihan
Memberikan pelatihan lintas fungsi yang tepat tentang pengiriman produk dan juga mengenai teknologi pelengkap, hal ini dapat mengurangi adanya kesalahan manusia serta penolakan dari karyawan Anda untuk berubah.
Memantau Masalah atau Pengecualian Dari Pengiriman Paket
Sebelum tim layanan Anda dapat secara proaktif memecahkan masalah tentang adanya pengecualian, seperti pengiriman yang tertunda atau berada luar jalur, dan mengkomunikasikan pembaruan pengiriman kepada pelanggan secara langsung, Anda harus terlebih dahulu mengembangkan metode yang dapat diandalkan untuk mengidentifikasi kejadian ini.
Menggunakan Jasa Fulfillment Center yang Profesional & Berkualitas
Dengan menggunakan jasa fulfillment center yang berkualitas, Anda dapat menyelamatkan bisnis Anda dari terbuangnya biaya dan waktu yang besar. Hal ini juga membantu Anda untuk lebih berhemat karena Anda hanya memerlukan sedikit karyawan untuk membantu Anda. Dan juga, Anda dapat berhemat dari segi pemenuhan pesanan seperti biaya yang dikeluarkan untuk perangkat lunak komputer, ruang penyimpanan, karyawan gudang, dan juga layanan dukungan untuk konsumen.
Jika Anda mencari jasa dan layanan fulfillment center yang ekspert serta kredibel di Indonesia, Jet Commerce bisa menjadi solusinya.
Jet Commerce merupakan salah satu penyedia e-commerce solution Indonesia yang bergerak pada sektor B2B dan B2C di Jakarta. Sebagai perusahaan e-commerce enabler terpercaya se-Asia Tenggara, kami menawarkan solusi komprehensif & terintegrasi untuk mendukung pemasaran Brand di ranah e-commerce.
Layanan Jet Commerce meliputi official store management, digital marketing, design & creative, customer relationship management, dan fulfillment center. Selain itu, Jet Commerce juga dilengkapi dengan fasilitas fulfillment center di Indonesia yang berlokasi di kota Tangerang. Bekerjasama dengan 8 partner logistik terpercaya, Jet Commerce Fulfillment Center mampu memproses lebih dari 4000 pesanan (online order) dalam sehari, baik pengiriman instan maupun non-instan.
Prioritas kami adalah menjaga & melaksanakan kepercayaan dari Brand Partners & Online Sellers kami dalam memberikan pengalaman berbelanja yang memuaskan bagi customer. Layanan kami merupakan solusi alternatif bagi Brand, maupun pemilik bisnis yang ingin mengembangkan usahanya di ranah e-commerce tanpa perlu khawatir kewalahan.
Reference: MultiChannel Merchant