


Kenali Beberapa Tips Ini Sebelum Mencari Solusi e-Commerce untuk Bisnis Retail Anda

Marketing

27 September 2021
Cepatnya perkembangan teknologi saat ini telah membuat konsumen untuk selalu berekspektasi dalam mendapatkan lebih banyak lagi pilihan dalam berbelanja, dan juga memperoleh kontrol atas pengalaman berbelanja mereka. Lalu, bagaimana dengan bisnis Anda? Apa yang sebaiknya dilakukan oleh bisnis Anda untuk menjawab permintaan ini? Memberikan akses pengalaman berbelanja yang berkualitas secara digital adalah salah satu jawabanya.
E-commerce merupakan salah satu solusi terbaik untuk penjualan produk grosir. Pertumbuhan pembelian kebutuhan sehari-hari seperti bahan makanan melalui online meningkat sebanyak 54% pada tahun 2020 dengan nilai mencapai $30 miliar. Konsumen menginginkan proses belanja yang efisien, memberikan rasa aman dan nyaman serta mudah diakses menggunakan perangkat apapun. Karena itulah, e-commerce menjadi solusi bagi Anda para pebisnis retail ataupun pebisnis besar untuk memasarkan, menjual produk dan memberi insentif kepada pelanggan Anda melalui satu tempat saja.
Jika Anda ingin membawa pengalaman berbelanja ke tingkat omni-channel, berikut beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan untuk memberikan solusi e-commerce yang lebih berkualitas bagi konsumen:
Kontrol Performa Kerja dari Brand Anda
Branding dari sebuah perusahaan atau bisnis merupakan hal yang penting agar produk Anda lebih mudah dikenali oleh konsumen. Baik jika mereka berbelanja secara langsung offline ataupun secara online, pastikan konsumen mudah membedakan bisnis Anda dari pesaing. Detail kecil seperti warna, logo atau penyampaian Anda kepada konsumen dapat meningkatkan pengenalan brand hingga 80%.
Seringkali ditemukan bahwa perusahaan atau bisnis layanan pengiriman bahan makanan besar memiliki branding yang kuat diawal, sehingga banyak dari konsumen yang lebih memperhatikan brand tersebut jika dibandingkan dengan toko tempat mereka berbelanja. Hal ini dapat dirasa kurang ideal untuk diikuti.
Ketika Anda menyediakan produk dan layanan dalam satu tempat, Anda juga harus mengontrol bagaimana produk ini dapat dilihat oleh konsumen. Untuk mendapatkan kepercayaan dari konsumen, Anda perlu strategi pemasaran yang mendorong pembeli untuk melihat-lihat opsi pembelian yang Anda berikan.
Carilah platform e-commerce yang memprioritaskan bisnis Anda dibandingkan dengan software mereka sendiri. Jika Anda dapat melakukan hal ini, maka brand Anda dapat dengan mudah dibedakan dan dikenali oleh konsumen, apapun saluran e-commerce yang Anda pilih.
Berusahalah untuk Senantiasa Memenuhi Keinginan Konsumen
Salah satu keinginan konsumen dalam berbelanja secara online adalah ingin memiliki pengalaman yang lancar dari awal hingga akhir. Mulai dari saat mereka membuka aplikasi, melihat produk, melakukan pembayaran dan pengiriman oleh penjual. Konsumen ingin menggunakan platform belanja yang cepat, mudah dalam penggunaan dan mudah diingat.
Terdapat banyak pilihan software e-commerce dengan pengaturan berbeda yang dapat memberikan Anda kontrol atas pengalaman berbelanja para konsumen. Anda dapat menyesuaikan apa yang dilihat pembeli dan bagaimana mereka berinteraksi dengan toko Anda. Personalisasi tersebut dapat disesuaikan dengan target konsumen Anda, sehingga mereka akan menjadikan toko Anda sebagai pilihan pertama dalam berbelanja.
Contohnya, software e-commerce ataupun aplikasi sejenis dapat memberikan Anda pilihan lebih banyak dalam menjual produk. Beberapa software memberikan solusi untuk menerapkan sejumlah halaman arahan pada website dengan memasang iklan dan penjualan mingguan, atau memberi promosi kepada pelanggan dalam bentuk diskon dan insentif, sehingga dapat mengubah kunjungan mereka menjadi pembelian.
Dengan banyaknya solusi yang ada, Anda juga memiliki tanggung jawab yang besar, termasuk dalam pengelolaan dan pemeliharaan software. Anda perlu memikirkan mengenai hal-hal yang berkaitan dengan kedua hal tersebut, seperti kapan dan siapa yang bertanggung jawab dalam hal pengembangan, keamanan atau detail teknis lainnya yang terlibat dalam aplikasi seluler dan online untuk bisnis.
Anda juga perlu memikirkan tentang fitur yang dapat diakses oleh pelanggan, bagaimana branding yang Anda gunakan dalam semua saluran, dan promosi yang sesuai. Seluruh hal ini akan mengarahkan Anda pada pengalaman konsumen yang lebih berkualitas ketika konsumen berbelanja. Idealnya, Anda perlu menyeimbangkan akan penyediaan fitur yang dapat memberi manfaat pada konsumen dari software yang Anda gunakan.
Tetapkan Anggaran yang Tepat Bagi Anda
Memiliki software yang kurang berfungsi dengan baik atau layanan pelanggan yang tidak sesuai ekspektasi dapat membuat bisnis Anda tidak berkembang dan tentunya menyebabkan sakit kepala untuk Anda. Software yang berfungsi dengan baik dan dukungan teknis yang mudah diakses merupakan kunci untuk menyiapkan dan memelihara toko online Anda. Namun, Anda juga harus memastikan agar layanan ini sesuai dengan anggaran Anda.
Banyak e-commerce yang saat ini menawarkan desain UI/UX yang intuitif, keamanan yang terpercaya atau dukungan pelanggan yang memadai. Tetapi, mungkin saja hal ini dapat membutuhkan biaya besar. Platform online memang dapat membawa keuntungan yang besar bagi bisnis Anda, namun biaya persiapan di awal dan perawatannya terkadang menjadi penghalang bagi beberapa bisnis.
Bisnis skala menengah, misalnya, memiliki ribuan konsumen harian yang mengunjungi toko online Anda dengan ratusan ribu pembelian. Maka, solusi software yang tepat untuk memastikan pengalaman tiap konsumen dapat lancar pada tiap prosesnya. Anda perlu memperhitungkan halaman CTA ke promosi, program loyalitas, branding ataupun iklan lainnya yang menuju ke pembelian konsumen.
Seimbangkan anggaran yang Anda keluarkan untuk e-commerce ataupun apikasi sejenis dengan menghitungkan banyaknya pelanggan dan pendapatan yang akan Anda dapatkan dari saluran ini. Jika anggaran Anda terbatas, tetap perhatikan kualitas agar konsumen memiliki pengalaman berbelanja yang diinginkan.
Pilihlah Software yang Scalable Untuk Bisnis Anda
Pertumbuhan merupakan hal yang senantiasa yang diinginkan dalam sebuah bisnis. Dalam beberapa tahun, mungkin bisnis Anda dapat berubah dari segi ukuran, cakupan, perluasan layanan atau produk. Penting untuk Anda ingat bahwa software Anda juga harus senantiasa mengikuti jalannya pertumbuhan ini.
Pengembang dari beberapa e-commerce harus melaksanakan struktur ulang terhadap aplikasi untuk mengikuti pertumbuhan ini. Hal ini akan mempengaruhi anggaran dan gangguan layanan dalam prosesnya. Lakukan due diligence sebelum Anda memilih solusi e-commerce yang sesuai. Pertumbuhan software dapat mencakup inventaris yang lebih besar, fitur yang yang lebih kompleks, diiringi dengan volume pelanggan yang lebih tinggi.
Pastikan juga bahwa solusi e-commerce Anda terintegrasi dengan sistem toko yang ada, sehingga konsumen memiliki pengalaman berbelanja yang konsisten dalam setiap saluran yang Anda miliki sejak awal.
Pastikan Penyedia Solusi yang Anda Perlukan Memahami Kebutuhan Anda
Para penyedia solusi e-commerce dapat menjangkau beberapa industri, mulai dari industri mode hingga teknologi. Pilihlah provider yang menyediakan dan sesuai dengan industri dari bisnis Anda.
Dalam hal ini, jika bisnis Anda berkaitan dengan bahan pangan, banyak platform e-commerce yang menawarkan katalog visual, pembuatan resep, deskripsi item, dan sejenisnya. Semua fitur yang ada ditujukan untuk meningkatkan kegunaan dan fungsi toko online Anda.
Beberapa opsi software juga memungkinkan pelanggan untuk membuat daftar belanja atau menyimpan barang-barang yang biasa digunakan ke akun mereka agar mudah diakses. Anda dapat mempersonalisasi tampilan e-commerce Anda sesuai dengan kebutuhan Anda.
Untuk bisnis skala menengah, untuk memudahkan penggunaan pelanggan, Anda perlu memiliki fitur penawaran produk dan branding yang mudah. Software online Anda harus mencerminkan hal ini, sambil menyisakan ruang untuk penyesuaian karena tren ritel yang senantiasa berubah seiring waktu dan pertumbuhan bisnis Anda kedepannya.
Tren pemesanan kebutuhan sehari-hari secara online akan terus berlanjut selama konsumen merasa aman dan nyaman, terlebih dalam masa pandemi ini. Untuk Anda yang ingin memanfaatkan tren yang berkembang ini, pilihlah penyedia solusi e-commerce yang memungkinkan Anda dapat mengontrol brand, biaya, skalabilitas, serta pengalaman konsumen yang dapat mendukung pertumbuhan bisnis Anda.
Sistem dan teknologi yang mendukung sangatlah krusial untuk perkembangan bisnis di era yang serba cepat dan canggih seperti sekarang ini. Ingatlah tentang pelanggan Anda sepanjang waktu. Temukan hal-hal yang paling mereka butuhkan saat ini, dan mulailah untuk memaksimalkan bisnis ritel Anda dengan sistem omni-channel mutakhir untuk memenangkan hati pelanggan Anda di setiap saluran penjualan.
Jet Commerce merupakan salah satu penyedia e-commerce solution Indonesia yang bergerak pada sektor B2B dan B2C di Jakarta, Indonesia. Sebagai perusahaan e-commerce enabler terpercaya se-Asia Tenggara, Jet Commerce menawarkan solusi terdepan yang dapat mendukung performa bisnis Anda di e-commerce dengan UPFOS.
UPFOS adalah solusi omnichannel terintegrasi berupa aplikasi manajemen marketplace, yang dapat membantu Anda dalam berbagai proses bisnis seperti: mengelola multi saluran penjualan, pengaturan persediaan stok & inventaris, multi promosi, CRM, laporan bisnis & banyak fungsi lainnya.
Jet Commerce memberikan Anda pengalaman manajemen e-commerce yang mudah, serta lengkap dalam satu dashboard yang sama. Berbisnis di banyak marketplace seperti Tokopedia, Shopee, Lazada, BukaLapak, JD.ID, Blibli, dan lainnya bukanlah lagi sebuah masalah dengan sistem UPFOS. Dapatkan UPFOS untuk bisnis Anda di sini.
Reference: Supermarket News