


Tips & Panduan Menjual Produk Grosir Kepada Pemain Ritel

Marketing

24 March 2022
Dalam artikel ini, kami akan mencoba untuk memandu Anda dalam menjual produk secara grosir, memasuki industri grosir, berbagi tips dalam menemukan produk yang tepat untuk dijual, serta cara-cara dalam menyiapkan toko online Anda.
Bayangkan saja, bukankah lebih baik jika Anda mempunyai waktu lebih untuk mengembangkan produk, melakukan inovasi, mempercantik desain atau bahkan melakukan perampingan operasional, daripada harus mengkhawatirkan penjualan atau pelanggan baru setiap harinya.
Bagi Anda seorang pebisnis, sudah sewajarnya jika Anda mempertimbangkan segala peluang yang ada, serta pemilihan strategi apa yang efektif untuk bisnis online ritel ini. Berikut beberapa informasi yang akan berguna untuk pengembangan bisnis ritel Anda.
Bagaimana Penjualan Secara Grosir Berjalan
Penjualan secara grosir merupakan kegiatan dimana Anda menjual produk yang Anda miliki dalam skala besar kepada penjual ritel lainnya. Biasanya dijual dengan format diskon, kemudian produk Anda akan dijual kembali oleh toko/ pengusaha ritel kepada konsumen dengan harga yang lebih tinggi. Penting untuk diingat bahwa, meskipun Anda menciptakan saluran penjualan grosir untuk bisnis Anda, bukan berarti bahwa Anda tidak dapat lagi menjual produk langsung kepada calon pembeli.
Sebagai penjual grosir, Anda tetap dapat menjual produk kepada pembeli secara langsung maupun kepada penjual ritel lain. Anda tidak perlu memilih salah satunya. Contoh yang dapat dengan mudah dikenali adalah department store besar seperti Walmart atau Target di Amerika.
Dalam beberapa tahun terakhir ini, penjualan berbasis grosir mengalami revolusi dengan adanya penjualan produk secara online di website-website marketplace seperti Amazon, Wish & Wayfair di Amerika atau seperti Shopee, Tokopedia, Lazada, dan lainnya di Indonesia. Ketika era e-commerce mulai mendorong brand untuk menjual produk secara langsung kepada konsumen (direct-to-consumer) berikut dengan kendalanya dalam mengatur toko, di sisi lain penjualan secara grosir masih dapat bersaing dengan menawarkan kemudahan bagi konsumen dalam menemukan apapun yang mereka butuhkan.
Apakah Menjual Produk Secara Grosir Memberikan Keuntungan?
Versi terbaru dari penjualan secara online ini umumnya berada pada marketplace online atau pada bisnis yang masih berskala kecil dan memiliki keuntungan dalam menarik perhatian brand yang memiliki fokus untuk menjual produk secara langsung kepada konsumen. Berikut beberapa alasan mengapa menjual produk secara grosir dapat memberikan bisnis Anda keuntungan :
-
Meningkatkan Penjualan Tanpa Perlu Budget Tambahan untuk Pemasaran
Sebagai brand yang menggunakan fokus direct-to-consumer, tentunya budget yang perlu dialokasikan untuk pemasaran haruslah cukup besar jika ingin terus berkembang. Untuk mendapatkan konsumen baru secara terus-menerus, tentunya budget yang dikeluarkanpun juga akan terus meningkat kedepannya.
Dengan menjual produk Anda secara grosir, secara tidak langsung Anda telah membuat bisnis ritel lainnya untuk ikut bekerjasama dalam menanggung biaya akuisisi untuk pelanggan baru tersebut. Selain itu Anda juga dapat menginvestasikan ulang waktu dan uang Anda untuk mengembangkan lini bisnis lainnya.
-
Memanfaatkan Audiens Brand Lain untuk Menjual Produk Anda
Sama seperti mendapatkan konsumen baru yang memerlukan budget, membangun audiens yang loyal akan produk dan layanan Anda tidaklah mudah. Dengan membuat kerjasama penjualan grosir dengan brand yang memiliki reputasi baik, Anda sudah membuat nama Anda juga dipandang baik dalam niche Anda.
Hal ini membuat Anda dapat memanfaatkan reputasi baik dari brand partner dan membawa produk bisnis Anda ke tangan konsumen mereka.
-
Memasuki Pasar Baru Dengan Risiko Yang Lebih Kecil
Mengembangkan bisnis Anda pada negara atau teritori baru tentunya memerlukan budget lebih, seperti tempat penyimpanan atau logistik pengiriman yang akan Anda gunakan. Anda juga perlu memikirkan strategi pemasaran pada audiens yang benar – benar belum mengenali Anda.
Dengan menggandeng bantuan dari ritel yang sudah memiliki nama dan reputasi dari target audiens baru Anda serta rantai pasokan yang baik dalam pasar tersebut, Anda dapat mengurangi risiko yang akan dihadapi dalam ekspansi internasional dengan mengurangi biaya pengaturan bisnis di awal.
Tentunya, model bisnis dengan penjualan secara grosir ini menguntungkan baik bagi rekan ritel dan juga untuk bisnis grosir Anda sendiri dalam segi efisiensi. Rekan ritel mendapatkan produk dan komplementari yang baru untuk dijual, tanpa perlu melakukan riset dan pengembangan, sedangkan Anda sebagai penjual grosir menghemat pengeluaran dalam segi pemasaran dengan mendapatkan akses langsung pada basis konsumen yang dimiliki mereka.
Cara Menjual Produk Secara Grosir (Wholesale Products)
Bergabung Dengan Marketplace Online Grosir
Para penjual ritel saat ini dapat dengan mudah mencari dan memesan produk dari marketplace online yang menyediakan produk secara grosir. Selain menjual produk secara grosir pada penjual ritel dalam toko online berbasis e – commerce Anda sendiri, Anda juga dapat bergabung dengan marketplace terkenal seperti Shopee atau Tokopedia untuk membangun kesadaran merek dan meraih pembeli potensial baru.
Lakukanlah riset terlebih dahulu pada marketplace yang menawarkan prospek terbaik untuk memastikan ketepatannya bagi bisnis Anda. Anda tentunya ingin menggunakan marketplace yang dapat dengan mudah terintegrasi dengan toko Anda.
Gunakan Website Dengan Fokus Direct-To-Consumer Milik Anda
Secara umum, konsumen ritel biasanya menemukan Anda terlebih dahulu. Jika Anda menjalankan iklan bersifat direct-to-consumer yang berhasil, mungkin Anda dapat dengan mudah mendapatkan pesan dari distributor tertentu yang ingin menjual produk Anda pada toko fisik mereka.
Ketika Anda membuat iklan yang ditujukan langsung pada konsumen secara online, Anda juga meraih perhatian dari pemilik bisnis lainnya yang mungkin tertarik untuk menjual produk Anda. Inilah alasan mengapa penting bagi Anda untuk senantiasa memasukkan tautan pada website Anda yang berisikan inkuiri yang dapat diisi untuk menjual produk Anda secara ritel. Hal ini juga memberikan jalan yang mudah bagi siapapun untuk menjelajahi website dan mengontak Anda tentang kesempatan potensial ke depannya.
Datangi Pameran Dagang Yang Ada
Pameran dagang merupakan salah satu tempat yang paling sering dikunjungi oleh pebisnis grosir untuk menjalin hubungan dan menemukan mitra ritel yang tepat. Ada pameran dagang khusus untuk hampir setiap kategori ritel, mulai dari pakaian bayi dan pakaian olahraga hingga furniture dan dekorasi rumah. Bahkan ada direktori pameran dagang yang mencantumkan pameran dagang teratas menurut kategorinya.
Pameran dagang, bagaimanapun, dapat menguras budget. Tentunya hal ini sering membutuhkan perjalanan ke lokasi di mana event berlangsung dan biaya yang cukup besar untuk sebuah stan jika Anda ingin membuka stand di sana.
Meskipun pameran dagang merupakan tempat untuk menjalin hubungan yang baik dan menemukan pelanggan baru, ada baiknya jika Anda mendatangi salah satunya terlebih dahulu dan berjalan memutari event tersebut untuk memastikan penggunaannya bermanfaat sebelum memutuskan untuk mendirikan stand dari bisnis Anda sendiri.
Menjangkau Brand Lain Yang Dapat Melengkapi Bisnis Anda
Salah satu manfaat dari saluran penjualan grosir ini adalah, selain sifatnya yang berbeda dengan penjualan langsung (direct to consumer), Anda selalu memerlukan basis konsumen yang luas untuk senantiasa berkembang. JIka Anda memiliki mitra ritel yang sukses dalam menjual produk Anda, mereka tentu akan kembali dan melanjutkan kerja sama dengan memberikan pesanan dalam jumlah besar dari bisnis Anda.
Untuk memilih mitra ritel yang tepat, tentunya Anda dapat menjangkau mereka melalui media sosial, telepon, email, dan sebagainya. Bisnis yang menjual produk pelengkap atau mirip dengan apa yang brand Anda tawarkan senantiasa menjadi tempat yang tepat untuk memulai.
Gunakan Insentif Sebagai Motivasi Pembeli
Insentif senantiasa bekerja dengan baik bagi pembeli grosir sama seperti pembeli lain pada umumnya. Beberapa ritel yang menjual secara grosir biasanya menawarkan harga diskon untuk pembeli berdasarkan jumlah produk yang mereka beli. Penawaran ini pada umumnya berupa persentase dari jumlah harga pembelian awal pembeli. Insentif dengan jenis lain juga dapat berupa :
- Jumlah minimal pembelian produk
- Gratis ongkos kirim berdasarkan jumlah pesanan dan lokasi pengantaran
- Berbagai opsi metode pembayaran
- Diskon pembelian dalam bentuk paket (bundle deals)
- Gratis sample / tester
Selain itu, Anda juga dapat menawarkan jasa dropship sebagai penjual grosir. Jadi, ketika ada mitra ritel yang menjual produk Anda dalam website atau marketplace mereka, Anda dapat langsung mengirimkannya kepada pembeli secara langsung, atau kepada distributor grosir lain, yang lebih murah dari segi biaya untuk bisnis Anda.
Jika Anda masih membutuhkan bantuan dalam hal ini, Jet Commerce hadir untuk memberikan Anda solusi e-commerce enabler berkualitas di Indonesia. Jet Commerce merupakan salah satu penyedia e-commerce solution Indonesia yang bergerak pada sektor B2B dan B2C di Jakarta. Sebagai perusahaan e-commerce enabler terpercaya se-Asia Tenggara, Jet Commerce menawarkan solusi terdepan yang dapat mendukung performa bisnis Anda di e-commerce dengan sistem UPFOS.
Menjual produk secara online melalui website e-commerce Anda sendiri tidak pernah mudah, cepat, atau terukur dengan pasti. Maka dari itu, UPFOS sebagai salah satu sistem omni-channel berkualitas di Indonesia dapat menjadi salah satu platform yang memungkinkan Anda untuk menjual produk di mana pun pelanggan Anda berada, baik secara online, tatap muka, maupun keduanya dengan satu sistem yang sama dan terpusat.
UPFOS merupakan solusi omni-channel terintegrasi di Indonesia berupa aplikasi manajemen marketplace, yang dapat membantu Anda dalam berbagai proses bisnis seperti: mengelola multi saluran penjualan, pengaturan persediaan stok & inventaris, multi promosi, CRM, laporan bisnis & banyak fungsi lainnya. Memberikan Anda pengalaman manajemen e-commerce yang mudah, serta lengkap dalam satu dashboard yang sama. Berbisnis di banyak marketplace seperti Tokopedia, Shopee, Lazada, BukaLapak, JD.ID, Blibli, dan lainnya bukanlah lagi sebuah masalah dengan sistem UPFOS. Dapatkan layanan omni-channel berkualitas hanya dari UPFOS untuk bisnis Anda di sini.
Reference: Shopify