Updates > , > Beberapa Kunci & Strategi Sukses untuk Menjalankan Bisnis Melalui Online Marketplace

Beberapa Kunci & Strategi Sukses untuk Menjalankan Bisnis Melalui Online Marketplace

Marketing

14 December 2021

Popularitas dan penggunaan dari marketplace seperti Amazon, eBay, Tokopedia, Shopee, Lazada dan marketplace lainnya senantiasa berkembang dari tahun ke tahun, beriringan dengan perubahan dalam preferensi dan perilaku dari konsumen. Bahkan sebelum adanya pandemi COVID-19, peningkatan preferensi konsumen dalam dunia e-commerce kian melaju dan membuat mereka semakin mengerti tentang personalisasi, kenyamanan dan juga pengalaman positif dalam setiap saluran yang mereka kunjungi.

Ketika marketplace saat ini sudah menawarkan saluran dan infrastruktur yang lebih banyak, sebagai penjual kita masih perlu untuk melakukan pengelolaan dan pengoptimalan lebih lanjut khususnya pada stok barang, harga, dan juga tentunya pemenuhan pesanan. Lebih jauhnya, setiap penjual yang ingin sukses harus senantiasa mengikuti perkembangan dari berbagai saluran marketplace, baik untuk bisnis skala nasional maupun internasional, dan hal ini tentunya memberikan tanggung jawab dan tingkat kerumitan tersendiri.

Untuk pengguna dan pembeli pada basis omnichannel saat ini, setiap langkah dalam perjalanan mereka haruslah mulus dan intuitif untuk mempertahankan loyalitas mereka. Memberikan pengalaman berbelanja yang senantiasa konsisten sangatlah penting, dan Anda sebagai penjual harus memiliki strategi untuk menyambut kesuksesan di masa mendatang.

Berikut ini beberapa tips dan kunci dari strategi agar Anda dapat menjalankan bisnis berbasis marketplace yang sukses :

SEO, Penemuan Terbaru & Riset

Fungsi pencarian dan penemuan merupakan salah satu bagian kunci dari setiap desain di marketplace. Saat ini, proses penemuan senantiasa memiliki tempat dan konteks dalam unggahan media sosial atau dalam marketplace bagian homepage dari brand Anda, yang tentunya mendorong setiap brand untuk memikirkan ulang tentang cara mereka membangun komunikasi dengan setiap konsumen dari ujung saluran pembelian mereka.

Dalam merespon hal ini, Anda sebagai penjual online dituntut untuk harus memberikan konten pemasaran yang dapat meraih perhatian dari pembeli potensial, terlepas dari saluran atau perangkat apa yang mereka gunakan. Pendekatan interaktif dan selalu terhubung ini memperbolehkan pengguna untuk lebih mengenali produk dan layanan yang Anda berikan ketika mereka mengambil langkah selanjutnya dalam perjalanan pembelian, contoh seperti terhubung dengan bisnis Anda untuk menjadwalkan pertemuan, kapanpun mereka ingin menggunakannya bisa melalui email, media sosial, ataupun saluran lainnya.

Anda juga dapat memanfaatkan data pencarian untuk menciptakan relevansi yang lebih besar bagi konsumen dan mengembangkan hubungan yang lebih personal. Marketplace dapat terus memberikan pengalaman penemuan yang lebih terkurasi setiap kali pelanggan kembali dengan menerapkan algoritma dan pembelajaran mesin pada riwayat dan preferensi penelusuran sebelumnya.

Pengalaman dari Halaman Produk (Product Page Experience)

Halaman produk menjadi halaman destinasi bagi pembeli, dan tempat dimana mereka seringkali menemukan, berinteraksi, dan berakhir dengan transaksi pembelian. Karena itulah, halaman produk senantiasa perlu diperhatikan karena halaman ini memberikan para calon pembeli potensial informasi tambahan tentang produk yang mungkin mereka inginkan, dan membantu mereka dalam menghasilkan keputusan pembelian.

Halaman produk yang sukses diterapkan merupakan halaman yang senantiasa imersif secara alami. Dalam kata lain, halaman ini harus selalu interaktif dan deskriptif untuk memastikan agar konsumen mendapatkan informasi yang mereka butuhkan dan membuat mereka “merasakan” daya guna dari produk Anda dalam visualisasi digital. Hal ini termasuk dengan memberikan ulasan dan saran yang terpercaya sehingga konsumen lebih yakin dalam membuat keputusan pembelian akhir mereka.

Menggunakan konten interaktif dan deskriptif yang disesuaikan dengan pasar, website, dan saluran media sosial tertentu tidak hanya berkontribusi pada kepercayaan dan kredibilitas, tetapi juga membangun kepercayaan dan meningkatkan kesediaan konsumen untuk menyelesaikan pembelian mereka.

Campuran konten interaktif dan konten yang mencerminkan brand serta ulasan otentik dalam halaman produk memungkinkan Anda untuk menghemat waktu konsumen saat mereka menjelajahi webstore dan toko Anda di marketplace.

Halaman Checkout & Pembayaran

Entah dengan menjual produk secara lokal maupun internasional, penjual online dalam setiap platform menghadapi kerumitan dalam perkembangan dari pengalaman halaman pembayaran & checkout. Mulai dari klasifikasi produk dan pajak tertentu dari setiap daerah, hingga biaya tertentu untuk regulasi, menerapkan harga yang tepat dalam halaman checkout senantiasa memiliki dampak bagi pengalaman pengguna dan memiliki resikonya tersendiri.

Untuk menghilangkan adanya pengabaian pesanan dan hilangnya pembeli ke depannya, marketplace harus senantiasa bekerja sama dengan penyedia jasa layanan pihak ketiga yang dapat membantu mengotomatisasi proses dan membuat proses transaksi pembelian menjadi kesempatan dimana pengguna mendapatkan loyalitas lebih.

Solusi teknologi seperti otomatisasi kepatuhan pajak untuk memastikan pajak dan bea cukai dihitung secara akurat dan pengoptimalan perangkat untuk memungkinkan pembayaran saat dalam perjalanan dapat menjadi penting untuk keseluruhan pengalaman berbelanja pada marketplace tempat Anda menjual produk brand Anda.

Beberapa Kunci & Strategi Sukses untuk Menjalankan Bisnis Melalui Online Marketplace

Merchandising & Pemenuhan Pesanan (Merchandising & Fulfillment)

Hambatan rantai pasokan yang dilemparkan COVID-19 pada penjual telah menggarisbawahi tentang perlunya visibilitas yang lebih besar di setiap tahap produksi, mulai dari pengadaan hingga pemenuhan dan pengembalian produk dari toko Anda di marketplace.

Permintaan dari konsumen untuk waktu pengiriman yang lebih cepat, terutama saat berbelanja pada marketplace yang menjamin pengiriman gratis pada hari yang sama atau dalam dua hari, telah menciptakan tantangan bagi Anda untuk mencapai efisiensi yang lebih besar dan memanfaatkan teknologi selama proses pemenuhan pesanan.

Dalam mengejar praktik alternatif yang hemat biaya dan berkelanjutan, Anda dapat mencari solusi seperti menggunakan proses manufaktur sesuai permintaan, menerapkan drop-shipping, dan proses pemenuhan pesanan yang cerdas untuk memberi Anda dan pelanggan kenyamanan dari segi biaya dan keberlanjutan yang lebih baik.

Operasi Backend (Backend Operations)

Operasi perdagangan digital senantiasa menjadi semakin kompleks karena setiap saluran senantiasa berkembang dan audiensnya juga bertumbuh secara global. Pada saat yang sama, pertumbuhan dan percepatan ini menawarkan peluang yang belum pernah terjadi sebelumnya bagi Anda.

Anda harus dapat menghubungkan infrastruktur, tenaga kerja, dan mitra mereka secara mulus melalui data, yang dapat dicapai dengan memecah informasi, memberikan wawasan yang dapat ditindaklanjuti secara realtime, dan memungkinkan kolaborasi yang lebih baik dalam seluruh saluran.

Untuk menciptakan pengalaman pelanggan yang berkualitas, mulai dari penemuan hingga transaksi dan pemenuhan pesanan, Anda harus berfokus pada poin-poin penting dalam pengalaman ritel, termasuk operasi omnichannel, transparansi waktu nyata, dan harga yang fleksibel.

Analisa & Pembuatan Laporan (Analytics & Reporting)

Ketika mengembangkan strategi berbisnis melalui marketplace, kemampuan mengakses data dan wawasan tentang perilaku konsumen secara mudah dan efisien senantiasa penting. Untuk senantiasa berjalan bersamaan dengan ekspektasi pengguna dan memberikan pengalaman yang senantiasa berkualitas di setiap saluran dalam setiap transaksi, Anda harus dapat mengakses dan merespon setiap wawasan dengan tepat secara real-time.

Kemampuan ini menjadi nyata melalui vendor dan alat pihak ketiga yang mampu mengotomatiskan semua operasi backend serta memberikan wawasan konsumen yang diperlukan untuk terus berkembang dan berinovasi seputar pengalaman dalam marketplace konsumen setelah diintegrasikan ke dalam pusat data produk yang Anda miliki.

Untuk berkembang dan mengikuti kecepatan pasar serta menanggapi harapan pembeli secara online, Anda harus secara aktif menyadari tren dan perubahan yang dialami dalam marketplace serta kebutuhan dari konsumen.

Sistem dan teknologi yang mendukung sangatlah krusial untuk perkembangan bisnis di era yang serba cepat dan canggih seperti sekarang ini. Ingatlah tentang pelanggan Anda sepanjang waktu. Temukan hal-hal yang paling mereka butuhkan saat ini, dan mulailah untuk memaksimalkan bisnis ritel Anda untuk memenangkan hati pelanggan Anda di setiap saluran penjualan termasuk online marketplace.

Jika Anda membutuhkan bantuan, Jet Commerce hadir untuk memberikan Anda solusi e-commerce enabler berkualitas di Indonesia. Jet Commerce merupakan salah satu penyedia e-commerce solution Indonesia yang bergerak pada sektor B2B dan B2C di Jakarta. Sebagai perusahaan e-commerce enabler terpercaya se-Asia Tenggara, Jet Commerce menawarkan solusi terdepan yang dapat mendukung performa bisnis Anda di e-commerce dengan sistem UPFOS.

UPFOS merupakan solusi omnichannel terintegrasi berupa aplikasi manajemen marketplace, yang dapat membantu Anda dalam berbagai proses bisnis seperti: mengelola multi saluran penjualan, pengaturan persediaan stok & inventaris, multi promosi, CRM, laporan bisnis & banyak fungsi lainnya. Memberikan Anda pengalaman manajemen e-commerce yang mudah, serta lengkap dalam satu dashboard yang sama. Berbisnis di banyak marketplace seperti Tokopedia, Shopee, Lazada, BukaLapak, JD.ID, Blibli, dan lainnya bukanlah lagi sebuah masalah dengan sistem UPFOS. Dapatkan UPFOS untuk bisnis Anda di sini.

 

Reference: Total Retail

Share It With Your Friends

Do You Have Any Question?

+62 21 808 23118

CONNECT WITH US

Do You Have Any Question?

+62 21 808 23118

CONNECT WITH US