Updates > , > Beberapa Ide dan Strategi e-Commerce Marketing Menjelang Kampanye Harbolnas 11.11 & 12.12

Beberapa Ide dan Strategi e-Commerce Marketing Menjelang Kampanye Harbolnas 11.11 & 12.12

Livia Chandra

2 November 2022

Harbolnas 2022 sudah semakin dekat. Kita semua tahu bahwa Harbolnas merupakan momentum puncak bagi brand/ pebisnis e-commerce yang tentunya tidak boleh dilewatkan begitu saja, apalagi momentum ini hanya datang sekali dalam setahun. Akan sangat disayangkan jika Anda melewatkan kesempatan yang sangat besar ini untuk memaksimalkan penjualan bisnis Anda di e-commerce.

Namun, bagaimana caranya agar webstore/ toko online Anda di marketplace bisa mendapatkan lebih banyak traffic dan calon pelanggan? Bagaimana cara agar membuat pelanggan terkesan dengan produk yang Anda jual? Bagaimana caranya untuk mendapatkan lebih banyak penjualan dan pendapatan bagi bisnis Anda? Praktik dan penerapan dari strategi e-commerce marketing adalah jawabannya. Menerapkan strategi dan ide kreatif setiap hari bisa jadi dapat membantu Anda dalam memilih strategi mana yang paling berhasil untuk bisnis Anda.

Jika Anda masih bingung, maka jangan lewatkan pembahasan kita yang satu ini, karena kita akan membahas berbagai tips dan strategi e-commerce marketing yang bisa Anda terapkan dalam bisnis Anda, agar Anda dan tim Anda lebih siap untuk menyambut kesempatan yang ditawarkan dari kampanye besar seperti Harbolnas 11.11 & 12.12. Berikut adalah pembahasannya.

  • Lakukan Upsell Produk

Definisi dari kata upsell itu sendiri adalah untuk meyakinkan calon pelanggan yang sudah siap untuk membeli sesuatu, menjadi membeli lebih dari apa yang mereka butuhkan di awal. Entah itu lebih besar secara kuantitas, ataupun nilai harga uang yang akan mereka belanjakan.

Contohnya, saat Anda berbelanja online untuk membeli smartphone misalnya. Mungkin ada beberapa toko yang akan menanyakan apakah Anda ingin mengganti produk dengan barang serupa, namun dengan teknologi yang lebih canggih atau yang memiliki beberapa fitur tambahan.

Biasanya kualitas produk pengganti akan sedikit lebih premium sehingga selisih harganya tidak terlalu besar. Pengaturan seperti ini perlu disesuaikan dengan kebutuhan awal si calon pembeli, sehingga tidak menyebabkan dia langsung menolak tawaran itu namun tetap mempertahankan keputusan pertamanya.

Dari kacamata pembeli, hanya dengan sedikit tambahan uang maka saya sudah bisa mendapatkan beberapa tambahan fitur keren ke produk yang mirip dengan yang saya ingin beli sebelumnya. Ini semua adalah deskripsi dari konsep upselling.

  • Kurangi Pengabaian Keranjang (Abandonment Cart)

Keranjang yang ditinggalkan adalah masalah yang tidak hanya dialami oleh toko e-commerce mana pun. Menurut rata-rata, hampir 70% keranjang belanja ditinggalkan. Alasannya mungkin saja disebabkan oleh operasi pembayaran di webstore/ toko online yang cukup menantang atau bisa juga karena pelanggan tidak ingin membayar biaya tambahan.

Oleh karena itu, ada dua cara untuk memperbaiki masalah ini. Salah satunya adalah mengoptimalkan langkah pembayaran untuk pelanggan Anda di webstore/ toko online sehingga mereka merasa nyaman dan sangat dimudahkan, dan juga mendiversifikasi payment gateway yang ada.

Cara kedua untuk mengurangi tingkat pengabaian keranjang adalah dengan menggunakan ide e-commerce marketing, seperti mengirimkan e-mail mengenai keranjang pengabaian yang dikombinasikan dengan penawaran yang relevan. Contohnya pengiriman gratis atau diskon dengan jangka waktu terbatas. Dengan cara ini, Anda dapat menemukan akar penyebab pelanggan meninggalkan keranjang mereka dan mendorong mereka untuk kembali dan menyelesaikan transaksi.

  • Ubah pelanggan dengan produk yang terjual habis

Jadilah pemasar yang cerdas dan ketahui cara mengarahkan pelanggan yang mungkin kecewa atau sedih karena beberapa produk Anda yang mereka minati kehabisan stok. Jika Anda tidak melakukan apa-apa, pelanggan tersebut mungkin akan berkecil hati dan mencari barangnya di situs atau webstore lain. Namun, jika Anda merekomendasikan item serupa atau terlaris, Anda akan meningkatkan kemungkinan mereka untuk bertransaksi. Ini adalah salah satu ide e-commerce marketing yang cukup efektif dalam mengurangi frustasi pengguna, menangkap prospek, dan meningkatkan penjualan.

  • Libatkan pengunjung toko online dengan live-chat

Jika pelanggan Anda memiliki masalah, tentunya Anda akan melakukan semua yang Anda bisa untuk memenuhi permintaan mereka bukan. Tetapi bagaimana jika mereka membutuhkan Anda untuk menanganinya dengan segera?

Jika terjadi keterlambatan, Anda mungkin saja kehilangan kepercayaan dan bahkan mereka bisa berujung membatalkan pesanan mereka. Pada saat seperti ini, Anda akan menyadari betapa pentingnya alat seperti live-chat bagi dukungan pelanggan. Beberapa platform e-commerce yang menawarkan live-chat otomatis dapat membantu Anda dalam membangun kepercayaan pelanggan, yaitu dengan selalu bersiap siaga kapan pun mereka membutuhkannya. Atau bisa juga dengan mencoba memberi tahu status pesanan pelanggan melalui fitur live-chat tanpa perlu menggunakan e-mail.

  • Buat orang bersemangat dengan tantangan

Ide e-commerce marketing seperti ini bukanlah hal yang baru, akan tetapi tetap dapat menghadirkan pengalaman yang menarik dan berbeda bagi pelanggan Anda. Semua orang pasti ingin menjadi orang yang beruntung untuk mendapatkan hadiah dari program tantangan yang diselenggarakan oleh brand/ toko e-commerce. Yang perlu Anda lakukan adalah menggunakan ide tersebut untuk mendorong orang untuk mendaftar dengan akun e-mail atau nomor telepon. Dengan memanfaatkan ide seperti ini, Anda tentunya berkesempatan memperoleh daftar e-mail dan nomor telepon calon pelanggan untuk bisnis Anda.

  • Berikan hadiah untuk pelanggan setia Anda

Menjaga/ me-retain pelanggan lama tidak hanya lebih mudah daripada mulai melibatkan kembali pelanggan baru, tetapi juga lebih efektif dalam hal biaya dan pendapatan rata-rata. Orang yang terlibat dengan bisnis Anda akan cenderung menghabiskan lebih banyak uang untuk setiap pesanan mereka di webstore ataupun toko Anda di marketplace.

Tidak hanya itu, jika Anda merasa puas dengan pengalaman Anda pada suatu brand untuk waktu yang lama, apakah Anda bersedia merekomendasikannya kepada orang-orang di sekitar Anda? Lebih dari 80% pengguna mengatakan “Ya”.

Jadi, ide promosi penjualan e-commerce apa yang akan Anda gunakan untuk memuaskan pelanggan setia Anda?

Tawarkan mereka paket hadiah dengan frekuensi dan tindakan spesifik seperti kode diskon, kartu loyalitas, pengiriman gratis, atau hadiah liburan, dll. Ingat, setiap pelanggan akan memiliki kriteria dan preferensi mereka sendiri.

  • Optimalkan halaman produk Anda

Cara Anda mengelola halaman produk akan sangatlah mempengaruhi keputusan pembelian pelanggan Anda. Oleh karena itu, optimalkan dengan ide e-commerce marketing tentang deskripsi produk, gambar yang aktual, dan juga video yang menarik. Selidiki mengapa tingkat konversi pada halaman ini turun untuk memecahkan masalah yang mencegah Anda meningkatkan penjualan.

Tips baik yang dapat diterapkan adalah gunakan bagian di bawah halaman produk untuk menampilkan saran produk serupa, sehingga pelanggan dapat memiliki lebih banyak opsi yang mungkin mereka sukai. Produk terkait juga sangat potensial karena mereka mungkin ingin membeli item tambahan yang dapat digabungkan dengan item pilihan mereka.

  • Menggabungkan FOMO dengan pengiriman gratis

FOMO (fear of missing out) adalah salah satu ide e-commerce marketing yang kami agungkan dikarenakan penerapan psikologi akan pemahaman tentang pelanggan. Hal ini berfungsi sebagai dorongan kecil bagi mereka yang masih mempertimbangkan apakah akan membeli produk favorit mereka atau tidak. Begitupun dengan pengiriman gratis, hal ini tidak hanya membuat proses pembayaran pelanggan lebih nyaman tetapi juga mendorong mereka untuk menambah nilai lebih pada pesanan mereka.

Kreativitas dalam pemasaran tidak akan ada habisnya, apalagi terkait ide e-commerce marketing. Tak jarang, banyak sekali pebisnis online yang terkadang kesulitan dalam memutuskan taktik mana yang harus mereka coba untuk meningkatkan traffic dan konversi yang paling efektif untuk bisnis mereka. Oleh karena itu, jika Anda merasa membutuhkan bantuan dalam menemukan strategi e-commerce marketing yang tepat untuk bisnis Anda, ataupun tenaga ahli untuk mengembangkan bisnis Anda di e-commerce, mungkin solusi e-commerce enabler dari Jet Commerce bisa menjadi jawabannya.

Jet Commerce, One Stop E-commerce Solutions for online Brands

Jet Commerce merupakan salah satu penyedia e-commerce solution Indonesia yang bergerak pada sektor B2B dan B2C di Jakarta, Indonesia. Sebagai perusahaan e-commerce enabler terpercaya se-Asia Tenggara, kami menawarkan solusi komprehensif & terintegrasi untuk mendukung pemasaran Brand di ranah e-commerce. Layanan kami meliputi official store management, digital marketing, design & creative, customer relationship management, live streaming services dan fulfillment center.

Jet Commerce Fulfillment Center berlokasi di kota Tangerang, Banten. Bekerjasama dengan 8 partner logistik terpercaya, Fulfillment Center kami mampu memproses lebih dari 50.000 pesanan (online orders) dalam sehari, baik pengiriman instan maupun non-instan. Layanan kami merupakan solusi alternatif bagi Brand, maupun pemilik bisnis skala menengah hingga besar, yang sedang ingin mengembangkan bisnisnya di industri e-commerce.

Dapatkan solusi dari kami di sini.

 

Reference: Magenest

 

Share It With Your Friends

Do You Have Any Question?

+62 21 808 23118

CONNECT WITH US

Do You Have Any Question?

+62 21 808 23118

CONNECT WITH US