Updates > , > Simak Beberapa Strategi e-Commerce untuk Dapatkan Lebih Banyak Online Customer

Simak Beberapa Strategi e-Commerce untuk Dapatkan Lebih Banyak Online Customer

Marketing

31 May 2021

Jika bisnis Anda menjual produk atau layanan jasa secara online, sebenarnya ada banyak sekali jenis strategi yang bisa Anda gunakan dalam mencapai tujuan Anda. Dalam pembahasan kali ini, kita dapat berfokus pada bagaimana Anda bisa meraih lebih banyak lagi online customer untuk bisnis e-commerce Anda.

Pertama-tama, pastikan terlebih dahulu bahwa toko online Anda dapat diakses dari setiap jenis perangkat (PC, laptop, smartphone, dan sebagainya) serta informasi didalamnya dirancang dengan desain yang jelas dan mudah dipahami.

Halaman homepage, halaman produk, dan kategori produk merupakan beberapa halaman yang paling sering dikunjungi dalam toko online. Bagaimana halaman tersebut dapat didesain dengan baik dan dipahami oleh pengguna? Dan bagaimana Anda dapat membuat halaman webstore Anda tersebut menjadi lebih menghasilkan keuntungan?

Berikut beberapa tips yang dapat kami berikan:

Tingkatkan Penggunaan Pencarian Berbasis E-Commerce

Apakah platform e-commerce Anda senantiasa menyimpan dan menganalisa tentang apa yang dicari oleh calon customer? Jika anda memiliki sistem ini, Anda mungkin sudah memiliki kapabilitas pencarian dan navigasi yang cukup baik.

Kelola toko online Anda berdasarkan dua kategori dari calon customer potensial berikut ini:

  • Pengunjung yang mengetahui tentang apa yang ingin mereka beli
  • Pengunjung yang hanya ingin melihat-lihat toko Anda

Customer yang senantiasa mengetahui apa yang ingin mereka cari tentunya ingin mendapatkan informasi yang tepat dan secepat mungkin. Merancang pengalaman pencarian yang berkualitas menjadi fitur kunci dari pengguna karena jika mereka tidak dapat menemukan apa yang mereka cari dengan mudah dalam toko Anda, mereka akan langsung berpindah ke toko lain untuk mendapatkannya.

Kategori kedua merupakan customer potensial yang hanya ingin melihat-lihat dan membandingkan produk. Mereka akan senantiasa menggunakan navigasi menu dan berpindah dari setiap kategori dan halaman yang Anda miliki. Anda perlu mengatur dan mengorganisasikan menu baru dan halaman kategori Anda dalam bagian yang mudah digunakan oleh customer.

Toko online Anda juga harus senantiasa berorientasi pada pengguna untuk menjadi lebih efektif dan meningkatkan keseluruhan pengalaman customer dalam penelusuran mereka. Untuk meningkatkan konversi dalam toko berbasis e-commerce Anda, penggunaan sistem pencarian dapat Anda tingkatkan dengan beberapa cara, seperti:

  • Merancang desain yang sesuai dengan perilaku pengguna dari kolom pencarian
  • Meningkatkan cakupan pilihan
  • Meningkatkan tentang bagaimana auto-complete dapat dirancang untuk mempermudah pengguna dalam pencarian
  • Merancang tampilan tata letak dan fitur dari hasil pencarian
  • Memberikan filter dan menyortir hasil pencarian pada halaman terkait

Simak Beberapa Strategi e-Commerce untuk Dapatkan Lebih Banyak Online Customer. Ecommerce enabler & omnichannel solution by Jet Commerce.


Gunakan Fotografi Produk & Deskripsi yang Baik dan Berkualitas

Masukkan gambar produk yang cantik dan berkualitas untuk menarik perhatian dari customer potensial dari brand Anda. Di luar toko fisik saat ini, customer tidak dapat memegang dan meyakinkan dengan tangan mereka sendiri akan produk yang Anda tawarkan. Keputusan pembelian mereka hanya bergantung pada gambaran produk dan juga ulasan dari pembeli lainnya tentang produk Anda.

Menunjukkan preview gambar dari produk Anda dalam hasil dan kolom pencarian pengguna dapat membantu mereka menemukan produk yang diinginkan hanya dalam satu klik dan mendapatkan gambaran yang lebih baik tentang apa yang Anda tawarkan.

Jangan hanya mendeskripsikan produk, Anda dapat memberikan daftar fitur yang komprehensif dan manfaat yang produk Anda berikan kepada mereka. Target customer Anda tentunya ingin mengetahui segalanya tentang kemungkinan pembelian produk yang mereka akan lakukan dan hal ini membantu untuk meningkatkan pengalaman belanja mereka.

Berfokuslah Dalam Membuat Konten yang Konsisten & Unik

Mengapa? Hal ini dikarenakan pemasaran masih menjadi salah satu strategi marketing yang efektif dan dapat senantiasa Anda gunakan. Dunia periklanan saat ini senantiasa berubah, dan customer yang mencoba menghindari iklan tersebut juga semakin memiliki banyak cara. Dengan strategi konten yang Anda implementasikan secara tepat dalam bisnis e-commerce, Anda dapat menyajikan nilai lebih untuk customer Anda.

Untuk melakukannya, Anda harus memahami tentang customer dan bagaimana produk Anda dapat membantu mereka menyelesaikan masalahnya terlebih dahulu. Hal utama yang harus Anda fokuskan adalah memproduksi konten di sekitar masalah yang dialami pengguna dan memberikan nilai produk yang dapat membantu mereka.

Jangan lupa juga untuk memahami target audiens, apa yang mereka sukai, data demografis, dan sebagainya. Ketika Anda sudah melakukannya, langkah selanjutnya adalah membuat rancangan unggahan yang Anda inginkan. Publikasikanlah konten Anda secara berkala dengan tentunya artikel yang memiliki nilai dengan opsi penyebaran yang mudah bagi customer.

Optimalkan Fungsionalitas dari Keranjang Belanja Anda

Untuk mencegah agar online customer tidak mengabaikan keranjang belanja mereka, Anda perlu memastikan agar fungsionalitas dari keranjang tersebut senantiasa sempurna dan mudah dinavigasikan. Cara terbaik untuk memahami kelemahan Anda adalah dengan mengujinya secara berkala. Uji beberapa opsi dari halaman Anda untuk mengurangi tingkat pengabaian keranjang belanja.

Saat proses pengoptimalan berlangsung, Anda perlu memperhatikan pendapatan yang datang bukan hanya dari konversi karena hal ini merupakan tujuan utama bisnis Anda. Perjelas halaman checkout dan hilangkan distraksi atau tempat keluar yang mungkin menjadi celah bagi customer. Hal ini dapat mencegah terjadinya kebingungan saat proses checkout. Dari beberapa riset penelitian, terbukti bahwa semakin sedikit klik yang dilakukan saat checkout, maka semakin tinggi tingkat konversi dari toko online Anda.

Simak Beberapa Strategi e-Commerce untuk Dapatkan Lebih Banyak Online Customer. Ecommerce enabler & omnichannel solution by Jet Commerce.

Bangun Strategi Iklan yang Tepat

Toko berbasis e-commerce yang menggunakan iklan senantiasa terbantu dalam meningkatkan visibilitas konten dan penjualan. Sebelum Anda mulai menggunakannya, Anda perlu menjawab beberapa pertanyaan seperti: seberapa banyak pengunjung yang website Anda butuhkan untuk menciptakan konversi yang menguntungkan? Seberapa banyak budget yang dapat Anda alokasikan dan seberapa banyak durasi waktu yang Anda inginkan? Apa jenis iklan yang paling tepat untuk mempromosikan produk atau layanan Anda?

Jawaban dari hal ini dapat membantu Anda menghasilkan kalkulasi dan prediksi serta mempersempit opsi pilihan dari iklan yang digunakan. Biasanya, Facebook & Google Ads merupakan salah satu pilihan terpopuler karena kemudahannya untuk digunakan dan dampak penggunaan yang juga efektif terhadap website/ toko online terkait.

Seluruh hal di atas merupakan beberapa tips yang Anda perlukan untuk menggunakan e-commerce yang dapat membantu Anda meraih lebih banyak customer ke depannya. Namun tentunya, tidak semua bisnis mampu menjalankan berbagai proses tersebut tanpa harus jatuh bangun terlebih dahulu.

Jika produk atau brand Anda sudah berada pada fase skala yang cukup besar, dan Anda merasa tidak memiliki waktu atau tenaga ahli yang cukup untuk menangani hal tersebut. Alangkah lebih baik jika Anda bekerjasama dengan tenaga profesional yang dapat membantu Anda meningkatkan performa dan juga pertumbuhan dari bisnis toko online di e-commerce marketplace, seperti Jet Commerce.

Jet Commerce merupakan salah satu penyedia e-commerce solution Indonesia yang bergerak pada sektor B2B dan B2C di Jakarta, Indonesia. Sebagai perusahaan e-commerce enabler terpercaya se-Asia Tenggara, kami menawarkan solusi komprehensif & terintegrasi untuk mendukung pemasaran Brand di ranah e-commerce. Layanan lengkap enabler kami meliputi official store management, digital marketing, design & creative, customer relationship management, omni-channel system, hingga pemenuhan order oleh fulfillment center.

Selain layanan e-commerce enabler, Jet Commerce juga memiliki solusi omni-channel yang bisa didapatkan secara terpisah yaitu UPFOS.

UPFOS merupakan sistem omni-channel terintegrasi berupa aplikasi manajemen marketplace, yang mampu memberikan pengalaman multi manajemen toko online yang mulus serta efisien dalam satu dasbor. Pengelolaan proses bisnis internal dan eksternal yang mudah, pengurangan jumlah budget yang dikeluarkan, dan bahkan peningkatan keuntungan perusahaan merupakan hal yang mungkin dengan UPFOS.

 

Article Reference: Devrix

Share It With Your Friends

Do You Have Any Question?

+62 21 808 23118

CONNECT WITH US

Do You Have Any Question?

+62 21 808 23118

CONNECT WITH US