


Pentingnya Product Packaging & Pengalaman Berbelanja yang Berkesan Bagi Online Customer

Marketing

17 November 2020
Pasar produk-produk e-commerce telah mengalami perubahan drastis dalam beberapa tahun terakhir ini. Permintaan akan solusi pemenuhan order, pengemasan produk, pengiriman logistik, serta keinginan untuk menciptakan pengalaman berbelanja yang berkesan bagi customer saat ini juga ikut berkembang, dan diekspektasikan menyentuh hampir $61.55 juta dolar pada tahun 2025 nanti.
Untuk para pebisnis e-commerce, tentunya proses pengiriman dan pemenuhan barang dapat merepresentasikan sentuhan unik/ khas dari brand dan koneksi secara langsung kepada konsumen. Sayangnya, hal tersebut menjadi salah satu kesempatan yang seringkali dilewatkan oleh para pebisnis e-commerce saat ini. Kemasan produk digunakan untuk melindungi produk Anda saat proses pengiriman, tetapi jika Anda hanya berfokus pada fungsi literalnya saja, Anda akan melewatkan potensi pemasaran yang cukup berpengaruh pada penjualan produk Anda.
Para penjual online tentunya memiliki daya kontak yang lebih sedikit dalam hal memberikan kepuasaan dan kesenangan bagi customer, dibandingkan dengan penjual offline. Keuntungan dari efisiensi berbelanja online adalah tidak perlunya biaya yang dikeluarkan untuk memberikan kontak fisik produk kepada customer sebelum melakukan pembelian. Itulah mengapa penting bagi Anda untuk memberi perhatian khusus pada titik-titik kontak yang Anda miliki untuk menciptakan pengalaman yang berkesan bagi customer dan mengungguli pesaing.
Survei terbaru dari Dotcom Distribution, 40% konsumen cenderung melakukan pembelian berulang dari penjual online yang memberikan kemasan premium untuk produknya. Studi yang sama juga menemukan bahwa kemasan premium membuat sebuah brand terlihat mewah dan juga mengantisipasi benturan/ gesekan produk saat pengiriman.
Pengemasan telah menjadi perluasan brand Anda sebagai pemasar dalam toko online. Ambil contoh dari brand Apple. Merek ini dikenal dengan produk kelas atas yang menyajikan kemewahan seperti paket yang dikirimnya. Meskipun tidak setiap bisnis memiliki anggaran sebesar Apple, Anda dapat menggabungkan berbagai cara yang lebih murah untuk menyenangkan customer dalam setiap tahap perjalanan pembelian mereka.
Jenis-Jenis Kemasan Produk untuk e-Commerce
Sebelum mengirimkan produk, Anda perlu pertimbangkan pengemasan yang paling aman bagi produk Anda agar selamat diperjalanan dan tiba di tangan customer dalam kondisi baik. Berikut adalah beberapa opsi pengemasan yang umum digunakan dalam oleh para pebisnis e-commerce:
Kecuali jika Anda mengirimkan barang yang sangat kecil atau sangat tahan banting. Sebagian besar produk tersebut umumnya akan memerlukan beberapa jenis kotak dengan ukuran tertentu untuk melindungi pesanan agar dapat dikirimkan secara aman. Biasanya tipe barang seperti ini juga memerlukan beberapa bentuk isian seperti bubble wrap, gabus, busa, atau jenis bantalan lainnya, untuk mencegah barang tidak bergeser atau terbentur.
Menambahkan Kesan Khas/ Special pada Kemasan Paket Customer
Banyak elemen yang bekerja bersamaan saat merancang pengemasan untuk produk dari brand Anda yang juga disertai dengan baiknya pengalaman unboxing dari pelanggan. Tetapi, Anda tidak harus menyertakan setiap opsi yang tersedia ke dalam setiap kemasan produk Anda.
Sebaliknya, Anda dapat memutuskan solusi pengemasan mana yang tepat untuk bisnis Anda yang juga memberikan pengalaman terbaik dan nilai yang kuat bagi pelanggan. Berinvestasi secara strategis pada beberapa persediaan pengemasan dari produk e-commerce ini dapat sangat membantu Anda dalam menciptakan pengalaman unboxing yang tidak mudah dilupakan oleh pelanggan Anda. Berikut ini beberapa tips yang dapat kami berikan:
-
Pengemasan
Elemen terpenting yang perlu dipertimbangkan adalah kontainer/ wadah pengiriman utama. Tergantung dari jenis dan bentuk produk Anda, wadah ini bisa berupa kotak, tas, atau poly mailer. Opsi corrugated box (dus karton) berwarna putih atau coklat pernah menjadi pilihan satu-satunya karena harganya yang murah dan kuat, namun pilihan ini mungkin kurang bisa menciptakan kesan pertama yang Anda cari.
Jika Anda memiliki tipe brand/ produk yang ramah lingkungan, Anda bisa menggunakan alternatif pengemasan mudah terurai yang terdiri dari serat terkompresi dari filamen jamur dan kelapa. Atau Anda juga bisa menggunakan dus karton dari bahan kompos jagung, hal ini tentunya lebih ramah lingkungan daripada menggunakan poly mailer berbahan plastik.
-
Kertas Tisu
Ya, kertas tisu yang kami maksud adalah kertas tisu yang umum digunakan sebagai ornamen mempercantik buket bunga. Membungkus dan menyusun produk Anda dengan kertas tisu dapat menambahkan keindahan, serta kesan eksklusif di mata customer dan tentunya akan memberikan pengalaman unboxing yang lebih berkesan. Kertas tisu yang dicetak dengan logo/corak khusus atau kertas tisu berwarna adalah pilihan yang cukup baik untuk Anda pertimbangkan.
-
Filler
Filler dapat dikategorikan sebagai jenis pengisi/ bantalan seperti bubble wrap atau busa padat. Meskipun meletuskan bubble wrap adalah hobi yang sudah lama disayangi bagi sebagian dari pelanggan, hal tersebut kurang menarik secara visual dan tidak memberikan kesan premium terhadap brand Anda.
-
Stiker
Stiker dapat menjadi pilihan yang berguna, karena sifatnya yang multifungsi, serta harganya yang cukup murah. Jika Anda menggunakan kertas tisu, stiker brand Anda juga dapat digunakan untuk menyatukan kertas tisu tersebut. Anda juga dapat menyertakan beberapa stiker tambahan, menambahkannya dengan catatan singkat, sebagai cara untuk berterima kasih kepada pelanggan Anda atas pembelian mereka.
-
Perekat
Saat ini sudah tersedia berbagai jenis pita perekat (lakban) yang dapat Anda gunakan untuk menyegel paket pesanan customer Anda. Ada pilihan pita berwarna warna-warni dan ada juga pita bermerek yang dibuat khusus oleh perusahaan, seperti yang dilakukan oleh platform Tokopedia, Shopee, Lazada. Anda juga bisa menggunakan pita custom berlogokan brand Anda untuk menciptakan kesan instan di benak customer Anda.
-
Sampel atau Hadiah
Berdasarkan riwayat pembelian atau pembelian pelanggan saat ini, Anda juga dapat mempertimbangkan penyertaan sampel gratis dari produk lain dalam brand Anda. Idealnya, Anda dapat memilih hal yang mungkin akan diminati oleh pembeli Anda. Misalnya, jika mereka membeli produk shampo, berikan sedikit sampel pelengkap seperti kondisioner. Taktik ini dapat membantu Anda melakukan penjualan silang dengan memperkenalkan produk baru kepada pelanggan.
Berikan Pengalaman Berbelanja & Unboxing yang Berkesan untuk Customer
Menciptakan pengalaman unboxing yang berkesan dapat menjadi keunggulan kompetitif yang dibutuhkan bisnis Anda tidak hanya untuk menarik pelanggan baru, namun juga menghasilkan pembelian berulang. Luangkanlah waktu Anda untuk menilai kembali secara seksama, sudahkah kemasan dan proses pemenuhan pesanan Anda berkesan dan memenuhi ekspektasi customer?
Pertimbangkan apa saja faktor yang perlu Anda antisipasi untuk memaksimalkan peluang ini, mulai dari biaya, kebijakan pengiriman, ukuran kemasan, serta tenaga yang dibutuhkan. Apakah Anda siap dan sanggup untuk berkomitmen dalam memberikan pengalaman pelanggan yang lebih baik? Jika Anda masih memiliki keraguan dalam hal tersebut, mungkin Jet Commerce bisa menjadi solusi untuk bisnis e-commerce Anda.
Jet Commerce merupakan salah satu penyedia e-commerce solution Indonesia yang bergerak pada sektor B2B dan B2C di Jakarta. Sebagai perusahaan e-commerce enabler terpercaya se-Asia Tenggara, kami menawarkan solusi komprehensif & terintegrasi untuk mendukung pemasaran Brand di ranah e-commerce. Layanan Jet Commerce meliputi official store management, digital marketing, design & creative, customer relationship management, dan fulfillment service.
Selain itu, Jet Commerce juga dilengkapi dengan fasilitas fulfillment center di Indonesia yang berlokasi di kota Tangerang. Bekerjasama dengan 8 partner logistik terpercaya, Jet Commerce Fulfillment Center mampu memproses lebih dari 4000 pesanan (online order) dalam sehari, baik pengiriman instan maupun non-instan. Memberikan pengalaman berbelanja yang memuaskan bagi customer Brand Partners kami, merupakan sebuah prioritas.
Reference: Shopify