Updates > , > Pentingnya Fulfillment Center untuk Mendukung Pertumbuhan E-Commerce

Pentingnya Fulfillment Center untuk Mendukung Pertumbuhan E-Commerce

Marketing

9 June 2020

Saat ini, ritel online sedang dihadapi oleh kesempatan untuk mengebut pertumbuhan secara luar biasa hingga beberapa bulan/ tahun kedepan. Akan tetapi, Anda harus memiliki/ menggunakan jasa fulfillment center (tempat pemenuhan barang) yang cukup kuat juga untuk mendukung percepatan pertumbuhan tersebut, atau kesempatan ini akan menjadi sia-sia.

Lincoln International baru saja mempublikasikan sebuah artikel menarik tentang gangguan dalam ritel semenjak pandemi COVID-19 ini terjadi. Keseluruhan artikelnya sangat menarik untuk dibaca. Namun, melalui artikel ini kami akan membagikan beberapa kunci utama di dalamnya, khususnya tentang cara memastikan infrastruktur logistik dan fulfillment center yang cukup kuat untuk mendukung pertumbuhan penjualan toko online Anda di e-Commerce. Berikut merupakan beberapa kunci yang akan kami bagikan:

1. Pandemi Ini Berdampak Sangat Baik Bagi Penjualan & Kredibilitas E-Commerce

Pentingnya Fulfillment Center untuk Mendukung New Normal - Pertumbuhan E-Commerce

Menurut artikel, banyaknya panduan yang diberlakukan dalam rangka memerangi pandemi COVID-19 telah mengubah arah penjualan online secara signifikan. E-Commerce telah beralih dari yang tadinya dianggap sebagai penggangu dalam proses transaksi berbelanja tradisional, sekarang menjadi satu-satunya pilihan yang tersedia.

Banyak konsumen pengguna e-commerce yang mengaku mengalami peningkatan kebergantungan untuk berbelanja online selama pandemi. Konsumen yang sebelumnya masih kurang percaya untuk menggunakan e-commerce, kini mau tidak mau harus mengandalkan e-commerce karena merupakan pilihan satu-satunya yang tersedia untuk memenuhi kebutuhan mereka di masa pandemi ini.

2. Pertumbuhan E-Commerce Saat Ini Sebenarnya Sesuai dengan yang Sudah Diprediksikan, Bedanya Hal Ini Terjadi Jauh Lebih Cepat dari yang Diperkirakan

Artikel dari Lincoln International sudah memprediksi bahwa e-commerce sudah berada di posisi yang baik untuk pertumbuhan, bahkan sebelum terjadinya krisis COVID-19 ini datang. E-commerce sudah terbukti sebagai suatu saluran penjualan yang tangguh dan mampu terus berkembang, meskipun sering mengalami gejolak penjualan dan juga tekanaan ekonomi yang sulit. Hal ini dapat dilihat dari adanya grafik penjualan e-commerce yang mencapai hampir dua kali lipat di 2014 dan 2019.

Akan tetapi, pertumbuhan tersebut tidak sebanding dengan peningkatan penjualan luar biasa yang dialami banyak penjual online sejak kebijakan penutupan (lockdown-negara luar/ PSBB-di Indonesia). Di saat yang sama, penjual ritel offline mengalami pukulan yang sangat besar akibat pandemi. Banyak toko dan pengusaha besar yang sedang mempersiapkan perlindungan dari kebangkrutan.

Hasilnya adalah perubahan masif dalam perilaku pembelian konsumen yang seharusnya terjadi dalam beberapa tahun mendatang, telah terjadi dalam beberapa minggu ini. Hal ini tentunya memberikan tekanan lebih pada fulfillment center dan juga infrastruktur logistik para pelaku e-commerce. Sebagai contoh, beberapa pengusaha sudah mulai menyadari adanya risiko jika hanya mengandalkan satu fulfillment center saja untuk distribusi berskala nasional.

3. Hal Ini Akan Menjadi “the New Normal”

Artikel dari Lincoln International menyarankan bahwa, saat konsumen sudah terbiasa menggunakan e-commerce, tentunya akan ada momentum pola pembelian yang luar biasa. Saluran penjualan online cenderung mampu mempertahankan bisnis yang baru saja terjun di dunia e-commerce.

Dalam krisis COVID-19 ini, e-commerce sudah membuktikan bahwa bisnis berbasis online tidaklah rentan dan kuat menghadapi berbagai rintangan dalam menjaga rantai pasokan tetap stabil. Tidak seperti bisnis tradisional yang hanya berbasis saluran offline. Konsumen tentunya tidak akan melupakan hal tersebut. 

“Kemudahan yang diberikan oleh e-commerce belum pernah dipertanyakan sebelumnya, tetapi sekarang kita perlu menyadari hal-hal kritis tersebut dikala masa krisis seperti sekarang ini,” jelas penulis artikel tersebut. Ia mengamati bahwa, “model bisnis dan infrastruktur yang baik akan mampu menangani gejolak pasar dan juga gangguan lingkungan.” Karena hal inilah, para pakar memprediksikan bahwa krisis ini bersifat sementara, akan tetapi dampaknya pada pola berbelanja konsumen akan bertahan lama.

4. Inilah Saatnya untuk Menopang Fulfillment Center & Infrastruktur Logistik Anda Mengikuti Realitas yang Baru

New trend - Pentingnya Fulfillment Center untuk Mendukung Pertumbuhan E-Commerce

Kami tahu apa yang Anda pikirkan: e-commerce merupakan kesempatan masa depan yang cukup terang dan Anda sudah berhasil melakukannya sejauh ini. Namun, apa yang menjadi masalahnya? Sebagai permulaan, Anda harus membereskan terlebih dahulu strategi jangka panjang pemenuhan barang dan distribusi yang sudah Anda rencanakan sebelumnya. Selain itu, ada beberapa hal yang perlu Anda tanyakan pada diri Anda:

  • Apakah proses pemenuhan barang di fulfillment center Anda mampu memegang kendali apabila terjadi peningkatan penjualan secara berkesinambungan?
  • Apakah fulfillment center Anda memiliki ruang yang memadahi, memiliki proses yang otomatis, serta mampu memenuhi pesanan dalam jumlah yang besar?
  • Apakah proses distribusi Anda saat ini memberikan penekanan yang cukup pada pemenuhan dan layanan pelanggan, mengingat pelanggan e-commerce lebih banyak menuntut – dan semakin banyak menuntut setiap tahunnya?
  • Apakah pendekatan tentang pemenuhan barang di fulfillment center Anda cukup beragam untuk memungkinkan bisnis Anda mengendalikan masa depannya?

Sejalan dengan poin terakhir, sekarang adalah waktu yang tepat untuk memeriksa apakah fulfillment center dan infrastruktur logistik Anda (jaringan gudang, solusi dan sistem pengiriman) mampu untuk mendukung peluang pertumbuhan yang luar biasa ini. Jika Anda merasa belum siap dan memerlukan bantuan dalam hal ini, mungkin Jet Commerce bisa menjadi solusi bagi bisnis e-commerce Anda.

Jet Commerce, One-stop E-commerce Solution & Enabler

Jet Commerce merupakan salah satu penyedia e-commerce solution Indonesia yang bergerak pada sektor B2B dan B2C di Jakarta, Indonesia. Sebagai perusahaan e-commerce enabler terpercaya se-Asia Tenggara, kami menawarkan solusi komprehensif & terintegrasi untuk mendukung pemasaran Brand di ranah e-commerce.

Layanan kami meliputi official store management, digital marketing, design & creative, customer relationship management, dan fulfillment center. Jet Commerce Fulfillment Center berlokasi di kota Tangerang. Bekerjasama dengan 8 partner logistik terpercaya, Fulfillment Center kami mampu memproses lebih dari 4000 pesanan (online order) dalam sehari, baik pengiriman instan maupun non-instan. Layanan kami merupakan solusi alternatif bagi Brand, maupun pemilik bisnis yang ingin mengembangkan usahanya di ranah e-commerce.

 

Reference: AmWare

Share It With Your Friends

Do You Have Any Question?

+62 21 808 23118

CONNECT WITH US

Do You Have Any Question?

+62 21 808 23118

CONNECT WITH US