Updates > , > #Part1, Persiapan Menyambut HARBOLNAS: Belajar dari Pemain e-Commerce Raksasa di China

#Part1, Persiapan Menyambut HARBOLNAS: Belajar dari Pemain e-Commerce Raksasa di China

Marketing

13 October 2020

Harus kita akui bahwa kemajuan bisnis dan teknologi e-commerce di Tiongkok sudah jauh lebih unggul daripada di Indonesia. Namun, seiring berjalannya waktu ditambah lagi dengan adanya faktor pandemi Covid-19, tidak mustahil jika e-commerce di Indonesia bisa segera menyusul ketertinggalannya. Cepat atau lambat tren, inovasi dan juga kondisi e-commerce kita juga akan mengikuti jejak Tiongkok, dan bahkan sudah ada beberapa platform yang melakukannya.

Dalam rangka mempersiapkan diri menyambut HARBOLNAS, terdapat 2 hal penting yang perlu diketahui oleh pemilik bisnis e-commerce. Dua hal tersebut antara lain:

Pertama, mempelajari apa saja yang dilakukan oleh platform e-commerce raksasa di sana untuk mengantisipasi momentum dan peluang saat pesta belanja akhir tahun berlangsung (yang akan dibahas pada artikel bagian pertama ini). Kedua, mengetahui apa saja hal-hal dapat kita lakukan  untuk mendorong penjualan kita secara maksimal saat festival pesta belanja 11.11 dan 12.12 (HARBOLNAS Indonesia) di akhir tahun nanti (akan dibahas pada bagian kedua/ lanjutan artikel ini). Barikut informasi yang sudah kami rangkum, kiranya dapat bermanfaat.

Saat ini, hampir semua pebisnis di pasar Tiongkok sudah menyadari adanya potensi yang sangat besar bagi setiap brand untuk muncul dalam rangkaian acara e-commerce blockbuster besar seperti Alibaba’s Singles’ Day (11 November) dan juga Double Twelve (12 Desember).

Di tahun 2018, dalam studinya Nielsen mengungkap hampir 94% konsumen online di Tiongkok telah melakukan pembelian saat pesta belanja online 11.11 (Singles’ Day) berlangsung. Sementara itu, 81% dari peserta survei mengatakan mereka tertarik untuk membeli produk-produk brand impor, hal ini menjadi bukti bahwa setiap brand harus all out untuk mampu berkompetisi di ajang festival belanja online ini.

Banyak brand yang mencoba untuk menganalisa data yang mereka peroleh dari festival e-commerce ini dengan serapih dan sebaik mungkin. Ada momen dimana para pemasar harus menghadapi keberhasilan, maupun juga kegagalan di tahun 2019 – dimana tahun baru sedang berlangsung, dan peluang penjualan besar untuk Tahun Baru Imlek dan Hari Valentine sudah dekat. Mari kita lihat bagaimana para pemain e-commerce besar di Tiongkok mempersiapkan diri untuk festival ini, dan praktik terbaik apa yang dapat diterapkan untuk penjualan online brand Anda.

Taobao

Marketpalce Ecommerce China Tao Bao 2020

Taobao menjadi salah satu platform e-commerce terbesar di dunia, dan seluruh brand haruslah memperhatikan inisiatif dan juga fungsionalitas yang diberikan dari Taobao, seperti mempelajari bagaimana cara konsumen dalam berinteraksi dengan platform. Hal ini perlu mendapatkan perhatian besar, khususnya pada saat mendekati mega festival belanja e-commerce seperti Singles’ Day (11.11) ataupun Double twelve (12.12).

Sama seperti platform e-commerce lainnya, Taobao mengadakan siaran langsung blockbuster untuk memulai festival belanja seperti Singles Day dan Double Twelve. Slogan siaran langsung Taobao di 2019 untuk acara Double Twelve berupa janji bahwa “semua orang dapat menjadi penyiar (live streamer) dan semua hal dapat disiarkan langsung.” Siaran langsung ini tidak harus berfokus pada produk dan tidak harus diselenggarakan di studio konvensional — setiap brand dapat menjadi kreatif berinteraksi dengan audiens dan menanyakan apa yang mereka harapkan/ butuhkan.

Hal lain yang dilakukan Taobao adalah munculnya pertarungan head-to-head antara masing-masing KOL (Key Opinion Leaders). Para live streamer dapat menggunakan layar yang terpisah (split screen) untuk membangun tema diskusi dan juga membuat kontes dengan para pengikut streaming secara real-time. Taobao menggunakan konsep pertarungan ini untuk menciptakan peluang bagi para live streamer tingkat menengah dalam menunjukkan bakat mereka. Pemenang dari kompetisi ini akan mendapatkan kesempatan untuk berbagi layar dengan para live streamer terkenal atau papan atas.

TMall

Marketpalce Ecommerce China

Ketika Taobao lebih fokus pada vendor dan brand domestik, saudaranya Tmall menjadi salah satu pusat e-commerce milik Alibaba untuk brand internasional.

Singles’ Day adalah hari terbesar bagi Tmall dalam setahun, dan platform ini sering menjadi sumber berita utama bagi berbagai media. Sebagai contoh, Tmall-lah yang berhasil membuat Kim Kardashian bisa tampil bersama dengan bintang ternama live streaming Viya, pada Singles’ Day 2019. Live streaming Kim Kardashian dengan Viya ini dalam rangka mempromosikan fragrance brand KKW pada puncak acara Singles’ Day 2019 kemarin.

JingDong (JD.com)

  

JD.com (atau yang kita kenal dengan JD.ID di Indonesia) memulai spesialisasi dalam e-commerce melalui penjualan peralatan elektronik dan rumah tangga, dan hal tersebut masih menjadi bagian utama dari fokus platform, meskipun saat ini jangkauan platform sudah jauh lebih luas dan berkembang.

Selain berpartisipasi dalam festival e-commerce lainnya seperti Singles ’Day dan Double Twelve, JD.com juga mengadakan festival “6.18” di awal Juni setiap tahunnya sebagai perayaan hari ulang tahun berdirinya perusahaan. Acara ini merupakan acara kedua terbesar JD.com setelah Singles’ Day dalam hal volume penjualan, dengan jumlah konsumen yang memecah rekor sebesar $29,2 miliar di 2019. JD.com melaporkan bahwa hasil tersebut didorong oleh pertumbuhan yang signifikan dalam penjualan di kota-kota kelas bawah.

Dengan menyadari semakin pentingnya acara tersebut dan keinginan untuk memanfaatkan lonjakan aktivitas konsumen, Taobao dan Tmall milik Alibaba juga menyelenggarakan “6.18” acara mereka sendiri, meskipun tidak selalu pada tanggal 18 Juni (pada 2019, mereka merayakan festival tersebut pada tanggal 1 Juni). Brand Apple juga ikut berpartisipasi dalam untuk pertama kalinya pada festival 2019, melalui Tmall.

Pada November 2019, JD.com juga mengumumkan adanya peningkatan dalam layanan e-commerce lintas batas yang diintegrasikan dengan bisnis impor global. Sebagai lanjutan, JD.com meluncurkan JD International, yang ditujukan sebagai toko barang-barang impor serba ada yang ramah pengguna.

Suning

 Marketpalce Ecommerce China

Suning, ritel elektronik tradisional (offline) ini sukses beralih ke e-commerce dan sekarang sudah menawarkan berbagai macam barang mulai dari pakaian olahraga, furnitur hingga makanan dan mobil bekas dalam jumlah yang besar.

Toko online resmi Sunning di e-commerce merayakan festival belanjanya sendiri yaitu 18.8, diselenggarakan pada 18 Agustus sesuai dengan nama eventnya. Perusahaan ini mengklaim bahwa mereka sudah mengirimkan peralatan rumah tangga senilai 1 miliar RMB dan barang-barang “3C” (computers, telecommunications goods, dan consumer electronics) hanya dalam satu menit dan 28 detik pada festival belanja 2019.

Suning memberikan diskon besar pada setiap festival e-commerce-nya, termasuk pada event internasional seperti Black Friday. 41 toko fisik Laox Suning sudah terintegrasi penuh saat penjualan Black Friday tahun lalu, hal itu ketersediaan barang secara online maupun offline. Perusahaan ini juga telah bergabung dengan platform lain dalam menyelenggarakan acara live streaming yang bertepatan dengan festival e-commerce dan mempromosikan penawaran tertingginya.

Kini Anda sudah mengetahui apa saja yang dilakukan oleh pemain-pemain e-commerce raksasa tersebut, Anda sudah terbuka dengan adanya peluang-peluang yang mungkin bisa Anda manfaatkan saat menyambut HARBOLNAS di akhir tahun nanti. Selanjutnya Anda hanya perlu mengetahui ide-ide apa saja yang bisa Anda lakukan untuk mendorong penjualan Anda di momentum tersebut. Nantikan informasinya pada bagian kedua artikel ini ya, semoga bermanfaat.

Baca juga : #Part2, Persiapan Menyambut HARBOLNAS: Hal-hal yang Bisa Dilakukan oleh Pebisnis e-Commerce Brand (Coming Soon)

 

Sekilas tentang Jet Commerce

Jet Commerce merupakan salah satu penyedia e-commerce solution Indonesia yang bergerak pada sektor B2B dan B2C di Jakarta. Sebagai perusahaan e-commerce enabler terpercaya se-Asia Tenggara, kami menawarkan solusi komprehensif & terintegrasi untuk mendukung pemasaran Brand di ranah e-commerce.

Layanan Jet Commerce meliputi official store managementdigital marketingdesign & creativecustomer relationship management, dan fulfillment center. Selain itu, Jet Commerce juga dilengkapi dengan fasilitas fulfillment center di Indonesia yang berlokasi di kota Tangerang. Bekerjasama dengan 8 partner logistik terpercaya, Jet Commerce Fulfillment Center mampu memproses lebih dari 4000 pesanan (online order) dalam sehari, baik pengiriman instan maupun non-instan.

 

Article Reference: Parklu

Share It With Your Friends

Do You Have Any Question?

+62 21 808 23118

CONNECT WITH US

Do You Have Any Question?

+62 21 808 23118

CONNECT WITH US