Updates > , > Mengenal Lebih Dalam Tentang Peran dari e-Commerce Enabler

Mengenal Lebih Dalam Tentang Peran dari e-Commerce Enabler

Marketing

30 June 2021

Bagaimana cara setiap orang berbelanja untuk kebutuhan mereka?  Dalam beberapa tahun belakangan, toko fisik mungkin masih menjadi jawabannya. Tetapi, saat ini, perilaku berbelanja konsumen senantiasa berubah secara drastis dari waktu ke waktu. Sekarang, banyak konsumen yang mengatakan bahwa mereka lebih memilih menggunakan metode berbelanja online dibandingkan dengan offline. Infrastruktur dan lingkungan yang senantiasa berkembang dari adanya internet, durasi pengiriman, hingga pengembangan pasar e-commerce membuat berbelanja online saat ini lebih memuaskan bagi para pelanggan.

Apakah perusahaan atau bisnis Anda atau ingin mulai menerapkan fokus terhadap penjualan berbasis e-commerce? Jika iya, maka kata e-commerce enabler mungkin sudah tidak asing ditelinga Anda. Terkadang, meskipun kata e-commerce enabler sudah tidak asing terdengar, masih saja banyak yang belum memahami secara betul apa itu e-commerce enabler beserta perannya.

Definisi singkat dari e-commerce enabler adalah perusahaan yang menyediakan solusi penuh atau sebagian untuk brand Anda dalam menyiapkan penjualan berbasis e-commerce. Perusahaan outsourcing pihak ketiga ini menyediakan layanan seperti konsultasi bisnis, manajemen dan operasi toko online, manajemen inventaris, manajemen konsumen, pemasaran digital, layanan pelanggan, gudang penyimpanan, pemenuhan pesanan, hingga sistem dan teknologi yang mendukung untuk memudahkan pengembangan bisnis e-commerce Anda.

E-commerce enabler tidak hanya dapat membantu dan memberikan jawaban atas kebutuhan Anda untuk mendorong penjualan online secara efektif, tetapi juga dapat membantu bisnis atau perusahaan Anda untuk mengikuti perubahan dan strategi promosional terbaru pada setiap platform atau e-commerce marketplace. Jasa e-commerce enabler ini senantiasa ada untuk memastikan perusahaan atau bisnis Anda tidak kehilangan peluang besar yang mungkin bisa ditawarkan oleh industri e-commerce kedepannya.

Jadi, Bagaimana Cara e-Commerce Enabler Bekerja?

Umumnya, e-commerce enabler dapat dikategorikan ke dalam tiga model, yaitu:

1. Model Pengoperasian Umum (General Operation Model)

Dengan mengambil nama penyedia layanan operasi, model ini mengelola toko online dari sisi brand dan menyediakan layanan proses secara penuh untuk penjualan berbasis e-commerce. Biaya pemasaran dan promosi dari toko online ditanggung sendiri oleh brand Anda. Pendapatan dapat diperoleh dalam bentuk fee + komisi dari penjualan yang terjadi.

2. Model Distribusi (Distribution Model)

Di bawah model distribusi ini, penyedia layanan akan membeli putus produk dari brand dengan dana mereka sendiri dan mendirikan toko pada platform e-commerce untuk melakukan penjualan. Setelah barang dikirimkan secara partai kepada penyedia layanan, penjualan akan selesai, dan biaya pemasaran berikutnya tidak lagi ditanggung oleh Anda. Tanggun jawab terhadap penjulan produk akan ditanggung oleh pihak penyedia layanan, namun tidak menutup kemungkinan bahwa pihak brand dan enabler bisa berkolaborasi dalam suatu kampanye penjualan.

3. Model Layanan Konten (Content Service Model)

Penyedia layanan menawarkan layanan untuk tautan tertentu dari pengoperasian toko berbasis e-commerce dari brand Anda, atau memberikan solusi perencanaan pemasaran untuk produk atau aktivitas tertentu dan membantu melaksanakan perencanaan tersebut. Dalam model ini, penyedia layanan akan membebankan biaya layanan terkait yang mereka berikan dalam memasarkan brand Anda.

Mengenal Lebih Dalam Tentang Peran dari e-Commerce Enabler - Jet Commerce Solution

Apa Saja yang Membuat
e-Commerce Enabler Menjadi Solusi Tepat Bagi Brand yang Baru Memasuki Pasar e-Commerce?

Memberikan Konsultasi Brand yang Berpengalaman

E-commerce enabler memiliki pengalaman dan keahlian dalam menjalankan toko e-commerce untuk klien mereka dan mengetahui secara persis bagaimana industri setiap kliennya bekerja. Mereka memiliki senjata yang bernilai dalam mengembangkan toko e-commerce – data dan praktik terbaik dalam industri bisnis Anda.

Dengan memegang senjata ini, e-commerce enabler dapat memastikan pertumbuhan yang efektif bahkan untuk Anda yang mungkin masih memiliki pengetahuan minim tentang menjual produk secara online.

Melakukan Pengoperasian Toko dengan Efisien

Apa saja aspek yang diperlukan untuk melaksanakan pengoperasian toko online yang efektif dan efisien? Mulai dari perilisan toko, pengaturan daftar produk dan pemesanan dalam berbagai marketplace, hingga insight mengenai konsumen dan laporan bulanan, banyak sekali tugas yang harus Anda kerjakan. Anda tentunya perlu tim yang sempurna untuk melakukannya sehingga Anda dapat berfokus pada setiap aspek bisnis seperti pengembangan produk untuk kedepannya. Disinilah e-commerce enabler hadir untuk membantu Anda menjalankan seluruh kegiatan tersebut.

Memberikan Layanan Customer Service Kepada Pelanggan Anda

Diluar dari operasional toko, Anda tentunya paham bahwa pengalaman konsumen memainkan peranan yang sangat vital dalam mengubah pengunjung website menjadi pembeli, atau bahkan konsumen loyal untuk senantiasa berbelanja dalam toko Anda. Seiring berkembangnya bisnis online, Anda senantiasa memerlukan tim yang dapat memegang kendali akan setiap pertanyaan atau respon balik dari konsumen Anda dalam waktu yang tepat.

E-commerce enabler dapat membantu Anda dalam hal ini. Mereka dapat membantu Anda dalam memberikan pelayanan pengguna (customer service) yang berpengalaman untuk memastikan bahwa setiap konsumen dari produk dan brand Anda senantiasa tetap puas dalam berbelanja pada toko Anda.

Mengelola Pemasaran Brand Anda Secara Digital

Ketika Anda menjalankan bisnis online, Anda tentunya mengetahui bahwa pemasaran secara digital merupakan salah satu hal yang diperlukan untuk mengembangkan bisnis. Apakah Anda sudah memiliki ahli pemasaran digital dari brand Anda untuk mengelola media sosial, menjalankan iklan berbayar, atau membuat copywriting? Baik jika memang Anda sudah menggunakannya, tetapi jika belum, bagaimana Anda dapat mengelola setiap bentuk pemasaran digital dari brand Anda?

Apakah Anda akan mencari spesialis untuk bekerja dalam tim Anda atau menyewa jasa dari agensi digital? E-commerce enabler dapat membantu Anda akan hal ini. Mereka dapat mengelola pemasaran digital dan mengintegrasikannya dengan toko online Anda secara langsung, yang membuatnya menjadi pilihan terbaik untuk Anda.

Merancang Desain Visual dari Etalase Produk Brand Anda

Desain visual dari produk dan etalase yang Anda miliki tidak hanya dapat dijual dengan bentuk fisik pada toko offline tetapi juga pada toko online. Mulai dari skema warna, tata letak, desain banner hingga tampilan desain produk, setiap detailnya senantiasa penting ketika berbicara tentang mengkonversi pengunjung toko menjadi pembeli. E-commerce enabler secara umum menawarkan tim yang berpengalaman dalam hal ini untuk merancang desain yang paling tepat dan sesuai dengan citra brand dan pengalaman pengguna dari brand Anda.

Sekian beberapa pemahaman tentang e-commerce enabler yang dapat Anda gunakan dalam mengelola dan mengoptimalkan bisnis online Anda di marketplace saat ini.  Jika Anda merasa bisnis atau perusahaan Anda membutuhkan tenaga ahli untuk membantu bisnis Anda, maka ini adalah saatnya untuk mempertimbangkan jasa dari perusahaan e-commerce enabler seperti Jet Commerce.

Jet Commerce merupakan salah satu penyedia e-commerce solution Indonesia yang bergerak pada sektor B2B dan B2C di Jakarta, Indonesia. Sebagai perusahaan e-commerce enabler terpercaya se-Asia Tenggara, kami menawarkan solusi komprehensif & terintegrasi untuk mendukung pemasaran Brand di ranah e-commerce.

Layanan e-commerce kami meliputi official store management, digital marketing, design & creative, customer relationship management, pemenuhan order oleh fulfillment center, hingga layanan sistem omni-channel terintegrasi untuk mendukung proses bisnis e-commerce Anda.

Layanan kami merupakan solusi lengkap bagi Brand, maupun pemilik bisnis yang ingin mengembangkan usahanya di pasar online, khususnya di marketplace-marketplace besar seperti Tokopedia, Shopee, Lazada, BukaLapak, JD.ID, Blibli, dan lain sebagainya.

 

Reference : Arriva

Share It With Your Friends

Do You Have Any Question?

+62 21 808 23118

CONNECT WITH US

Do You Have Any Question?

+62 21 808 23118

CONNECT WITH US