Eksplor Berbagai Cara dalam Menemukan Trending Produk untuk Dijual di Platform e-Commerce
Marketing
25 August 2022
Memanfaatkan kategori produk yang sedang tren dapat menjadi tambang emas untuk website e-commerce mana pun. Hal ini dikarenakan produk yang sedang tren memiliki lebih sedikit persaingan dalam mesin pencarian seperti Google. Lebih sedikit iklan yang mungkin berada dalam ruang tersebut.
Dan juga, Anda biasanya dapat menggunakan biaya yang lebih besar dari yang Anda biasa gunakan untuk produk dengan pesaing yang sangat kompetitif. Dengan memanfaatkan tren ini, Anda dapat meningkatkan margin dari penjualan Anda.
Pertanyaannya adalah: bagaimana Anda dapat menemukan produk yang sedang tren sebelum pesaing Anda melakukannya? Mari kita dalami dalam artikel kali ini.
Amazon Suggest
Jika Anda menjalankan website/ toko berbasis e-commerce, Anda mungkin sudah menggunakan Amazon untuk menemukan berbagai ide produk dan kategori. Tetapi yang mungkin tidak Anda ketahui adalah bahwa fitur saran pencarian dari website Amazon merupakan salah satu cara yang tepat untuk mengungkap kata kunci produk dan kategori yang sedang tren.
Misalnya, katakanlah Anda menjual camilan untuk peliharaan anjing Anda. Nah, Anda dapat memasukkan kueri “camilan untuk anjing” ke dalam tab pencarian Amazon. Setelah itu, Anda dapat melihat kata kunci apa yang mereka sarankan.
Hal tersebut adalah pencarian yang menjadi tren dan banyak dicari pembeli. Sebagai bonus, hal ini biasanya dapat berupa “kata kunci ekor panjang” yang relatif rendah akan persaingan dalam hal SEO.
Tips: Anda dapat menerapkan pendekatan yang sama ini ke dalam website berbasis e-commerce mana pun dengan fitur pencarian yang kuat. Jadi, jika Anda berada dalam industri hewan peliharaan, Anda dapat menggunakan taktik ini pada website seperti Chewy atau PetSmart.
Google Trends
Jika Anda mempertimbangkan untuk menambahkan produk ke dalam website berbasis e-commerce Anda, pastikan untuk memeriksa pertumbuhan pencarian produk tersebut pada Google Trends terlebih dahulu. Bahkan jika suatu produk memiliki banyak pencarian sekarang, itu tidak berarti hal tersebut senantiasa terjadi dalam 12-18 bulan ke depan.
Jadi Anda dapat mengunjungi Google Trends, ketik produk Anda, dan lihat garis trennya. Jika trennya bergerak naik, maka jelas hal tersebut menjadi pertanda baik. Selain itu, Anda juga dapat menganalisis garis tren itu sendiri. Tren naik yang cukup tajam terkadang dapat mewakili bias tertentu. Dan pada saat Anda mencari produk Anda lalu menambahkannya ke dalam website Anda, bias tren tersebut mungkin sedang dalam perjalanan keluar dari tren itu sendiri.
Di sisi lain, tren naik yang secara lambat dan stabil seringkali mengindikasikan bahwa tren akan tetap ada dalam jangka menengah hingga panjang.
Tiket Layanan Pelanggan (Customer Support Tickets)
Tiket dukungan pelanggan (khususnya, permintaan akan layanan produk) dapat mengungkap permintaan tersembunyi yang sulit ditemukan dengan cara lain.
Agar pendekatan ini berfungsi, Anda harus memiliki website e-commerce dengan daya tarik tertentu. Tetapi jika Anda melakukannya, Anda harus meminta tim layanan pelanggan Anda untuk menyampaikan permintaan produk kepada seseorang yang butuh penanganan produk. Dengan begitu, tim Anda dapat melihat pola permintaan yang lebih jelas.
Dan jika mereka melihat produk yang sama (atau kategori produk) tertentu yang diminta berulang kali, mungkin hal tersebut dapat menjadi ide yang baik untuk memasukkannya ke dalam produksi dari bisnis Anda.
Website Exploding Topics
Exploding Topics merupakan website yang berisikan daftar kurasi dari ribuan topik trending yang berbeda. Website ini memiliki bagian khusus yang didedikasikan untuk “Produk”. Dan karena itu, Anda mungkin juga dapat melihat berbagai tren dalam industri bisnis berbasis e-commerce Anda.
Misalnya, jika Anda bergerak dalam bisnis suplemen, Anda dapat melihat berbagai tren di bagian “Kesehatan” dan mendapatkan ide tentang tren yang terjadi dalam bidang tersebut.
Bahkan jika hal tersebut bukan istilah yang berfokus pada produk atau industri yang Anda jalankan, Anda dapat menggunakan tren ini untuk mendapatkan gambaran tentang apa tren atau produk yang mungkin menjadi besar dalam niche spesifik Anda.
Facebook Ad Library
Facebook Ad Library merupakan sumber ide produk baru yang muncul dan belum dimanfaatkan. Mengapa?
Karena sebagian besar brand dengan produk baru memulai pemasaran mereka dengan kampanye iklan dari Facebook. Dan jika Anda mengawasi brand dari kompetitor, Anda dapat melihat dengan tepat produk apa yang mereka jual melalui iklan mereka.
Satu-satunya kelemahan dari pendekatan ini adalah Anda harus sudah mengetahui brand yang ingin Anda cari sebelumnya. Tetapi begitu Anda memiliki brand tertentu dalam pikiran yang cenderung meluncurkan banyak produk baru, Anda dapat memeriksa iklan mereka melalui Perpustakaan Iklan Facebook sebagai bagian dari rutinitas penelitian kompetitif Anda.
Daftar Tren Produk dari Shopify
Shopify memiliki daftar tren produk yang diperbarui secara berkala. Mungkin pada awalnya, daftar ini terlihat seperti hanya sebuah unggahan blog. Tetapi manfaat dari memeriksa daftar ini adalah bahwa datanya didasarkan 100% pada penjualan.
Jadi, meskipun Google Trends dan Amazon Suggest dapat membantu menunjukkan kepada Anda produk apa yang dicari oleh pelanggan, daftar ini menunjukkan kepada Anda jenis produk apa yang sebenarnya dibeli banyak orang bersamaan dengan data tentang seberapa banyak penjualan yang meningkat.
Website Etsy
Dengan jutaan penjual dan puluhan juta produk, website Etsy merupakan cara yang tepat untuk mengetahui apa yang biasa dicari oleh pelanggan dalam industri Anda.
Hal hebat tentang meneliti website Etsy adalah bahwa sebagian besar produk yang mereka miliki cenderung merupakan buatan sendiri (atau setidaknya buatan tangan). Jadi, produk dalam website Etsy terkadang menjadi tren sebelum suatu produk diproduksi secara massal dan menjadi arus utama dalam penjualan.
Meneliti produk dalam Etsy tetapi hanya akan membantu dalam niche tertentu (seperti rumah, taman, mode, mainan, dan dekorasi). Jadi jika Anda menjual produk seperti suplemen, Etsy mungkin tidak cocok untuk Anda gunakan.
Nah, berikut adalah beberapa informasi tentang berbagai tren dalam menjual produk dalam industri e-commerce yang dapat Anda pertimbangkan untuk meningkatkan penjualan dari bisnis Anda. Ketika sudah mengetahui beberapa tren diatas, sudahkah Anda melengkapi nya dengan sistem yang berkualitas untuk bisnis Anda?
Jet Commerce hadir untuk memberikan Anda solusi e-commerce enabler berkualitas di Indonesia. Jet Commerce merupakan salah satu penyedia e-commerce solution Indonesia yang bergerak pada sektor B2B dan B2C di Jakarta. Sebagai perusahaan e-commerce enabler terpercaya se-Asia Tenggara, Jet Commerce menawarkan solusi terdepan yang dapat mendukung performa bisnis Anda di e-commerce dengan sistem UPFOS.
Menjual produk secara online melalui website e-commerce Anda sendiri tidak pernah mudah, cepat, atau terukur dengan pasti. Maka dari itu, UPFOS sebagai salah satu sistem omni-channel berkualitas di Indonesia dapat menjadi salah satu platform yang memungkinkan Anda untuk menjual produk di mana pun pelanggan Anda berada, baik secara online, tatap muka, maupun keduanya dengan satu sistem yang sama dan terpusat.
UPFOS merupakan solusi omni-channel terintegrasi di Indonesia berupa aplikasi manajemen marketplace, yang dapat membantu Anda dalam berbagai proses bisnis seperti: mengelola multi saluran penjualan, pengaturan persediaan stok & inventaris, multi promosi, CRM, laporan bisnis & banyak fungsi lainnya. Memberikan Anda pengalaman manajemen e-commerce yang mudah, serta lengkap dalam satu dashboard yang sama. Berbisnis di banyak marketplace seperti Tokopedia, Shopee, Lazada, BukaLapak, JD.ID, Blibli, dan lainnya bukanlah lagi sebuah masalah dengan sistem UPFOS. Dapatkan layanan omni-channel berkualitas hanya dari UPFOS untuk bisnis Anda di sini.
Reference: eDesk