Updates > , > Yuk Kenali Pentingnya Online Marketplace untuk Bisnis e-Commerce

Yuk Kenali Pentingnya Online Marketplace untuk Bisnis e-Commerce

Marketing

10 November 2021

Memiliki website/webstore sendiri, tidaklah lagi cukup bagi Anda yang merupakan produsen ataupun sekedar penjual produk (distributor) kepada konsumen. Marketplace online saat ini sudah menjadi salah satu tren berkembang yang tidak lagi dapat Anda hindari. Bersamaan dengan adanya website/webstore, kebanyakan brand saat ini pun sudah banyak yang memanfaatkan kehadiran online marketplace sebagai salah satu sarana dalam menjual produk.

Penggunaan dari online marketplace dapat membantu bisnis Anda agar tidak kehilangan potensi penjualan, serta memaksimalkan profit dari bisnis Anda. Dengan menjadi bagian dari salah satu penjual di online marketplace raksasa seperti Tokopedia, Shopee, Lazada, JD.ID, Bukalapak, Blibli dan lainnya, tentu dapat memberikan Anda banyak manfaat dari berbagai aspek. Selain itu, penggunaan dari marketplace ini juga dapat menjadi sarana untuk memperkuat koneksi dan hubungan Anda sebagai penjual dengan konsumen.

Marketplace & Berbagai Manfaat yang Dimilikinya

Marketplace memberikan keuntungan dan manfaat bagi setiap orang dengan cara yang berbeda-beda. Untuk Anda selaku penjual produk, penggunaannya dapat menjadi salah satu cara untuk mengurangi biaya dalam mendapatkan pelanggan, menemukan pelanggan baru, serta membuat pengoperasian penjualan produk menjadi lebih mudah.

Sedangkan untuk pelanggan, online marketplace dapat mewakili platform netral dan terpercaya. Dimana Anda dapat menemukan semua hal yang Anda butuhkan dengan mudah, bersamaan dengan ulasan dan penawaran yang juga menarik. Manfaat bagi pelanggan ini tentunya juga sangat bermanfaat bagi para penjual.

Perlu diingat bahwa semakin bahagia pelanggan dengan pengalaman berbelanja mereka, semakin besar pula kemungkinan mereka untuk melakukan pembelian ulang. Mari kita ulas lebih dalam tentang manfaat ini.

  • Akses yang Lebih Banyak Terhadap Pelanggan

Online Marketplace biasanya sering dikunjungi oleh lebih banyak pengunjung jika dibandingkan dengan website/webstore yang berdiri sendiri. Hal ini dikarenakan banyak juga orang yang menelusuri online marketplace meskipun mereka sedang tidak mencari suatu hal yang dibutuhkan secara spesifik.

Meskipun memang tidak semua pengunjung mencari produk spesialisasi yang Anda jual atau tawarkan, tetapi masih besar kemungkinan untuk mereka bisa menemukan produk Anda. Hal ini tentunya dapat mendorong tingkat pembelian impulsif dan membuat brand Anda lebih terlihat oleh calon pelanggan-pelanggan baru.

  • Manajemen Promosional Produk yang Lebih Mudah

Online marketplace membuat Anda lebih nyaman untuk dapat menawarkan kupon dan memberikan promosi yang sesuai dengan minat pelanggan. Hal ini juga dapat mempersingkat waktu respons dari toko Anda kepada pelanggan yang senantiasa menguntungkan untuk pihak Anda dan pembeli. Respons yang lebih cepat memungkinkan Anda untuk membuat perubahan yang lebih baik jika diperlukan untuk kampanye promosional Anda.

  • Program Loyalitas

Amazon Prime dapat menjadi salah satu contoh program loyalitas yang paling populer jika mengacu pada online marketplace saat ini. Sangat menarik untuk dilihat bahwa pelanggan dari Amazon Prime tercatat menghabiskan hampir dua kali lipat jumlah budget yang dihabiskan jika dibandingkan dengan pelanggan non-Prime secara online.

  • Akses Data Pemasaran yang Lebih Baik

Seiring dengan adanya peningkatan eksposur ke pelanggan baru, online marketplace juga dapat memberikan data akan brand tentang penjualan mereka.

Anda dapat menggunakan informasi seperti data jumlah klik, ulasan, dan lainnya yang memang sudah tersedia untuk dapat Anda olah dalam meningkatkan penjualan Anda. Memahami bagaimana para calon pelanggan Anda mencari produk, juga dapat membantu bisnis Anda untuk memasarkan produk brand dengan cara yang lebih baik dan efektif.

Sebagai contoh, ketika Anda melihat hal-hal yang perlu diperhatikan saat mengunggah produk ke Tokopedia, Shopee, Lazada, dan sebagainya, penting untuk mengetahui istilah pencarian apa yang dimasukkan pelanggan dapat membantu Anda untuk memberi nama produk yang lebih tepat agar muncul dalam hasil pencarian dari calon pelanggan.

Yuk Kenali Pentingnya Online Marketplace Untuk Bisnis e-Commerce
Marketplace & Peningkatan Keuntungan

Tujuan akhir dari setiap brand tentunya adalah untuk meningkatkan margin keuntungan. Online marketplace memainkan peran penting di sini dalam berbagai cara yaitu:

  • Mengurangi Biaya Promosional untuk Produk Anda

Online marketplace tentunya memiliki lebih banyak penggunjung dan pelanggan daripada website/webstore berbasis e-commerce yang berdiri sendiri. Secara efektif, hal ini dapat diartikan bahwa Anda bisa memperoleh lebih banyak penggunjung dan membuat brand/produk Anda dapat terlihat oleh lebih banyak lagi calon pelanggan, hanya dengan menghabiskan jumlah biaya promosi yang sama. Tentunya, hal ini secara tidak langsung menurunkan biaya yang terkait untuk perolehan pelanggan baru untuk bisnis dan produk Anda.

  • Biaya Tambahan yang Lebih Rendah

Sepintas, komisi yang dibebankan oleh online marketplace mungkin membuat penggunaannya terlihat mahal. Namun, jika dilihat lebih dekat, maka penggunaannya akan memperlihatkan hal yang berbeda. Jika Anda ingin menjual barang di website/webstore Anda sendiri, Anda tentunya perlu membayar biaya domain, biaya penyedia hosting, biaya SEO, iklan untuk mengarahkan traffic ke dalam website, biaya transaksi, dan masih banyak lagi biaya yang perlu dikeluarkan. Dan ketika semua biaya ini bertambah, tentunya pengeluaran Anda akan menjadi jauh lebih besar jika dibandingkan dengan komisi yang dibebankan oleh online marketplace pada umumnya.

  • Mengurangi Biaya Pemasaran

Menjalankan promosi pada online marketplace jauh lebih murah jika dibandingkan dengan menjalankannya satu per satu. Sebagai sebuah brand, Anda dapat berpartisipasi dalam kampanye promosi yang dikelola oleh online marketplace yang Anda pilih atau fokuskan.

Dengan demikian, Anda tidak perlu mendedikasikan banyak sumber daya untuk menjalankan kampanye promosional. Selain itu, ada baiknya untuk mengetahui bahwa platform ini memiliki kemampuan untuk menjangkau lebih banyak pelanggan potensial jika dibandingkan dengan website/webstore individual sebuah brand.

  • Tingkat Konversi yang Lebih Tinggi

E-commerce besar seperti Tokopedia atau Shopee dilansir mendapatkan lebih dari 900 juta views setiap bulannya. Jika 0,1% saja dari pengunjung platform atau aplikasi online marketplace ini melihat brand Anda, tentunya jumlah yang besar tersebut juga dapat menjadi calon pelanggan Anda.

Apakah menurut Anda website/webstore individu dari brand Anda bisa menandingi untuk mendapatkan jumlah pengunjung yang sama? Ketika lebih banyak orang yang melihat produk brand Anda pada online marketplace, dapat diasumsikan dengan aman bahwa tingkat konversi dalam online marketplace tentu menjadi  lebih tinggi.

  • Pengoperasian yang Lebih Mudah

Platform berbasis e-commerce raksasa seperti Tokopedia, Shopee, Lazada, dan lainnya biasanya memiliki sejumlah layanan tambahan yang ditawarkan kepada produsen untuk dapat membuat operasi bisnis berjalan dengan lebih mudah. Pemenuhan pesanan merupakan salah satu layanan yang mereka berikan.

Anda yang memilih untuk menggunakan layanan ini dapat memiliki stok produk secara langsung dalam online marketplace yang Anda pilih. Platform mereka juga dapat mengurus pengiriman produk ke pelanggan dan jenis layanan pelanggan lainnya yang diperlukan. Hal ini mungkin memerlukan biaya tambahan tertentu, akan tetapi dapat membuat operasional bisnis Anda menjadi jauh lebih mudah.

Yuk Kenali Pentingnya Online Marketplace Untuk Bisnis e-Commerce

Marketplace & Keterikatannya dengan Penjual Serta Pembeli
  • Kepercayaan yang Lebih Besar

Pelanggan mempercayai bahwa produk yang dijual di dalam online marketplace seperti Tokopedia, Shopee, Lazada, atau lainnya pasti memenuhi standar kualitas dan keamanan tertentu yang sudah ditetapkan oleh masing-masing platform.

Dalam banyak kasus, pelanggan akan lebih sering membeli produk dari online marketplace jika dibandingkan dengan website/webstore individual dari sebuah brand tertentu karena kepercayaan mereka pada marketplace tersebut jauh lebih tinggi. Jadi, dengan mencantumkan produk Anda pada platform online marketplace saja, secara tidak langsung Anda sudah meningkatkan peringkat dan kredibilitas dari brand bisnis Anda di mata konsumen.

  • Transparansi

Marketplace memberi pelanggan kesempatan untuk membandingkan produk dari berbagai brand sebelum melakukan pembelian. Harga bukan satu-satunya faktor yang dilihat oleh konsumen. Ulasan tentunya juga memainkan peran utama. Ulasan ini ditulis oleh pelanggan yang telah membeli dan menggunakan suatu produk dan seringkali memiliki bobot lebih dari apa yang dikatakan oleh brand tentang produk berkaitan.

Produk yang terbukti memiliki kualitas baik langsung dapat memiliki citra positif  meskipun mungkin sedikit lebih mahal jika dibandingkan dengan pesaingnya.

  • Lebih Banyak Pelanggan yang Kembali

Pelanggan yang melakukan pembelian berulang biasanya didasari oleh dua alasan yaitu: pengalaman mereka dengan produk yang dibeli dan pengalaman mereka sewaktu membeli produk tersebut. Dasar pengalaman pembelanjaan online pada umumnya adalah sama yaitu: pelanggan memilih produk, membayarnya, dan kemudian produk dikirim ke rumah mereka.

Namun, karena online marketplace menawarkan berbagai macam produk, seringkali beberapa pembelian dapat disatukan untuk mempermudah. Hal ini membuat pengalaman berbelanja mereka tentunya lebih nyaman dan bahkan memungkinkan pengguna untuk mendapatkan diskon tambahan. Untuk penjual, pengalaman berbelanja yang ditingkatkan juga dapat meningkatkan kemungkinan pembelian berulang.

Sistem dan teknologi yang mendukung sangatlah krusial untuk perkembangan bisnis di era yang serba cepat dan canggih seperti sekarang ini. Ingatlah tentang pelanggan Anda sepanjang waktu. Temukan hal-hal yang paling mereka butuhkan saat ini, dan mulailah untuk memaksimalkan bisnis ritel Anda untuk memenangkan hati pelanggan Anda di setiap saluran penjualan termasuk online marketplace.

Jika Anda membutuhkan bantuan, Jet Commerce hadir untuk memberikan Anda solusi e-commerce enabler berkualitas di Indonesia. Jet Commerce merupakan salah satu penyedia e-commerce solution Indonesia yang bergerak pada sektor B2B dan B2C di Jakarta. Sebagai perusahaan e-commerce enabler terpercaya se-Asia Tenggara, Jet Commerce menawarkan solusi terdepan yang dapat mendukung performa bisnis Anda di e-commerce dengan sistem UPFOS.

UPFOS merupakan solusi omnichannel terintegrasi berupa aplikasi manajemen marketplace, yang dapat membantu Anda dalam berbagai proses bisnis seperti: mengelola multi saluran penjualan, pengaturan persediaan stok & inventaris, multi promosi, CRM, laporan bisnis & banyak fungsi lainnya. Memberikan Anda pengalaman manajemen e-commerce yang mudah, serta lengkap dalam satu dashboard yang sama. Berbisnis di banyak marketplace seperti Tokopedia, Shopee, Lazada, BukaLapak, JD.ID, Blibli, dan lainnya bukanlah lagi sebuah masalah dengan sistem UPFOS. Dapatkan UPFOS untuk bisnis Anda di sini.

 

Reference: Customer Think

Share It With Your Friends

Do You Have Any Question?

+62 21 808 23118

CONNECT WITH US

Do You Have Any Question?

+62 21 808 23118

CONNECT WITH US