Updates > > Yuk Pahami Beberapa Manfaat Utama Omnichannel Marketplace Bagi Pebisnis Ritel

Yuk Pahami Beberapa Manfaat Utama Omnichannel Marketplace Bagi Pebisnis Ritel

Marketing

10 September 2021

Saat ini, banyak penjual yang berhasil memasarkan produknya karena mereka menjual produk pada lebih dari satu saluran. Mereka merangkul dan menerapkan strategi yang biasa disebut dengan omnichannel. Untuk menjangkau konsumen pada era ini, sangat dimungkinkan bagi bisnis Anda untuk berjalan meskipun tanpa kehadiran toko fisik. Alternatifnya yaitu bisnis Anda harus memiliki kehadiran secara online baik berupa webstore ataupun toko online di dalam marketplace untuk dapat lebih mengembangkan bisnis Anda.

Di luar dari webstore atau toko online di marketplace, bisnis Anda juga perlu hadir dalam media sosial untuk mendapatkan loyalitas konsumen yang ingin berinteraksi langsung dengan Anda. Bahkan kini Instagram pun sudah memiliki fitur Instagram shopping untuk memudahkan para penggunanya. Semua saluran ini merupakan “lapisan” untuk memberikan pengalaman pengguna yang lebih lengkap dan memuaskan. Faktanya, konsumen saat ini mengharapkan para penjual senantiasa memiliki pilihan ini.

Namun, jika saluran dari toko Anda tidak benar-benar terintegrasi, Anda akan kehilangan banyak manfaat, termasuk peluang untuk meningkatkan penjualan dan membangun koneksi. Anda harus mengintegrasikan saluran ini untuk memberikan pengalaman terpadu yang benar-benar mulus kepada konsumen Anda.

Beberapa Manfaat Penggunaan Omnichannel

Manfaat utama dari mengintegrasikan beberapa saluran penjualan adalah pengalaman pelanggan yang positif karena integrasi memastikan semua platform Anda memiliki informasi yang akurat, konsisten, dan berperilaku secara konsisten.

Berikut beberapa manfaat dari mengaplikasikan omni channel pada bisnis Anda:

Statistik menunjukkan bahwa konsumen mengevaluasi setiap brand berdasarkan pengalaman pengguna serta faktor-faktor seperti informasi produk yang akurat dan konsistensi jumlah item dalam stok.

Data yang dikumpulkan melalui satu saluran belanja dibagikan secara otomatis di antara seluruh saluran dan sistem. Misalnya, semua platform harus memberikan kartu hadiah atau kupon yang sama (dengan pengecualian seperti diskon “khusus pembelanjaan online”), dan kupon atau kode diskon tersebut harus benar-benar dapat digunakan oleh pembeli.

Selain itu, dari sisi konsumen, manfaat omnichannel adalah sebagai berikut:

  • Dapat dengan lebih mudah mengecek ketersediaan produk;
  • Dapat memesan atau membeli barang serta mengambilnya di toko fisik (COD);
  • Memiliki akses instan ke informasi profil mereka; dan
  • Mendapatkan pengalaman belanja yang dipersonalisasikan terlepas dari platform apapun yang mereka gunakan.
Dapat Menentukan Saluran yang Tepat

Sebelum melakukan hal lain, Anda perlu menentukan saluran mana yang ingin Anda gunakan. Ingatlah bahwa ada banyak sekali pilihan saluran, namun Anda tidak dapat memilih semuanya.

Pertimbangkan beberapa pertanyaan berikut tentang setiap pasar dan platform dari penjualan online:

  • Mengapa Anda harus menggunakan saluran ini?
  • Siapa target pasar dari saluran ini?
  • Apakah marketplace atau saluran ini cocok untuk menjual produk Anda?
  • Apakah pengalaman berbelanja yang ditawarkan oleh saluran ini memberikan pengalaman emosional yang sama bagi pelanggan Anda seperti yang mereka alami melalui toko online lain atau website berbasis e-commerce Anda?
  • Haruskah Anda mempertimbangkan pencantuman beberapa produk di saluran tersebut dan memperluasnya saat Anda menilai kinerja marketplace tersebut?
  • Apakah saluran ini menawarkan cara kreatif bagi Anda untuk mempromosikan bisnis dan meningkatkan peluang serta keterlibatan pembeli? Misalnya, hampir 90 persen pengguna Instagram berinteraksi dengan halaman brand tertentu setelah melihat informasi produk, dan mereka tidak hanya mengikuti brand tersebut atau menelusuri websitenya; beberapa dari mereka benar-benar membeli produk dari halaman utama media sosial tersebut setelah melihat informasinya.

Ingatlah bahwa perjalanan belanja pelanggan Anda bukan hanya untuk mencari, mengklik, dan membeli. Perjalanan tersebut juga menjadi salah satu siklus pencarian, peninjauan, perbandingan, dan pembelian yang berkelanjutan untuk konsumen Anda.

Yuk Pahami Beberapa Manfaat Utama Omnichannel Marketplace Bagi Pebisnis Ritel
Mempertimbangkan Sisi Teknis

Dengan pemahaman bahwa integrasi dalam seluruh saluran belanja Anda itu penting, bagaimana Anda dapat melakukannya? Dengan banyaknya platform online seperti Facebook, Amazon dan lainnya – yang dikembangkan oleh perusahaan yang berbeda pada platform yang juga berbeda, bagaimana Anda dapat membuat pengguna bekerja sama secara harmonis dalam mengunjungi toko online Anda?

Setelah Anda memutuskan saluran mana yang ingin Anda gunakan, hal selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah meninjau fitur apa yang diperlukan dan kemudian mengevaluasi apakah ada di antara saluran tersebut yang memiliki koneksi standar.

Keputusan berikutnya adalah memutuskan tentang apakah Anda ingin mengintegrasikan setiap saluran secara langsung melalui platform omnichannel atau dengan cara lain. Tetapi, penting untuk terlebih dahulu memutuskan bagaimana Anda ingin mengelola setiap saluran dan menentukan apakah Anda memerlukan solusi teknologi tertentu untuk membantunya.

Lebih Ideal untuk Digunakan dalam Menangkap Data

Meskipun jelas bahwa strategi omnichannel dapat menjadi salah satu jalan yang menghasilkan pendapatan dan koneksi jaringan, masih ada sarana lain yaitu marketplace yang dapat menjadi salah satu sumber pengambilan data yang mudah untuk bisnis Anda.

Konsumen lebih mengandalkan dunia yang senantiasa terhubung melalui internet, tidak hanya dari sudut pandang keselamatan dengan opsi jarak jauh, tetapi juga sepanjang perjalanan pembelian mereka.

Teknologi memang bukan satu-satunya hal yang mendukung kegiatan ini, tetapi teknologi yang berkembang pesat dapat terus mendorong konsumen untuk mengklik dan membeli — tidak hanya dari sudut pandang pemasaran brand Anda secara langsung, tetapi juga dari sudut pandang konsumen. Disarankan bagi Anda untuk menganalisis dan mempertimbangkan kemitraan dengan influencer dan memungkinkan mereka untuk membagikan pesan dari brand Anda pada basis pengikut yang besar dan setia yang mereka miliki.

Sistem dan teknologi yang mendukung sangatlah krusial untuk perkembangan bisnis di era yang serba cepat dan canggih seperti sekarang ini. Ingatlah tentang pelanggan Anda sepanjang waktu. Temukan hal-hal yang paling mereka butuhkan saat ini, dan mulailah untuk memaksimalkan bisnis Anda dengan sistem omnichannel mutakhir untuk memenangkan hati pelanggan Anda di setiap saluran penjualan.

Dalam menentukan channel untuk memasarkan produk Anda, Anda perlu mengatur strategi agar produk Anda dapat dilihat oleh calon konsumen yang tepat. Beberapa caranya adalah dengan mengidentifikasi saluran yang digunakan oleh konsumen Anda; mengetahui kebutuhan konsumen Anda; mempersonalisasi cara Anda memasarkan produk kepada konsumen; dan memaksimalkan saluran tersebut.

Berikut adalah beberapa informasi mengenai manfaat omnichannel marketplace dalam dunia ritel bisnis, serta beberapa strategi yang dapat Anda lakukan. Jika Anda masih membutuhkan bantuan dalam mengelola toko online Anda, atau membutuhkan bantuan dalam menjalankan sistem omnichannel untuk bisnis Anda, Jet Commerce hadir untuk membantu.

Jet Commerce merupakan salah satu penyedia e-commerce solution Indonesia yang bergerak pada sektor B2B dan B2C di Jakarta, Indonesia. Sebagai perusahaan e-commerce enabler terpercaya se-Asia Tenggara, Jet Commerce menawarkan solusi terdepan yang dapat mendukung performa bisnis Anda di e-commerce dengan sistem omni channel berkualitas di Indonesia yaitu UPFOS.

UPFOS merupakan solusi omni channel terintegrasi berupa aplikasi manajemen marketplace, yang dapat membantu Anda dalam berbagai proses bisnis seperti: mengelola multi saluran penjualan, pengaturan persediaan stok & inventaris, multi promosi, CRM, laporan bisnis & banyak fungsi lainnya di Indonesia. Memberikan Anda pengalaman manajemen e-commerce yang mudah, serta lengkap dalam satu dashboard yang sama. Berbisnis di banyak marketplace seperti Tokopedia, Shopee, Lazada, BukaLapak, JD.ID, Blibli, dan lainnya bukanlah lagi sebuah masalah dengan sistem UPFOS.

 

Reference: Archer Point

Share It With Your Friends

Do You Have Any Question?

+62 21 808 23118

CONNECT WITH US

Do You Have Any Question?

+62 21 808 23118

CONNECT WITH US