


Manfaat Menggunakan e-Commerce Fulfillment untuk Online Brands & Seller

Marcomm

6 March 2023
E-commerce fulfillment saat ini mungkin masih menjadi pertimbangan untuk beberapa online brand/ seller yang sibuk, namun jika dimanfaatkan secara tepat, e-commerce fulfillment dapat menjadi strategi pendorong penjualan yang krusial untuk mengurangi biaya akuisisi pelanggan.
Apa itu e-Commerce Fulfillment & Mengapa itu Penting?
E-commerce order fulfillment adalah fase terakhir dari e-commerce supply chain Anda. Hal ini melibatkan penyimpanan produk di fulfillment center e-commerce, picking dan packing order, serta pengiriman pesanan ke pelanggan akhir Anda. Langkah-langkah terakhir dalam rantai pasokan Anda terkadang merupakan yang paling mahal, jadi penting untuk memiliki strategi e-commerce fulfillment yang matang serta didasarkan pada kemitraan yang kuat.
Meskipun permintaan akan e-commerce terus-menerus meningkat, harapan pelanggan untuk pengiriman cepat tetap hampir tidak berubah. Memahami bagaimana ekspektasi ini membentuk preferensi pelanggan, serta customer lifetime value yang terdorong akan membantu Anda melihat operasi fulfillment sebagai peluang untuk membedakan diri dari pesaing Anda.
Manfaat utama e-commerce adalah skala kemampuan cepat. Jika Anda bisa mendapatkan produk Anda di depan pelanggan yang tepat, bisa saja penjualan Anda berpotensi untuk meroket dalam semalam. Namun, tanpa kemampuan untuk membawa produk Anda ke tangan pelanggan, Anda berisiko membuat kesan pertama yang buruk pada pelanggan baru, yang terkadang sulit dipulihkan. Dalam hal ini, e-commerce fulfillment bisa menjadi kunci untuk menciptakan pengalaman yang disukai pelanggan untuk membawa mereka kembali untuk pembelian berulang.
Memprioritaskan Fulfillment dalam Strategi e-Commerce Anda
Tujuan dari setiap strategi e-commerce adalah menciptakan pengalaman pelanggan yang se-mulus mungkin. Semakin besar gesekan yang ada antara ditemukannya barang hingga pembelian, semakin besar pula kemungkinan untuk pelanggan potensial meninggalkan keranjang mereka. Banyak pebisnis sangat memperhatikan titik gesekan ini pada front-end strategi mereka, akan tetapi ada lebih banyak lagi peluang gesekan yang mungkin terjadi pada back-end dan pasca-pembelian dari perjalanan pelanggan Anda.
Bagaimana e-Commerce Fulfillment Mempengaruhi Strategi Front-End
Janji pemenuhan dan pengiriman dapat mempengaruhi tingkat konversi sejak fase ditemukannya produk oleh konsumen. Faktanya, survei terbaru mengungkapkan hal itu, yaitu 69% konsumen lebih cenderung menge-klik iklan yang menyebutkan pengiriman cepat dan gratis. Selain itu, temuan dari Google menunjukkan bahwa pemenuhan dapat berkontribusi secara signifikan terhadap performa iklan. Tes baru anotasi pengiriman “Cepat & Gratis” menghasilkan tingkat konversi keseluruhan yang 9% lebih tinggi untuk cantuman produk yang mengiklankan janji pengiriman 1 hingga 2 hari di awal perjalanan belanja.
Dengan adanya perubahan terbaru terkait kebijakan privasi online, pangsa tayangan-pun menurun, sedangkan harga tayangan tersebut terus naik tinggi. Itu berarti brand/ pebisnis perlu menemukan segala cara yang mereka bisa untuk mendapatkan hasil maksimal dari budget pemasaran mereka. Memprioritaskan e-commerce fulfillment di awal strategi online memungkinkan Anda menargetkan pembeli secara geografis dengan iklan yang menyoroti janji pengiriman dengan konversi yang cukup tinggi.
Strategi Pemenuhan saat Checkout
Tingkat konversi keranjang Anda adalah metrik penting untuk mengukur keefektifan desain situs webstore atau online store Anda di marketplace, serta strategi e-commerce secara keseluruhan. Tingkat pengabaian keranjang yang tinggi menunjukkan bahwa ada sesuatu yang terjadi pada fase pembayaran akhir untuk mencegah pelanggan benar-benar melakukan pembelian. Hal tersebut umumnya disebabkan oleh satu atau lebih dari beberapa poin berikut:
- Kecepatan pengiriman
- Biaya pengiriman
- Tagihan tak terduga
- Opsi pembayaran tidak memadai
- Pengalaman pengguna yang kikuk, tidak mulus dan memakan waktu
Nyatanya, dua dari kelima poin tersebut masih berkaitan dengan pemenuhan. Bahkan, baru-baru ini, 52% brand/ pebisnis menunjukkan bahwa menawarkan pengiriman 2 hari saat pembayaran meningkatkan konversi keranjang mereka hingga 25%.
Pengalaman Setelah Checkout
Menawarkan pengiriman 1 hingga 2 hari akan menarik pelanggan, akan tetapi jika bisnis Anda benar-benar memenuhi janji, hal itu akan membangun brand value yang tidak ternilai. Pembeli pertama yang puas berpotensi untuk menjadi pelanggan seumur hidup dan dapat memberikan ulasan online yang positif, merekomendasikan produk Anda kepada teman mereka, dan memungkinkan untuk membelanjakan uang mereka lebih banyak pada pembelian selanjutnya.
Pengalaman pengiriman juga merupakan pengalaman langsung pertama yang mungkin dimiliki pelanggan Anda dengan brand Anda. Pengalaman pengiriman yang tidak bersemangat dapat membuat kesan pertama yang buruk, dan bahkan dapat menyebabkan peningkatan pengembalian. Musim liburan lalu, 33% konsumen benar-benar melaporkan bahwa alasan mereka mengembalikan pesanan e-commerce adalah karena terlalu lama untuk tiba.
Layanan e-Commerce Fulfillment Jet Commerce
Jet Commerce merupakan salah satu penyedia e-commerce solution Indonesia yang bergerak pada sektor B2B dan B2C di Jakarta, Indonesia. Sebagai perusahaan e-commerce enabler terpercaya se-Asia Tenggara, kami menawarkan solusi komprehensif & terintegrasi untuk mendukung pemasaran Brand di ranah e-commerce.
Layanan kami meliputi official store management, digital marketing, design & creative, customer relationship management, live streaming services dan fulfillment center. Jet Commerce Fulfillment Center berlokasi di kota Tangerang, Banten. Bekerjasama dengan 8 partner logistik terpercaya, Fulfillment Center kami mampu memproses lebih dari 50.000 pesanan (online orders) dalam sehari, baik pengiriman instan maupun non-instan. Layanan kami merupakan solusi alternatif bagi Brand, maupun pemilik bisnis skala menengah hingga besar, yang sedang ingin mengembangkan bisnisnya di industri e-commerce.
Jika Anda membutuhkan bantuan dalam memenuhi pesanan dari pelanggan Anda di e-commerce marketplace ataupun toko online Anda sendiri, mungkin layanan dari Jet Commerce Fulfillment Center bisa menjadi solusi yang tepat untuk bisnis Anda.
Harapan Konsumen
Konsumen saat ini mengharapkan pengiriman 1 hingga 2 hari yang dapat diandalkan dari brand ataupun bisnis dari semua ukuran. Nyatanya, 37% responden survei menunjukkan bahwa mereka mengharapkan bisnis kecil benar-benar mampu untuk mengirim lebih cepat daripada pesaing besar mereka. Namun, harga juga merupakan faktor yang sangat penting bagi sebagian besar pembeli, dan penting untuk mengetahui apakah pelanggan Anda memprioritaskan pengiriman yang lebih cepat atau lebih murah. Di bawah ini adalah bagan bermanfaat yang menguraikan faktor-faktor kunci yang mempengaruhi preferensi pengiriman.
Ekosistem e-Commerce Anda
Strategi e-commerce yang efektif memerlukan untuk melihat, melampaui fungsi penjualan dan pemasaran front-end dan menghabiskan banyak waktu dan energi yang sama untuk mengoptimalkan pengalaman setelah klik. Meskipun upaya penjualan dan pemasaran yang efektif akan mendorong pelanggan ke situs Anda, proses pembayaran dan pemenuhan yang sederhana dan efisien pada akhirnya yang akan mendorong pembelian dan mengubah pembeli menjadi pelanggan setia dan brand ambassador.
Untuk mempelajari lebih lanjut tentang bagaimana Jet Commerce dapat merampingkan proses pemenuhan Anda, lihat solusi kami.
Reference: Ware2Go