


Kenali Berbagai Cara Mengembangkan Bisnis e-Commerce di Tahun 2022

Marketing

15 March 2022
Bisnis berbasis e-commerce memang sangatlah booming di era ini. Tetapi, jika Anda ingin terus mengembangkan bisnis e-commerce Anda dari waktu ke waktu, menarik lebih banyak pelanggan, traffic, serta brand awareness bagi brand Anda, maka tentunya pemasaran merupakan faktor yang sangat penting untuk Anda perhatikan. Ada banyak sekali peluang di luar sana, namun perlu diingat bahwa ada lebih banyak juga persaingan dari berbagai kompetitor.
E-commerce tentunya akan terus berkembang, tidak hanya hingga tahun 2022 saja namun juga tahun-tahun seterusanya. Jadi, jika Anda serius dalam memikirkan pertumbuhan bisnis e-commerce Anda, maka sudah seharusnya Anda mencari strategi yang efektif untuk membantu bisnis Anda bergerak maju.
Ada banyak cara untuk memastikan agar bisnis Anda terus berkembang di e-commerce, akan tetapi tentu tidak semua bisa cocok/ sesuai dengan kebutuhan industri bisnis yang Anda jalankan. Ada beberapa proses yang dapat berlaku untuk sebagian besar dan ada juga yang dapat dengan mudah diimplementasikan. Maka dari itu, berikut beberapa tips dan panduan yang dapat kami berikan untuk Anda :
Tingkatkan Layanan Pelanggan Anda
Ketika konsumen menerima layanan pelanggan dari website e-commerce yang sangat baik, mengetahui pertanyaan atau masalah mereka, bisnis Anda yang mudah dihubungi, dan lain sebagainya. Tentunya hal ini akan membuat mereka cenderung positif untuk membeli produk atau layanan Anda, karena hal tersebut telah memberi mereka kesan yang baik dan ketenangan tambahan bagi si pelanggan.
Senantiasa ingat bahwa kita hidup di dunia yang menginginkan hasil instan, itulah sebabnya Chatbots – sistem perangkat lunak untuk layanan pelanggan otomatis yang memungkinkan obrolan online tanpa interaksi manusia, merupakan pilihan yang sangat baik bagi pelanggan untuk dengan mudah menghubungi Anda tentang pertanyaan mereka. Jika Anda dapat menjawab kueri mereka dengan cepat, peluang penjualan tentunya akan menjadi lebih tinggi juga, sehingga konversi Andapun juga akan meningkat.
Terbitkan Blog Online & Newsletter untuk Pelanggan Anda
Memanfaatkan konten adalah salah satu cara paling efektif dan terbukti dalam membantu bisnis e-commerce Anda untuk berkembang. Sayangnya, banyak pemilik bisnis yang mengabaikan kekuatan strategi ini karena membutuhkan waktu dan tenaga lebih, serta hasil yang tidak instan. Tetapi, hal ini dapat menjadi pendekatan jangka panjang yang hanya berhasil jika kualitas dan konsistensi terus dilibatkan.
Menulis dan mengunggah konten yang menarik di blog Anda dapat meningkatkan SEO organik secara masif, akan tetapi hanya jika diterapkan dengan benar. Satu atau dua unggahan setiap beberapa bulan tidak akan cukup efektif.
Demikian juga, jika Anda hanya mengunggah konten yang berorientasi pada penjualan, hal tersebut juga tidak terlalu berjalan dengan efektif. Semakin banyak konten bermanfaat dan menarik yang Anda terbitkan, semakin tinggi visibilitas dari bisnis e-commerce Anda dan berkemungkinan besar menarik lebih banyak pelanggan.
Demikian pula, jika Anda mengirimkan e–mail buletin dua mingguan atau bulanan, sekali lagi ditulis dengan topik edukasional atau informatif kepada calon pelanggan dan juga pelanggan loyal, maka tidak diragukan bahwa mereka akan dengan mudah mengingat tentang bisnis Anda. Hal ini juga akan menanamkan kepercayaan dan membantu mereka melihat Anda sebagai profesional di bidang Anda.
Pertimbangkan Penggunaan Google Shopping
Google Shopping menawarkan iklan gratis kepada Anda setelah periode layanan berbayar menjadi satu-satunya pilihan yang tersedia. Hal ini gratis, jadi mengapa Anda tidak memanfaatkannya untuk membantu bisnis e-commerce Anda untuk lebih berkembang?
Iklan dari Google Shopping dapat membantu Anda menampilkan produk yang relevan kepada pelanggan karena hal ini merupakan hasil perbandingan dari mesin pencarian. Hal yang lebih baiknya lagi dari penggunaannya adalah tampilannya yang juga visual. Iklan Google Shopping pada umumnya menyertakan gambar produk, harga, dan nama bisnis atau toko online Anda.
Saat calon pelanggan mencari produk di Google, jika deskripsi produk Anda memenuhi kriteria yang mereka cari, maka website / toko e-commerce Anda dapat muncul langsung di hadapan pelanggan. Anda hanya perlu membayar setiap kali seseorang mengklik salah satu iklan Google Shopping Anda.
Personalisasikan Pengalaman Berbelanja dari Pengguna
Anda harus senantiasa berkonsentrasi pada personalisasi pengalaman untuk pelanggan Anda. Mengapa? Karena menurut penelitian dari growcode.com, lebih dari 80% pelanggan lebih cenderung membeli dari toko online yang memberikan pengalaman yang dipersonalisasi dan diterapkan sepanjang perjalanan mereka. Mulai dari menjelajah halaman website, toko online di marketplace, e–mail, aktivitas media sosial, hingga penggunaan iklan berbayar.
Tapi apa yang sebenarnya dimaksud dengan pengalaman yang dipersonalisasi?
Cukup dengan menampilkan lebih banyak produk yang relevan dengan pelanggan secara individual. Pikirkan tentang hal ini lebih dalam. Calon pembeli pembeli potensial lebih cenderung membeli jika Anda menampilkan produk atau layanan yang sangat relevan bagi mereka. Dan faktanya, menurut penelitian oleh Epsilon, 80% pelanggan lebih cenderung membeli dari bisnis yang menawarkan pengalaman yang dipersonalisasi ini.
Gunakan Strategi Pemasaran dengan Omni-channel
Pemasaran berbasis omni-channel berfokus pada ‘semua saluran’ dan pada dasarnya merupakan penyederhanaan semua upaya pemasaran Anda. Hal ini berfokus pada bagaimana Anda memberikan pengalaman pengguna yang mulus, seperti ketika pelanggan berbelanja dari melalui perangkat seluler, laptop, atau tablet mereka.
Contohnya, pelanggan mungkin ingin menambahkan produk ke keranjang belanja mereka saat menjelajahi website/ toko online Anda di laptop mereka. Tetapi, dalam perjalanannya, mereka terganggu dan tidak kembali ke dalam website Anda sampai nanti ketika mereka menjelajah menggunakan perangkat seluler mereka.
Jika dibandingkan dengan membuat pelanggan untuk harus memulai dari awal, dengan pemasaran berbasis omni-channel, Anda dapat memastikan mereka untuk tetap dapat langsung melanjutkan pembelian mereka dengan cepat tanpa harus mengulangi prosesnya.
Pemasaran berbasis omni-channel ini memungkinkan Anda untuk menghindari perginya pelanggan karena mereka harus mengulangi langkah beberapa kali selama proses pembelian dan tentunya dapat meningkatkan konversi.
Bagaimana cara Anda menggunakannya? Anda terlebih dahulu harus memahami setiap titik kontak pelanggan untuk dapat membangun dan menerapkan strategi pemasaran berbasis omni-channel. Kuncinya terletak pada perilaku pelanggan Anda. Anda harus mengumpulkan data dan memetakan jalur mereka ketika hendak membeli, lalu menyesuaikan proses pemasarannya.
Jika Anda masih membutuhkan bantuan dalam hal ini, Jet Commerce hadir untuk memberikan Anda solusi e-commerce enabler berkualitas di Indonesia. Jet Commerce merupakan salah satu penyedia e-commerce solution Indonesia yang bergerak pada sektor B2B dan B2C di Jakarta. Sebagai perusahaan e-commerce enabler terpercaya se-Asia Tenggara, Jet Commerce menawarkan solusi terdepan yang dapat mendukung performa bisnis Anda di e-commerce dengan sistem UPFOS.
Menjual produk secara online melalui website e-commerce Anda sendiri tidak pernah mudah, cepat, atau terukur dengan pasti. Maka dari itu, UPFOS sebagai salah satu sistem omni-channel berkualitas di Indonesia dapat menjadi salah satu platform yang memungkinkan Anda untuk menjual produk di mana pun pelanggan Anda berada, baik secara online, tatap muka, maupun keduanya dengan satu sistem yang sama dan terpusat.
UPFOS merupakan solusi omni-channel terintegrasi di Indonesia berupa aplikasi manajemen marketplace, yang dapat membantu Anda dalam berbagai proses bisnis seperti: mengelola multi saluran penjualan, pengaturan persediaan stok & inventaris, multi promosi, CRM, laporan bisnis & banyak fungsi lainnya. Memberikan Anda pengalaman manajemen e-commerce yang mudah, serta lengkap dalam satu dashboard yang sama. Berbisnis di banyak marketplace seperti Tokopedia, Shopee, Lazada, BukaLapak, JD.ID, Blibli, dan lainnya bukanlah lagi sebuah masalah dengan sistem UPFOS. Dapatkan layanan omni-channel berkualitas hanya dari UPFOS untuk bisnis Anda di sini.
Reference: eDesk