Updates > , > Inilah Alasan Mengapa Brand/ Bisnis Anda Harus Menjual Produk Melalui Marketplace

Inilah Alasan Mengapa Brand/ Bisnis Anda Harus Menjual Produk Melalui Marketplace

Marketing

12 March 2021

Besarnya peran internet dalam kehidupan kita saat ini dan juga kemajuan dari industri e-commerce yang senantiasa meningkat, tentunya juga berdampak pada kenaikan konsumen online secara global. Jika Anda merupakan seorang pebisnis yang memiliki ide untuk menjual produk secara online, Anda tentunya berada di jalan yang tepat jika ingin lebih mengembangkan bisnis Anda melalui marketplace.

Menjual produk Anda di marketplace merupakan salah satu pilihan yang dapat membantu Anda mendapatkan penjualan, juga keuntungan yang lebih besar bagi setiap brand dan pebisnis online. Mudahnya pengaturan akun yang dapat diperoleh secara instan, membuat pebisnis online seperti Anda semakin terbuka akan kesempatan untuk memperoleh lebih banyak konsumen online yang mungkin berminat dengan produk Anda.

Berikut ini kami berikan beberapa alasan untuk Anda pertimbangkan dalam menggunakan dan menjual produk Anda melalui marketplace :

Kehadiran & Penggunaan Marketplace Kian Populer

Amazon ecommerce marketplace - Inilah Alasan Mengapa Brand/ Bisnis Anda Harus Menjual Produk Melalui MarketplaceBerikut adalah contoh dari grafik penelitian terhadap situs e-commerce raksasa Amazon. Amazon sendiri diproyeksikan dapat menguasai hampir 50% saham Amerika Serikat pada tahun 2021 ini. Jadi, ketika warga Amerika memutuskan untuk berbelanja secara online, sudah sangat besar kemungkinannya mereka akan berbelanja melalui marketplace seperti Amazon, eBay, dan sebagainya. Hal ini pun juga mulai berlaku di negara-negara yang industri e-commerce-nya sedang berkembang pesat, salah satunya yaitu Indonesia.

Popularitas yang besar dari marketplace terbesar di Amerika diatas dapat Anda jadikan sebagai salah satu pertimbangan. Hal tersebut dapat memberikan Anda aksesibilitas untuk menjangkau target audiens yang lebih besar dari calon konsumen produk tanpa perlu menghabiskan jumlah besar dalam strategi pemasaran bisnis Anda. Hal ini juga berlaku dan menjadi salah satu kesempatan baik untuk Anda yang memiliki usaha dalam skala kecil untuk memasarkan produk dan brand dengan investasi dan biaya yang tidak terlalu besar.

Ecommerce marketplace - Inilah Alasan Mengapa Brand/ Bisnis Anda Harus Menjual Produk Melalui Marketplace
Mendapatkan Akses Instan Kepada Jutaan Calon Konsumen

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, setiap kali Anda mulai menjual produk pada marketplace, Anda secara otomatis akan memiliki akses ke semua calon pelanggan di dalamnya – tanpa harus mengeluarkan uang dengan jumlah besar untuk pemasaran. Masing-masing marketplace memiliki strateginya tersendiri untuk mendatangkan jutaan calon customer untuk masuk kedalam platformnya, dan Anda sebagai pemilik bisnis bisa mengaksesnya dengan gratis dengan mendaftar sebagai penjual di dalam marketplace tersebut.

Mendapatkan Manfaat dari Jangkauan Marketplace

Mungkin saat ini brand atau bisnis Anda belum diketahui secara luas oleh target audiens. Tetapi, dengan menggunakan marketplace Anda tidak perlu mengkhawatirkan hal ini lagi. Jangkauannya yang luas memudahkan bisnis dan brand Anda untuk lebih mudah dan cepat dikenali oleh calon pelanggan yang berminat pada produk dan jasa yang Anda tawarkan di dalamnya. Anda juga tidak perlu khawatir tentang cara yang tepat dalam meyakinkan calon pelanggan akan produk Anda, marketplace memiliki berbagai cara untuk dapat membantu Anda dalam hal tersebut.

Mendapatkan Tingkat Kepercayaan dari Pelanggan Secara Langsung

Dengan menjual produk Anda lewat marketplace, Anda tentunya akan mendapatkan manfaat dimana seluruh pemasaran dan pengembangan brand Anda akan menjadi lebih baik dari waktu ke waktu. Kepercayaan pelanggan terhadap marketplace dari berbagai aspek seperti, keamanan transaksi, keamanan data, keaslian barang, otentikasi perusahaan/ penjual, dan lainnya, hal ini akan secara otomatis bisnis Anda peroleh juga dari pelanggan yang ada di dalam marketplace tersebut.

Mudah untuk Memulai & Mengelolanya

Marketplace secara efisien dapat membantu Anda dalam merancang desain, hosting, pemrosesan pesanan, transaksi finansial, dan bahkan proses pemenuhan (fulfillment) yang tentunya membantu Anda dalam menyimpan lebih banyak waktu dan tenaga untuk mengembangkan bisnis Anda kedepannya.

Internasionalisasi Sudah Dikembangkan di Dalamnya

Sebagian besar marketplace sudah beroperasi secara internasional. Jadi, ketika Anda mulai menggunakan marketplace sebagai salah satu tempat menjual produk, secara otomatis bisnis Anda akan terbuka bagi konsumen global dan mungkin bisa Anda kembangkan hingga sekala internasional namun dengan usaha yang minimal.

Ecommerce enabler - Inilah Alasan Mengapa Brand/ Bisnis Anda Harus Menjual Produk Melalui Marketplace
Mendapatkan Target Audiens yang Lebih Luas

Berkat prevalensi dari marketplace, Anda dapat menemukan banyak jenis pelanggan yang menjelajah di dalamnya. Jadi Anda bisa berkesempatan untuk meraih konsumen diluar dari niche target audiens Anda pada umumnya dan menjual produk Anda kepada orang-orang yang mungkin tidak pernah mengenal brand Anda namun kemudian tertarik.

Dapat Menjadi Saluran Pemasaran Tambahan/ Alternatif Bagi Bisnis Anda

Ketika Anda sudah memiliki branding yang kuat atau Anda ingin lebih dikenal oleh banyak orang, marketplace dapat menjadi tempat yang tepat untuk membuat pengguna online tertarik dengan produk dan brand yang  Anda miliki. Sebagai contoh dikala pandemi covid-19 yang kita alami seperti sekarang ini. Mungkin pelanggan sudah mengenal brand Anda secara offline, namun mereka tidak bisa pergi keluar dan membeli produk Anda dikarenakan pandemi. Dengan memasuki marketplace Anda telah membuat brand tetap mudah dijangkau oleh pelanggan meski dikala pandemi sekalipun.

Dapat Menjadi Sarana Percobaan Anda

Apakah Anda ingin tahu persis tentang apa yang setiap orang ingin mau belanjakan dalam kategori produk tertentu? Atau apakah Anda memiliki kelebihan produk dan ingin memperkenalkan produk baru kepada calon pelanggan? Anda dapat menggunakan marketplace dengan segala manfaat positifnya untuk melakukan hal tersebut. Segala aktifitas promosi dan transaksi  pelanggan Anda akan terekam secara otomatis oleh sistem marketplace dan ini akan memudahkan Anda dalam melihat efektivitas strategi bisnis yang Anda coba.

Anda Tidak Membutuhkan Website Terpisah untuk Menjual Produk Anda

Dengan menjual produk melalui marketplace, Anda dapat masuk ke dalam dunia e-commerce tanpa harus melakukan investasi awal ke dalam pengaturan, desain, dan pemasaran dengan menggunakan website Anda sendiri. Selain membutuhkan biaya yang cukup besar, membangun website untuk toko online Anda sendiri juga membutuhkan tenaga, ketelitian dan juga waktu yang jauh lebih banyak pula dibandingkan dengan menggunakan fasilitas marketplace.

Sekian beberapa alasan yang dapat membantu Anda untuk mempertimbangkan penggunaan marketplace sebagai salah satu tempat Anda mengembangkan bisnis di tahun 2021 ini.

Apabila Anda sudah menentukan bahwa Anda ingin memanfaatkan marketplace untuk bisnis Anda, namun masih bingung bagaimana cara memulai dan mengembangkannya? Atau bahkan Anda/ Brand Anda sudah terjun langsung di marketplace namun merasa kewalahan dengan banyaknya perihal detail yang harus diperhatikan seperti, banyaknya toko yang harus dikelola di marketplace yang berbeda, mengatur listingan produk dan proses stocking, membuat konten promosi, penentuan strategi bisnis dan lain sebagainya?

Jika Anda merasa bisnis atau perusahaan Anda kewalahan dalam berbagai hal tersebut dan membutuhkan tenaga ahli untuk membantu bisnis Anda, maka ini adalah saatnya untuk mempertimbangkan jasa dari perusahaan e-commerce enabler seperti Jet Commerce.

Inilah Alasan Mengapa Brand/ Bisnis Anda Harus Menjual Produk Melalui Marketplace - Jet Commerce Enabler

Jet Commerce merupakan salah satu penyedia e-commerce solution Indonesia yang bergerak pada sektor B2B dan B2C di Jakarta, Indonesia. Sebagai perusahaan e-commerce enabler terpercaya se-Asia Tenggara, kami menawarkan solusi komprehensif & terintegrasi untuk mendukung pemasaran Brand di ranah e-commerce.

Layanan e-commerce kami meliputi official store management, digital marketing, design & creative, customer relationship management, hingga pemenuhan order oleh fulfillment center.
Jet Commerce Fulfillment Center berlokasi di kota Tangerang. Bekerjasama dengan 8 partner logistik terpercaya, Fulfillment Center kami mampu memproses lebih dari 4000 pesanan (online order) dalam sehari, baik pengiriman instan maupun non-instan.

Layanan kami merupakan solusi lengkap bagi Brand, maupun pemilik bisnis yang ingin mengembangkan usahanya di pasar online, khususnya di marketplace-marketplace besar seperti Tokopedia, Shopee, Lazada, BukaLapak, JD.ID, Blibli, dan lain sebagainya.

 

Reference: GambProject

 

Share It With Your Friends

Do You Have Any Question?

+62 21 808 23118

CONNECT WITH US

Do You Have Any Question?

+62 21 808 23118

CONNECT WITH US