Gandeng Jet Commerce, MINISO Berhasil Perkuat Bisnis di e-Commerce Selama Pandemi
Azela M. Yunarko
13 July 2020
Jakarta, 1 Juli 2020 – Meningkatnya tren belanja online di Indonesia selama masa pandemi telah mendorong MINISO untuk melakukan optimasi bisnisnya melalui kerja sama dengan Jet Commerce, perusahaan e-commerce enabler penyedia solusi e-commerce terpadu. Sebagai e-commerce enabler yang sudah berpengalaman, Jet Commerce dipercaya oleh MINISO dalam memenuhi peningkatan jumlah pesanan pada gerai daring milik MINISO. Kerja sama yang dijalin sejak bulan April lalu, turut menjawab tantangan dalam mengelola bisnis di e-commerce selama pandemi.
Yingying Wu, E-commerce Marketing Manager MINISO, menjelaskan “Dalam menghadapi berbagai tantangan dan ketidakpastian selama pandemi ini, kita wajib beradaptasi dengan segala perubahan yang terjadi. Kerja sama ini merupakan upaya MINISO dalam beradaptasi untuk dapat memahami perubahan kebiasaan dan kebutuhan para pelanggan di masa sulit ini. Bersama Jet Commerce, kami ingin memastikan setiap kebutuhan pelanggan dapat terpenuhi dengan mudah, serta pengiriman produk dalam keadaan aman dan tepat waktu.”
Seperti yang diketahui, meski memberikan berbagai dampak negatif yang berkepanjangan di berbagai sektor, pandemi Covid-19 juga telah memicu terjadinya perubahan kebiasaan berbelanja masyarakat. Seperti yang dilansir dari laporan Badan Pusat Statistik bertajuk “Tinjauan Big Data Terhadap Dampak Covid-19 2020”, yang menemukan bahwa terjadi peningkatan penjualan online sebesar 320% pada bulan Maret dan 480% pada bulan April dibandingkan dengan bulan Januari.
Sejak 2016, MINISO telah berdiri di Indonesia dengan memiliki lebih dari 171 gerai luring yang tersebar di berbagai kota di Indonesia, dan kini MINISO telah memperluas jangkauannya dengan membuka gerai daring di berbagai platform e-commerce seperti Shopee, Tokopedia, Lazada, Blibli, JD.ID, dan HappyFresh. “Dengan semakin bertambahnya akses bagi pelanggan dalam mendapatkan produk – produk MINISO, upaya kami dalam menjaga kepercayaan dan pengalaman berbelanja konsumen di semua gerai juga harus ditingkatkan, termasuk pada gerai daring yang kami miliki,” tambah Wu.
Untuk itu, MINISO memanfaatkan layanan Order Fulfillment atau pengelolaan pesanan milik Jet Commerce untuk membantu mengatur setiap proses pesanan yang terjadi dari mulai pengelolaan pesanan, pengemasan pesanan, pengelolaan pengiriman melalui mitra logistik Jet Commerce, hingga proses pengembalian jika ada pesanan yang bermasalah.
Dalam kerja samanya dengan Jet Commerce, MINISO juga menggunakan layanan Inventory Management atau pengelolaan inventaris untuk membantu proses pengelolaan Stock Keeping Unit (SKU) produk – produknya. Mulai dari mengoptimalkan strategi penjualan MINISO di berbagai platform e-commerce, hingga menganalisa data inventaris dan penjualan produk MINISO dengan menggunakan Warehouse & Order Management System yang terintegrasi dengan berbagai platform e-commerce, sehingga turut memudahkan proses pemantauan dan pelacakan setiap produk yang dipesan.
CEO Jet Commerce Indonesia, Webber Chen, dalam menyambut kerja sama ini menjelaskan “Kepercayaan pelanggan bagi bisnis consumer goods seperti MINISO merupakan hal vital namun melibatkan upaya yang kompleks, untuk itu melalui kerja sama ini kami akan mendukung pertumbuhan bisnis MINISO dengan memastikan kebutuhan pelanggan akan produk – produk MINISO terpenuhi dalam keadaan aman, dan dengan pengalaman berbelanja yang baik.”
Selain berpengaruh terhadap pengalaman berbelanja pelanggan, strategi pengelolaan pesanan yang baik dari hulu hingga hilir dan pengelolaan inventaris dapat berpengaruh terhadap performa bisnis. “Pengelolaan inventaris dan pesanan merupakan hal krusial bagi bisnis di e-commerce. Selain dapat bermanfaat dalam efisiensi biaya dan peningkatan cash flow perusahaan, dengan pengelolaan inventaris yang baik, perusahaan dapat menghindari kerugian yang disebabkan oleh stok produk yang kedaluwarsa, rusak, ataupun sudah tidak relevan dengan permintaan pasar,” tambah Webber.
Sejak dimulainya kerja sama ini pada awal April lalu, MINISO telah mencatat kenaikan jumlah pesanan sebanyak 1,3 kali lipat dibandingkan dengan sebelum masa pandemi. Beberapa produk penunjang aktivitas di rumah milik MINISO tercatat menjadi kategori dengan jumlah pesanan terbanyak selama masa pandemi antara lain, kategori Fashion dengan produk tas dan parfum yang terjual sebanyak 30% dari total penjualan, disusul oleh kategori produk Home Living, seperti produk Yoga Mat untuk berolahraga di rumah yang kerap dilakukan selama masa pandemi, dan storage box, yang terjual sebanyak 25%, dan kategori produk Electronics seperti headphones yang banyak diminati untuk kebutuhan online conference atau hiburan, yang terjual sebanyak 10% dari total keseluruhan penjualan MINISO selama masa pandemi.
Dalam kerja sama ini, Jet Commerce membantu MINISO dalam melakukan pengelolaan inventaris terhadap lebih dari 1.800 SKU di berbagai platform e-commerce, yang terdiri dari lima kategori produk, yakni Fashion: tas, dompet, sandal, kaus kaki, topi; Home Living: storage box, alat olahraga, peralatan dapur; Beauty: kosmetik, parfum, alat makeup, perawatan kulit; Electronics: earphones, headphones, aksesoris komputer, kipas angin mini; Pillow & Plush Toys: bantal dan mainan anak.
###
Tentang Miniso
MINISO merupakan fast fashion retail pertama di Indonesia yang menyediakan produk berkualitas tinggi dan memiliki desain unik dengan harga terjangkau. Saat ini, merek ritel ternama dari Jepang yang merupakan hasil dari kolaborasi antara chief designer asal Jepang, Miyake Junya, dan entrepreneur dari Tiongkok, Ye Guofu, telah memiliki lebih dari ribuan gerai yang tersebar luas di seluruh dunia. MINISO telah berdiri di Indonesia sejak akhir 2016, hingga kini telah memiliki lebih dari 171 gerai yang akan terus berkembang dan tersebar di seluruh Indonesia.
MINISO memiliki misi untuk tidak hanya menjadi sebuah merek, tapi juga menjadi gaya hidup masyarakat. MINISO berkomitmen selalu menghadirkan produk-produk baru setiap minggunya. MINISO hadir dengan beragam pilihan produk, mulai dari produk digital, perlengkapan sehari – hari, aksesoris, stationery, perlengkapan olahraga hingga kecantikan. MINISO mengembangkan produk – produk yang berdasarkan konsep konsumsi masa depan, yakni mengembalikan esensi produk, sederhana dan kembali ke alam.
Nantikan update promo dan koleksi MINISO terbaru lainnya di akun resmi Instagram Miniso Indonesia @minisoindo atau facebook @MinisoIndonesia dan twitter @minisoindonesia.
Tentang Jet Commerce
Jet Commerce mengawali kiprahnya sebagai penyedia solusi e-commerce untuk sektor B2B di Indonesia pada 2017. Perusahaan kemudian mulai menyelami industri e-commerce lebih dalam dan melebarkan sayap usahanya sebagai salah satu penyedia solusi e-commerce terpadu dan terkemuka di Asia Tenggara. Jet Commerce membantu brand mengembangkan bisnis e-commerce mereka melalui solusi end-to-end yang mengutamakan pengalaman konsumen.
Informasi tambahan:
Azela M. Yunarko
+62 821 3623 7643
azela.yunarko@jetcommerce.co.id