


Pentingnya e-Commerce Marketplace Management yang Tersentralisasi untuk Brand/ Pebisnis Online

Marketing

14 June 2022
Dengan ratusan terabyte data yang tersebar dimana saja di internet, tidak sulit untuk membayangkan mengapa perusahaan atau pebisnis mengalami kesulitan untuk mengubah data tersebut menjadi informasi bermanfaat untuk iklan dan materi promosional di e-commerce.
Sekitar 35% perusahaan atau bisnis besar saat ini sudah menjadi penjual ataupun pembeli data melalui online marketpalce data formal, dibandingkan tahun 2020 dengan jumlah sebesar 25%, menurut Gartner.
Berbagai perusahaan atau bisnis saat ini sudah siap untuk menginvestasikan banyak uang untuk mendapatkan akses ke data yang relevan dan terkonsolidasi dari sumber terverifikasi, dengan harapan pengembalian hasil yang jauh lebih besar nantinya.
Saat ini, brand atau perusahaan apa pun yang memiliki segudang data dan mampu mengubahnya menjadi strategi lah yang akan menjadi terdepan. Dalam artikel berikut ini, kami akan membantu Anda untuk mempelajari tentang apa yang dimaksud dengan marketplace management terpusat, mengapa hal ini menjadi topik hangat untuk bisnis berbasis e-commerce saat ini, dan apa yang dapat Anda lakukan untuk mendapatkan keunggulan kompetitif dengan kondisi pasar saat ini.
Apa yang Dimaksud dengan End-to-End e-Commerce Management?
Secara garis besar, end-to-end marketplace management merupakan sebuah platform yang dibuat untuk khusus untuk tim penjualan dalam mengatur digital/ online commerce yang mengkombinasikan ritel, analitik rak digital, rantai pasokan, serta data dari beberapa media, berikut dengan rekomendasi dan juga reaksi yang terotomatisasi.
Sebagai sebuah brand yang beroperasi di e-commerce, mendapatkan data-data murni dari target audiens anda adalah sebuah keuntungan yang tak ada bandingnya. Meskipun saat ini sangatlah mudah untuk online dan membeli banyak data, memastikan kesuksesan data tersebut untuk bisnis Anda adalah hal yang rumit. Saat sebuah perusahaan atau organisasi berakhir dengan data abstrak, seringnya data itu tidak dapat diolah menjadi sebuah rencana, apalagi harus sembari menghadapi gejolak pasar yang hampir mustahil untuk diikuti.
Itulah mengapa Anda perlu menggunakan end-to-end e-commerce management yang tepat untuk meraih hal tersebut. Ketika kebanyakan dari bisnis berbasis e-commerce hanya mengandalkan pendekatan berbasis omnichannel, hal tersebut sebenarnya belum cukup memberikan kebutuhan data dari bisnis atau perusahaan Anda. Kunci untuk menemukan solusi yang tepat adalah memahami pengelolaan data dan alat analisis yang memang bisnis Anda butuhkan.
Dengan adanya artificial intelligence saat ini, manajemen yang Anda lakukan tidaklah harus bersifat manual. Software dengan AI di dalamnya dapat membantu Anda dengan memberikan kapasitas besar untuk menampung jutaan hingga milyaran data yang Anda perlukan. Hal ini membantu Anda mendeteksi tren baru yang mungkin Anda lewatkan hingga menawarkan Anda solusi untuk merealisasikan fitur dan manfaat terbaik dari penjualan online Anda di marketplace.

Mengatasi Masalah dari Sistem e-Commerce
Menjalankan bisnis e-commerce memang tidaklah mudah, namun berikut merupakan tiga tantangan yang paling umum yang sering ditemui oleh brand:
- Menggabungkan data, dengan tidak hanya mengumpulkan informasi dari berbagai sumber tetapi juga menganalisisnya untuk dapat melihat tren dan memodifikasi rencana bisnis kedepannya
- Cakupan variabel pada seluruh tim dapat membuat Anda sangat sulit dalam mengidentifikasi, memprioritaskan, dan memperbaiki masalah sedini mungkin
- Perubahan yang sering terjadi dalam otomatisasi ritel, terutama ketika Anda menggunakan sistem omnichannel, menghilangkan peluang pertumbuhan dan dapat menyebabkan Anda kehilangan banyak waktu dan uang jika tidak diaplikasikan dengan baik
Namun, dengan sistem marketplace management yang tersentralisasi, Anda dapat mengatasinya dengan:
- Membuat hub pusat untuk mencari, mengatur, dan mengelola jumlah data yang tampaknya tak terbatas
- Memberi tim akses ke data berharga dalam format sederhana, sekaligus memungkinkan prioritas tugas dan keputusan bisnis yang lebih baik
- Mengandalkan analitik data mendalam dibandingkan dengan membuat perubahan aturan yang terburu-buru pada e-commerce platform yang Anda gunakan, menghasilkan proses perolehan pendapatan yang lebih teroptimalkan
Pada marketplace besar seperti Shopee, Lazada, Tokopedia atau lainnya, reputasi Anda sebagai penjual yang terverifikasi sangatlah penting. Pengalaman buruk pelanggan, perilisan produk yang kurang baik, atau musim dimana produk Anda jarang terbeli dapat mengakibatkan dampak buruk dalam waktu lama bagi bisnis Anda.
Karena itulah platform marketplace management yang tersentralisasi merupakan salah satu cara untuk mengatasi atau bahkan mencegah hal buruk terjadi dan memberikan dampak buruk bagi bisnis Anda.
Mengenal Lebih dalam Tentang Pendekatan Omnichannel Kedepannya
Dalam hal profitabilitas, platform marketplace management yang tersentralisasi dapat menguntungkan brand Anda dengan menghemat ratusan jam kerja jika tidak dihabiskan untuk tenaga kerja manual, berkat fitur seperti Pelaporan dan Diagnostik Penjualan.
Bisnis berbasis e-commerce senantiasa bekerja dalam penetrasi pasar yang cepat. Jadi, dengan setiap pembaruan, platform ini akan memiliki sistem bawaan yang mengawasi semua operasi online dalam seluruh platform dari bisnis ritel Anda.
Memiliki sudut pandangan 360 derajat penuh dari bisnis Anda setiap saat adalah kebutuhan pokok. Tanpa dapat melacak setiap perubahan dalam rantai pasokan, perilaku pembeli, dan penjualan di setiap platform tempat Anda menjual produk, Anda bisa kehilangan potensi keuntungan yang besar.
Untuk manajer penjualan, platform marketplace management yang tersentralisasi dapat memungkinkan Anda untuk dengan cepat mengidentifikasi pendorong penurunan penjualan pada tingkat produk dengan menunjukkan informasi terperinci tentang masalah tersebut, dan juga memberikan rekomendasi untuk memecahkan masalah.
Masalah lain yang dapat dipecahkan adalah ketika nomor rantai penjualan dan pasokan tidak mengikat dengan sempurna, sehingga diskusi menjadi tentang sumber data dan rekonsiliasi angka menjadi penting.
Dalam hal ini, data atau sumber yang tepat sangat berperan bagi setiap anggota tim lintas fungsi sehingga informasi terpusat dari berbagai sumber lintas-ritel dalam satu antarmuka dengan mudah dapat digunakan. Hal ini juga lengkap dengan rekomendasi yang dapat ditindaklanjuti dengan mudah sehingga dapat memecahkan masalah tersebut.
Semua manajer akun dari bisnis berbasis e-commerce memahami bahwa kualitas konten dalam deskripsi dan gambar produk adalah pendorong signifikan dari kinerja penjualan. Itulah sebabnya alat marketplace management yang tersentralisasi memberikan penilaian konten yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi area peluang untuk mendorong penjualan produk. Hal ini sangat penting untuk meningkatkan kesehatan dari daftar produk yang Anda miliki.
Contohnya seperti fitur utama notifikasi yang dapat memberitahu Anda tentang produk yang dapat dipromosikan dan produk yang mungkin kurang berfungsi dengan baik jika dipromosikan karena peringkat bintang yang rendah.
Ketika Anda sudah mengenal apa saja alasan Anda untuk mensentralisasikan marketplace management untuk bisnis Anda, sudahkah Anda melengkapi nya dengan sistem yang berkualitas?
Jika membutuhkan bantuan dalam hal ini, Jet Commerce hadir untuk memberikan Anda solusi e-commerce enabler berkualitas di Indonesia. Jet Commerce merupakan salah satu penyedia e-commerce solution Indonesia yang bergerak pada sektor B2B dan B2C di Jakarta. Sebagai perusahaan e-commerce enabler terpercaya se-Asia Tenggara, Jet Commerce menawarkan solusi terdepan yang dapat mendukung performa bisnis Anda di e-commerce dengan sistem UPFOS.
Menjual produk secara online melalui website e-commerce Anda sendiri tidak pernah mudah, cepat, atau terukur dengan pasti. Maka dari itu, UPFOS sebagai salah satu sistem omni-channel berkualitas di Indonesia dapat menjadi salah satu platform yang memungkinkan Anda untuk menjual produk di mana pun pelanggan Anda berada, baik secara online, tatap muka, maupun keduanya dengan satu sistem yang sama dan terpusat.
UPFOS merupakan solusi omni-channel terintegrasi di Indonesia berupa aplikasi manajemen marketplace, yang dapat membantu Anda dalam berbagai proses bisnis seperti: mengelola multi saluran penjualan, pengaturan persediaan stok & inventaris, multi promosi, CRM, laporan bisnis & banyak fungsi lainnya. Memberikan Anda pengalaman manajemen e-commerce yang mudah, serta lengkap dalam satu dashboard yang sama. Berbisnis di banyak marketplace seperti Tokopedia, Shopee, Lazada, BukaLapak, JD.ID, Blibli, dan lainnya bukanlah lagi sebuah masalah dengan sistem UPFOS. Dapatkan layanan omni-channel berkualitas hanya dari UPFOS untuk bisnis Anda di sini.
Reference: Deliverr