Updates > , , > Kenali Berbagai Taktik & Strategi e-Commerce Marketing di Tahun 2022

Kenali Berbagai Taktik & Strategi e-Commerce Marketing di Tahun 2022

Marketing

12 April 2022

Selalu ada penjualan yang lebih banyak. Itulah mantra dari setiap toko e-commerce yang sukses. Tetapi untuk mendapatkan lebih banyak penjualan, Anda perlu melakukan lebih banyak pemasaran.

Jika Anda kekurangan ide, atau membutuhkan sedikit inspirasi, kami dapat memberikannya untuk Anda melalui artikel ini.

Apa yang Sebenarnya Dimaksud dengan e-Commerce Marketing?

E-commerce marketing merupakan berbagai aktivitas yang dilakukan untuk mempromosikan toko online Anda. Program e-commerce marketing terbaik biasanya mencakup taktik pemasaran online dan offline, dan memperhitungkan semua tahap, mulai dari kesadaran pembeli hingga pertimbangan dan transaksi pembelian, lalu diakhiri dengan meretensi pembelian.

Lalukan Up & Cross Selling dengan Rekomendasi Produk

Ketika pelanggan sudah siap untuk membeli, saat itu adalah waktu yang tepat untuk menyarankan mereka:

  1. menaikkan level produk yang mereka sedang inginkan dan pertimbangkan, atau
  2. membeli produk terkait lainnya sehingga mereka benar-benar memaksimalkan pembelanjaan mereka.

Di sinilah up selling dan cross selling akan sangat bermanfaat.

Up selling adalah pilihan yang tepat untuk brand yang memiliki versi produk lebih besar atau lebih mahal, seperti komputer atau bahkan make up. Sedangkan cross selling dapat bekerja untuk brand apa pun. Tinjau inventaris produk dan data pembelian pelanggan Anda untuk melihat produk mana saja yang paling sering dibeli bersamaan.

Kenali Berbagai Taktik & Strategi e-Commerce Marketing di Tahun 2022
Jadikan Keinginan Pembeli Terwujud dengan Wish List

Kumpulan produk – produk yang diinginkan juga dapat menjadi salah satu fitur yang berguna dalam menyimpan daftar keinginan pelanggan akan produk Anda. Tambahkan fungsionalitas daftar keinginan (wish list) ke dalam website atau toko online Anda sehingga pelanggan dapat menambahkan produk yang mereka minati, meskipun mereka belum siap untuk membeli.

Kemudian, dorong mereka dengan email yang mengingatkan mereka tentang produk dalam daftar keinginan mereka, beri tahu mereka saat persediaan hampir habis atau sudah tersedia kembali, atau saat produk tersebut baru dirilis dan mulai dijual.

Anda juga dapat menambahkan daftar keinginan Anda yang dapat dibagikan. Salah satu contoh yaitu dari Amazon, salah satu e-commerce terbesar di Amerika dengan daftar keinginan kolaboratif mereka.

Dengan daftar yang dapat dibagikan, pelanggan Anda dapat membagikan daftar keinginan mereka ke media sosial, mendorong brand awareness dan minat akan produk Anda. Dan yang terbaik dari semuanya, Anda akan mendapatkan pengunjung baru saat teman dan keluarga mereka melihat wish list tersebut dan berpotensi untuk membeli barang bagi diri mereka.

Gunakan SEO Untuk Setiap Halaman Produk

SEO adalah bagian penting dari pemasaran digital untuk setiap toko online, dan semuanya dimulai dari halaman produk Anda.

Pastikan setiap halaman produk Anda mencakup:

  • Tag judul unik dan deskripsi meta menarik yang memiliki kata kunci dan membuat pelanggan ingin mengklik hasil pencarian Anda
  • Beberapa gambar produk, yang masing-masing menyertakan teks alternatif dengan kata kunci target Anda
  • Deskripsi produk yang kaya akan kata kunci dan kreatif
  • URL dengan kata kunci yang kaya
  • Skema produk untuk meningkatkan visibilitas Anda pada penelusuran Google dengan informasi harga, ketersediaan, dan peringkat.

Pastikan informasi produk Anda diunggulkan pada hasil pencarian Google. Terakhir, website atau toko online Anda harus mengikuti struktur ramah SEO yang memudahkan mesin telusur untuk melakukan crawling dan mengindeks halaman produk Anda.

Kenali Berbagai Taktik & Strategi e-Commerce Marketing di Tahun 2022
Hilangkan Keraguan Pelanggan dengan Menampilkan Ulasan

Hal lain yang dapat Anda letakkan di halaman produk tersebut Anda adalah ulasan pelanggan. Hal ini dapat bekerja sangat baik untuk tingkat konversi Anda. Lihat statistik berikut:

  • Menambahkan ulasan meningkatkan tingkat konversi untuk produk dengan harga lebih tinggi hampir 400%
  • Ulasan meningkatkan penjualan sebesar 18%
  • 71% pelanggan mengatakan bahwa mereka merasa lebih nyaman membeli produk tertentu saat memiliki ulasan

95% pembeli membaca ulasan sebelum membeli. Jika Anda tidak memilikinya dalam toko online Anda, mereka akan pergi mencarinya di tempat lain (dan dalam prosesnya, mungkin berbelanja di tempat lain juga).

Maksimalkan ulasan Anda dengan menggunakan software umpan balik, lalu tambahkan ke halaman produk Anda. Konten gratis yang dibuat untuk pengguna ini juga dapat meningkatkan SEO Anda, dengan menambahkan teks dengan kata kunci yang unik ke halaman produk Anda. Plus, Anda selalu dapat mengubah tujuan ulasan untuk upaya pemasaran Anda yang lain, seperti memasukkannya ke dalam email dan unggahan media sosial.

Tingkatkan Konversi dengan Diskon yang Tidak Dapat Dilewatkan

Rencana pemasaran berbasis e-commerce dari toko online Anda kemungkinan sudah menyertakan kalender penjualan tahunan dengan promosi yang Anda rencanakan untuk dijalankan. Namun, pernahkah Anda memikirkan cara lain yang kurang diharapkan untuk memasukkan kupon sebagai bagian dari strategi Anda? Pelanggan menyukai diskon yang besar tentunya.

Bagaimana dengan flash sale hanya untuk pelanggan email Anda? Umumkan kepada pengikut media sosial Anda sehari sebelumnya sehingga mereka dapat mendaftar. Mengapa tidak memberikan kode promo unik untuk setiap influencer dari brand Anda? Setelah itu, Anda dapat melihat siapa yang mendorong lebih banyak penjualan dan membuat keputusan anggaran yang lebih baik.

Perlu membongkar beberapa kelebihan persediaan? Lakukan penawaran Beli Satu Gratis Satu [BOGOF] hanya untuk lini produk tertentu. Pastikan untuk mengirim email kepada pelanggan yang telah membeli barang serupa di masa lalu.

Kenali Berbagai Taktik & Strategi e-Commerce Marketing di Tahun 2022
Berikan Apresiasi pada Pelanggan Loyal

Pelanggan yang loyal adalah pelanggan yang menguntungkan. Jumlah anggota program loyalitas dapat membelanjakan anggota non-program hingga 18%. Jika Anda belum memiliki program loyalitas, sekarang adalah saat yang tepat untuk membuatnya.

Program loyalitas pelanggan saat ini senantiasa bervariasi. Anda dapat memberi apresiasi kepada pelanggan dengan poin yang dapat mereka tukarkan dengan diskon atau hadiah gratis.

Jika Anda tidak memiliki software  untuk sistem berbasis poin, Anda dapat menawarkan pengiriman gratis kepada pelanggan, diskon di hari ulang tahun, atau hadiah eksklusif lainnya. Atau, Anda juga dapat mencoba membuat email berlangganan dengan menawarkan hadiah eksklusif khusus anggota.

Sekian beberapa tips & trik yang dapat kami bagikan. Jika Anda masih membutuhkan bantuan dalam berbagai hal diatas seperti, Jet Commerce hadir untuk memberikan Anda solusi e-commerce enabler berkualitas. Jet Commerce merupakan salah satu penyedia e-commerce solution Indonesia yang bergerak pada sektor B2B dan B2C di Jakarta. Sebagai perusahaan e-commerce enabler terpercaya se-Asia Tenggara, Jet Commerce juga menawarkan solusi terdepan yang dapat mendukung performa bisnis Anda di e-commerce dengan sistem UPFOS.

Membangun bisnis tidaklah selalu mudah, apalagi jika harus melibatkan banyak sekali channel dan sarana yang ada. Oleh karena itu, UPFOS sebagai salah satu sistem omni-channel berkualitas di Indonesia dapat menjadi salah satu solusi untuk mengintegrasikan bisnis Anda, agar Anda dapat leluasa menjual produk di mana pun pelanggan Anda berada, baik secara online, tatap muka, maupun keduanya.

UPFOS merupakan aplikasi manajemen marketplace yang dapat membantu Anda dalam berbagai proses bisnis seperti; mengelola multi saluran penjualan, pengaturan persediaan stok & inventaris, multi promosi, CRM, laporan bisnis & banyak fungsi lainnya. Memberikan Anda pengalaman manajemen e-commerce yang mudah, serta lengkap dalam satu dashboard yang sama. Berbisnis di banyak marketplace seperti Tokopedia, Shopee, Lazada, BukaLapak, JD.ID, Blibli, dan lainnya bukanlah lagi sebuah masalah dengan sistem UPFOS. Dapatkan layanan omni-channel berkualitas hanya dari UPFOS untuk bisnis Anda di sini.

 

Reference: eDesk

Share It With Your Friends

Do You Have Any Question?

+62 21 808 23118

CONNECT WITH US

Do You Have Any Question?

+62 21 808 23118

CONNECT WITH US