Updates > , > Cara Kerja Fulfillment Center dan Perbedaanya dengan Warehouse Biasa?

Cara Kerja Fulfillment Center dan Perbedaanya dengan Warehouse Biasa?

Marcomm

25 July 2023

Dalam dunia e-commerce yang terus berkembang, order fulfillment yang efisien menjadi sangat penting bagi bisnis yang ingin memberikan pengalaman belanja yang mulus bagi pelanggan. Pusat pemenuhan pesanan (fulfillment center) berperan penting dalam proses ini, memastikan produk disimpan, dipilih, dikemas, dan dikirim dengan akurasi dan kecepatan tertinggi. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi cara kerja fulfillment center, dan membedakannya dari gudang tradisional, dan mengeksplorasi konsep pemenuhan dalam lingkungan gudang.

Apa yang Dilakukan oleh Fulfillment Center?

Fulfillment center adalah fasilitas khusus yang dirancang untuk mengelola pemrosesan pesanan dan pemenuhan produk bagi bisnis e-commerce. Pusat ini menjadi tulang punggung rantai pasokan, mengurus tugas-tugas penting seperti pengelolaan inventaris, pemrosesan pesanan, hingga ke pengiriman. Berikut ini adalah cara kerja order fulfillment center:

 

  • Manajemen Inventaris:
    Pusat pemenuhan pesanan menerima produk dari berbagai bisnis dan menyimpannya secara terorganisir. Mereka menjaga sistem pelacakan inventaris secara real-time, memastikan tingkat stok yang akurat setiap saat.
  • Pemrosesan Pesanan:
    Ketika pelanggan melakukan pesanan di situs web e-commerce/ marketplace, rincian pesanan secara terintegrasi langsung dikirimkan ke pusat pemenuhan pesanan. Tim pusat kemudian mengambil barang dari lokasi mereka di gudang.
  • Pengemasan dan Pengiriman:
    Setelah barang diambil, mereka menjalani pengemasan yang hati-hati untuk memastikan barang/ produk sampai ke tangan pelanggan dalam kondisi sempurna. Pusat pemenuhan bekerja sama dengan penyedia jasa pengiriman untuk menangani pengiriman akhir ke pelanggan.
  • Penanganan Pengembalian:
    Pusat pemenuhan pesanan juga mengelola pengembalian produk dan pertukaran, memberikan pengalaman yang mudah bagi pelanggan dan manajemen inventaris yang efisien bagi bisnis.

Fulfillment Center vs Warehouse

Perbedaan antara Pusat Pemenuhan Pesanan (Fulfillment Center) dengan gudang biasa. Meskipun pusat pemenuhan pesanan dan gudang tradisional berbagi kesamaan, keduanya memiliki perbedaan penting dalam peran dan fungsi mereka dalam rantai pasokan.

Cara Kerja Fulfillment Center dan Perbedaanya dengan Warehouse Biasa?

Pusat Pemenuhan Pesanan:
  • Fokus Utama: Pusat pemenuhan pesanan berfokus pada pemrosesan pesanan dan pemenuhan produk bagi bisnis e-commerce. Tujuan utamanya adalah untuk mengoptimalkan kecepatan dan efisiensi dalam mengirimkan pesanan pelanggan.
  • Teknologi dan Otomasi: Pusat pemenuhan pesanan sering menggunakan teknologi canggih dan otomasi untuk meningkatkan efisiensi operasional. Dengan sistem otomatis, pemilihan barang, pengemasan, dan proses pengiriman dapat dilakukan dengan lebih cepat dan akurat.
  • Pemrosesan Pesanan Individu: Pusat pemenuhan pesanan didesain untuk mengelola pemrosesan pesanan individu dengan cepat dan efisien. Hal ini memungkinkan perusahaan e-commerce untuk menghadapi lonjakan pesanan dalam waktu singkat.
Gudang Biasa:
  • Fokus pada Penyimpanan: Gudang tradisional lebih fokus pada penyimpanan barang dalam jumlah besar untuk jangka waktu yang lebih lama. Tujuannya adalah menyediakan ruang aman dan teratur untuk menyimpan stok produk.
  • Proses Manual: Gudang biasa mungkin tidak memiliki sistem atau teknologi otomatis yang kompleks untuk pemrosesan pesanan. Pekerjaan pengambilan barang dan pengemasan pesanan sering dilakukan secara manual.
  • Cocok untuk Persediaan Besar: Gudang biasa cocok untuk bisnis yang menyimpan stok produk dalam jumlah besar dan tidak membutuhkan pemrosesan dan pengiriman pesanan secara segera.

Cara Kerja Fulfillment Center dan Perbedaanya dengan Warehouse Biasa?

Apa yang Dimaksud dengan Fulfillment (Pemenuhan) dalam Gudang?

Pada gudang tradisional, pemenuhan merujuk pada proses persiapan dan pengiriman pesanan kepada pelanggan atau lokasi ritel. Meskipun gudang mungkin tidak menawarkan tingkat kecepatan dan efisiensi pemrosesan pesanan seperti pusat pemenuhan pesanan yang khusus, gudang tetap memainkan peran penting dalam rantai pasokan.

Ketika gudang digunakan untuk tujuan pemenuhan, prosesnya mencakup langkah-langkah berikut:
  • Penerimaan dan Penyimpanan: Produk diterima dari produsen atau pemasok dan disimpan di gudang sampai dibutuhkan untuk pemenuhan.
  • Pengambilan dan Pengemasan: Ketika pesanan masuk, staf gudang secara manual mengambil barang dari inventaris yang tersimpan dan mengemasnya untuk pengiriman.
  • Pengiriman: Barang yang telah dikemas kemudian diserahkan kepada penyedia jasa pengiriman untuk pengiriman akhir ke pelanggan.

Meskipun gudang tradisional mungkin tidak menawarkan tingkat kecepatan dan efisiensi pemrosesan pesanan seperti pusat pemenuhan pesanan, gudang tetap penting bagi bisnis yang menangani distribusi ritel dan pemenuhan e-commerce.

Kesimpulan

Pusat pemenuhan pesanan (fulfillment center) merupakan inti dari ekosistem e-commerce modern, memastikan pesanan diproses dan dikirim dengan akurasi dan kecepatan tertinggi. Dengan mengelola inventaris, pemrosesan pesanan, dan pengiriman dengan efisien, pusat pemenuhan pesanan memungkinkan bisnis untuk memberikan pengalaman berbelanja yang mulus bagi pelanggan.

Ingatlah, untuk memilih solusi order fulfillment yang tepat tergantung pada kebutuhan unik dan skala bisnis Anda. Baik Anda memilih pusat pemenuhan pesanan yang khusus atau menggunakan gudang tradisional untuk pemenuhan, kunci utamanya adalah menemukan keseimbangan yang tepat antara efisiensi biaya dan memenuhi ekspektasi pelanggan.

Jet Commerce Indonesia, End-to-End e-Commerce Solutions for Brands

Jet Commerce merupakan salah satu penyedia e-commerce solution Indonesia yang bergerak pada sektor B2B dan B2C di Jakarta, Indonesia. Sebagai perusahaan e-commerce enabler terpercaya se-Asia Tenggara, kami menawarkan solusi komprehensif & terintegrasi untuk mendukung pemasaran Brand di ranah e-commerce.

Layanan kami meliputi official store management, digital marketing, design & creative, customer relationship management, live streaming services dan fulfillment center.

Jet Commerce Fulfillment Center berlokasi di kota Tangerang, Banten. Bekerjasama dengan 8 partner logistik terpercaya, Fulfillment Center kami mampu memproses lebih dari 8.000 pesanan (online orders) dalam sehari, baik pengiriman instan maupun non-instan. Layanan kami merupakan solusi alternatif bagi Brand, maupun pemilik bisnis skala menengah hingga besar, yang sedang ingin mengembangkan bisnisnya di industri e-commerce.

Jika Anda membutuhkan bantuan dalam memenuhi pesanan dari pelanggan Anda di e-commerce marketplace ataupun toko online Anda sendiri, mungkin layanan dari Jet Commerce Fulfillment Center bisa menjadi solusi yang tepat untuk bisnis Anda.

Share It With Your Friends

Do You Have Any Question?

+62 21 808 23118

CONNECT WITH US

Do You Have Any Question?

+62 21 808 23118

CONNECT WITH US