Updates > , > Kenali Cara Berkompetisi dengan Pebisnis Raksasa Dunia E-Commerce

Kenali Cara Berkompetisi dengan Pebisnis Raksasa Dunia E-Commerce

Marketing

13 October 2021

Dengan keadaan yang tidak pasti dalam era pandemi saat ini, banyak pembeli dan pebisnis yang akhirnya beralih ke dunia digital. Akses yang mudah dan cepat membuat dunia digital menjadi cara berbelanja baru yang paling disukai saat ini.

Konsumen mungkin saja kembali ke toko fisik, apalagi di saat banyak negara sudah mulai kembali dalam keadaan normal. Meskipun begitu, banyak juga  konsumen yang telah beralih ke digital selama setahun terakhir ini yang tidak berniat untuk kembali ke cara lama mereka.

Masih banyak hal yang tidak pasti dalam era pandemi, namun salah satu hal yang pasti dan tidak dapat disangkal adalah bahwa kesuksesan dalam lanskap baru ini menuntut pengalaman pelanggan yang lebih mahir dalam teknologi, baik secara online maupun offline.

Namun, pergeseran ke arah teknologi digital dapat memusatkan kekuatan industri raksasa yang pangsa pasarnya sedang berkembang dan menawarkan keahlian e-commerce yang lebih besar daripada toko biasa. Untuk mengatasinya, berikut beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mencapai kesuksesan omnichannel tanpa bergantung pada perusahaan besar dan bahkan berkompetisi dengan mereka.

Kenali Sifat Utama dari Kompetitor Bisnis Besar

Jasa atau layanan dari pihak ketiga sangat ideal untuk mengelola transaksi digital dalam jangka pendek. Tetapi, hal ini memberikan risiko yang cukup besar dimana pelanggan Anda dapat beralih ke saluran lain.

Katakanlah bahwa toko dimana seorang pembeli biasa berbelanja tidak lagi tersedia dalam platform pihak ketiga yang ia gunakan. Berdasarkan tren perilaku konsumen, ada kemungkinan besar dirinya akan mengalihkan loyalitas kepada platform tersebut dan berhenti berbelanja dengan penjual atau toko langganan mereka.

Kenali Lebih Dalam Tentang Basis Pelanggan Anda

Jika penyedia layanan pihak ketiga bukan jawabannya, lalu apa?

Tidak ada satu solusi untuk semua tantangan yang akan Anda hadapi. Identitas produk dari setiap penjual merupakan hasil dari kerja keras selama bertahun-tahun, keputusan pemasaran yang kreatif, dan faktor lainnya, termasuk lokasi, demografi pelanggan, dan proposisi nilai.

Oleh karena itu, hanya karena pesaing telah menikmati kesuksesan nyata melalui penyedia pihak ketiga tidak berarti toko Anda juga dapat menikmatinya. Personalisasikan konten dan produk – manfaatkan penggunaan AI – dan terjemahkan basis pelanggan spesifik Anda menjadi keuntungan dalam bisnis.

Kembangkan Solusi e-Commerce Independen

Setelah Anda mengetahui target audiens Anda, toko Anda dapat menerapkan solusi e-commerce yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Lalu, setelah Anda memetakan sektor mana yang Anda targetkan, toko Anda dapat menerapkan solusi e-commerce yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Untuk melakukan hal ini, Anda harus memastikan bahwa sistem e-commerce terintegrasi mulus dengan sistem internal Anda, termasuk titik penjualan, ERP, dan loyalitas pelanggan, untuk menghasilkan keterlibatan pelanggan yang lebih bernilai, kontekstual, dan relevan dalam semua titik kontak.

Data tentang preferensi dan perilaku pelanggan individu, kinerja produk, dan lainnya dapat membantu Anda untuk mengoptimalkan inventaris, memberikan perjalanan pelanggan yang lancar, dan membuat pembeli datang kembali baik secara online maupun pada toko fisik.

Saat bisnis Anda meningkat, data ini harus dapat diakses melalui dasbor bisnis secara langsung untuk membantu membuat keputusan taktis dan strategis yang tepat ke depannya.

Ubah Pengalaman Berbelanja Menjadi Petualangan yang Menyenangkan

Perbedaan besar antara berbelanja dalam toko fisik dan online adalah pengalaman indrawi yang dirasakan oleh pelanggan. Berbelanja secara langsung dapat memudahkan pelanggan dalam memilih produk sesuai dengan keinginan mereka. Misalnya, saat berbelanja bahan makanan, pelanggan dapat mengetahui tingkat kesegaran produk dengan melihat dan memegangnya. Pengalaman seperti ini tidak dapat dilakukan jika berbelanja secara digital.

Teknologi virtual dan augmented reality, di sisi lain, dapat menanamkan pengalaman berbelanja baru yang memberikan nilai baru bagi pelanggan, termasuk dalam memberikan informasi produk yang relevan, promosi yang dipersonalisasi, dan perjalanan toko yang senantiasa terpadu.  Personalisasi berbasis AI juga dapat digunakan untuk memasukkan data dalam toko sehingga pengalaman konsumen dapat lebih disesuaikan.

Seperti halnya teknologi baru, Anda memiliki dua kemungkinan yang akan Anda hadapi yaitu keberhasilan atau kegagalan. Itulah mengapa dasar yang kuat dari data analitik menjadi salah satu kunci. Hal ini dikarenakan data tersebut dapat membantu Anda untuk mengukur investasi mana yang membuahkan hasil dan di mana Anda mungkin perlu menyempurnakan strategi mereka.

Manfaatkan Pedagang Besar dan CPG

CPG dan bisnis berskala besar memahami kekuatan saluran online dan mencari cara untuk mengambil bagian mereka dalam transformasi industri digital. Mereka mengetahui cara berkomunikasi langsung dengan pelanggan akhir, menerima lebih banyak data perilaku pelanggan, meningkatkan loyalitas brand, dan menerima kontrol lebih besar atas iklan dan merchandising.

Untuk mengimbanginya, anda dapat memberikan data yang relevan kepada mereka dengan bekerja sama, dan sebagai gantinya, Anda dapat menerima promosi untuk produk dan dana pemasaran untuk mendukung aktivitas e-commerce dan meningkatkan profitabilitas Anda pada marketplace mereka.

Kenali Cara Berkompetisi dengan Pebisnis Raksasa Dunia E-Commerce

Tingkatkan Pengalaman Hingga Titik Terakhir

Pengiriman jarak jauh menjadi tantangan besar dalam dunia perdagangan secara digital saat ini. Anda perlu mencari cara untuk membuat pengiriman produk Anda menjadi se-efisien mungkin agar produk dapat cepat sampai di tangan konsumen. Salah satu caranya adalah dengan memiliki stok pada gudang yang disediakan di masing-masing daerah besar untuk mempermudah proses pengiriman.

Anda juga harus mempertimbangkan kemitraan dengan penyedia teknologi jarak jauh dengan kemampuan yang diperlukan untuk memenuhi pesanan dengan cepat dan harus memikirkan cara untuk menambahkan sentuhan yang dipersonalisasi dari brand Anda.

Sistem dan teknologi yang mendukung sangatlah krusial untuk perkembangan bisnis di era yang serba cepat dan canggih seperti sekarang ini. Ingatlah tentang pelanggan Anda sepanjang waktu. Temukan hal-hal yang paling mereka butuhkan saat ini, dan mulailah untuk memaksimalkan bisnis ritel Anda dengan sistem omni-channel mutakhir untuk memenangkan hati pelanggan Anda di setiap saluran penjualan.

Jika Anda membutuhkan bantuan, Jet Commerce hadir untuk memberikan Anda solusi
ecommerce enabler berkualitas di Indonesia. Jet Commerce merupakan salah satu penyedia e-commerce solution Indonesia yang bergerak pada sektor B2B dan B2C di Jakarta, Indonesia. Sebagai perusahaan e-commerce enabler terpercaya se-Asia Tenggara, Jet Commerce menawarkan solusi terdepan yang dapat mendukung performa bisnis Anda di e-commerce dengan UPFOS.

UPFOS merupakan solusi omnichannel terintegrasi berupa aplikasi manajemen marketplace, yang dapat membantu Anda dalam berbagai proses bisnis seperti: mengelola multi saluran penjualan, pengaturan persediaan stok & inventaris, multi promosi, CRM, laporan bisnis & banyak fungsi lainnya. Memberikan Anda pengalaman manajemen e-commerce yang mudah, serta lengkap dalam satu dashboard yang sama. Berbisnis di banyak marketplace seperti Tokopedia, Shopee, Lazada, BukaLapak, JD.ID, Blibli, dan lainnya bukanlah lagi sebuah masalah dengan sistem UPFOS. Dapatkan UPFOS untuk bisnis Anda di sini.

 

Reference: Forbes

Share It With Your Friends

Do You Have Any Question?

+62 21 808 23118

CONNECT WITH US

Do You Have Any Question?

+62 21 808 23118

CONNECT WITH US