Apa itu Manajemen Toko e-Commerce (e-Commerce Management) dan Bagaimana Cara Memulainya?
Marcomm
17 February 2023
Secara singkat, e-commerce management/ manajemen toko e-commerce adalah suatu kegiatan yang melibatkan pengaturan toko online di e-commerce secara keseluruhan seperti pengaturan stok, pemasaran produk, pengoptimalan tampilan toko dan tampilan produk, deskripsi produk, CRM, dan segala bentuk upaya lainnya yang bertujuan untuk memberikan customer experience terbaik demi hasil penjualan yang maksimal untuk brand atau bisnis Anda.
Menjalankan toko online sembari memberikan customer experience yang luar biasa untuk pelanggan bisnis Anda, tentunya akan membutuhkan banyak tenaga dan juga upaya ekstra. Untuk mendapatkan layanan e-commerce management terbaik, gunakanlah jasa dari Jet Commerce. E-Commerce management provider yang sudah mendampingi lebih dari 160 brands dalam mengembangkan pertumbuhan bisnis mereka di dunia e-commerce.
Apa itu e-Commerce?
Sebelum membahas lebih dalam mengenai apa itu e-commerce store management, mari kita cari tahu terlebih dahulu tentang e-commerce. E-Commerce, juga dikenal sebagai internet commerce adalah model bisnis yang melakukan kegiatan menjual atau membeli barang secara online. Ini memungkinkan Anda memulai dan mengelola bisnis Anda di internet tanpa mengunjungi toko fisik (offline). Belanja online adalah contoh e-commerce yang paling umum. E-Commerce telah mengalami perubahan besar dalam dekade terakhir. Pengiriman produk yang cepat, opsi pembayaran yang ditingkatkan, pemrosesan otomatis, UI canggih, dan seterusnya adalah hasil dari perubahan tersebut. Perubahan ini sangat mempengaruhi pelanggan dan sebagai hasilnya, berdampak juga pada peningkatan akan pentingnya e-commerce.
Perencanaan Bisnis e-Commerce
Ketika ide bisnis sudah siap, Anda harus memastikan bahwa Anda memiliki jawaban yang jelas untuk pertanyaan seperti, “Apa yang Anda jual?”, “Siapa yang akan menjadi target pelanggan Anda?”, dan “Bagaimana Anda akan mendapatkan produk Anda?” Ketika Anda telah memilih barang untuk dijual, jadikan gambar Anda alternatif yang paling menarik untuk target market yang Anda tuju. Untuk memastikan bahwa target saat ini dapat dicapai dan jelas, setiap orang harus menetapkan fokus pada tujuan yang cerdas. Mereka mudah digunakan oleh siapa saja, di mana saja, tanpa memerlukan alat atau persiapan profesional. Namun demikian, membangun toko e-commerce, tanpa mengembangkan strategi yang telah teruji di lapangan bisa jadi menarik. Akibatnya, menuliskan pemikiran Anda dapat membantu Anda dalam menentukan tujuan yang jelas untuk bisnis Anda sejak awal. Apa yang ingin Anda hindari dari strategi yang telah teruji di lapangan adalah informasi pasar dan bisnis.
Layanan e-Commerce Management
Situs e-commerce yang sukses membutuhkan grup ahli untuk membuatnya tetap berjalan dengan mudah, membuatnya tetap baru dengan ilustrasi baru, menyertakan fitur yang menjadi fundamental, dan mendesain ulang pengaturan keamanan dari waktu ke waktu. Ada beberapa faktor yang menambah pencapaian website bisnis online. Beberapa layanan e-commerce management yang nyata meliputi:
- Integrasi Google Analytics
- Pemrograman fitur baru (jika diperlukan)
- Penanganan bugs dengan segera
- Membuat dan memposting iklan dan promosi
- Meng-upgrade SEO secara tepat waktu
- Social Media Marketing
- Daftar produk yang tidak terbatas
- Pemeriksaan keamanan situs secara rutin
Tuntutan Pelanggan untuk Sebuah Situs/ Toko e-Commerce
Sudah seharusnya bahwa situs/ toko e-commerce harus berfokus pada pelanggan. Anda perlu tahu apa yang sebenarnya dibutuhkan oleh target pelanggan Anda. Dengan demikian, Anda akan bisa mengambil langkah untuk menyediakan wadah yang tepat bagi pelanggan Anda. Berikut adalah beberapa tuntutan umum pelanggan untuk sebuah toko online/ e-commerce:
-
Kecepatan
Saat Anda mengunjungi situs yang cepat, semuanya akan terasa jauh lebih baik. Halaman membutuhkan waktu hampir satu atau dua detik untuk memuat dan mengirimkan data kepada Anda dengan lebih cepat. Situs ini akan terasa lebih baik saat Anda menjelajahinya, dan akan memperluas kesempatan bagi organisasi. Perbedaan satu detik mungkin tidak akan berdampak serius, namun itu bisa bernilai sejumlah uang yang cukup besar, jika dibandingkan dengan kesempatan yang hilang. Cobalah untuk tidak tidak meremehkan efek kecepatan sebuah situs e-commerce atau toko online.
-
Desain
Tampilan desain web yang bagus dapat memberikan kesan bahwa terdapat organisasi yang kuat di baliknya. Jika pengunjung tidak mengalami/ mendapatkan kesan “wow” ketika mereka mengunjungi situs Anda, mungkin itu pertanda bahwa design toko Anda perlu diperbaiki. Cobalah untuk tidak berkompromi pada desain. Setiap piksel, setiap gambar, dan setiap kata merupakan hal yang penting untuk diperhatikan. Pekerjakanlah desainer yang baik jika Anda memang sanggup untuk membayarnya, dan berfokuslah pada struktur situs/ toko. Dengan menggunakan jasa e-commerce management dari enabler, Anda tidak perlu memusingkan lagi persoalan tentang desain, karena mereka akan membantu Anda dan Anda hanya perlu berfokus pada penjualan dan juga pengembangan bisnis Anda.
-
Pilihan produk
Menyediakan pilihan produk dalam jumlah besar dapat membuat Anda kehilangan penjualan. Jangan percaya bahwa memiliki banyak pilihan barang merupakan satu-satunya cara untuk membuat bisnis Anda maju. Kadang-kadang membatasi pilihan dapat memungkinkan pelanggan untuk dengan cepat menemukan apa yang mereka cari, melindungi pelanggan dari ketidakmampuan untuk menentukan, serta dapat meningkatkan konversi dengan membatasi langkah-langkah untuk checkout. Ini berarti bahwa pilihan produk harus dengan sengaja dipertimbangkan dan disusun strateginya. Terlebih lagi, upaya untuk mendapatkan banyak stok dapat menjadi mimpi buruk yang diperhitungkan yang dapat menyebabkan penangguhan pesanan dan kekecewaan calon pelanggan.
Tidak diragukan lagi, pertimbangkanlah untuk membatasi tekad Anda dalam memberikan pilihan. Banyak situs/ toko e-commerce membiarkan pelanggan memilih berdasarkan brand atau klasifikasi. Ini membantu pelanggan yang tidak yakin brand apa yang harus dicari, namun mengenali apa yang mereka butuhkan. Jika Anda menemukan bahwa pencarian adalah bagian utama dari pengalaman pengguna Anda, jadikanlah bilah pencarian Anda lebih besar dan lebih jelas dengan sendirinya. Pengaturan pengujian, ukuran kotak, gaya tekstual, dan nuansa bilah pencarian Anda semuanya dapat berdampak pada pengalaman belanja pelanggan Anda.
Bagaimana Cara Memulai Bisnis e-Commerce?
Jika Anda memulai e-commerce tanpa persiapan apapun, ini adalah kesempatan bagus untuk mulai membuat checklist di agenda Anda.
Langkah 1: Pilih target market niche untuk bisnis e-commerce Anda
Memilih target market adalah kemajuan paling signifikan dalam memulai bisnis online. Saat mempersempitnya ke pemasaran target dengan skala mikro, Anda bisa menyusun peringkat dari konten Anda dengan kata kunci terkait secara lebih efektif. Keuntungannya adalah mendapatkan banyak niche yang berdekatan dengan siapa pengusaha dapat bekerja sama untuk mengembangkan basis pelanggan.
Langkah 2: Bangun toko online Anda
Saat memilih developer untuk toko e-commerce, pikirkanlah tentang nilai, sorotan, dukungan, kegunaan, dan eksekusi. Saat ini, kita harus mulai mempertimbangkan perencanaan, pendaftaran nama area Anda, dan URL apa pun yang mungkin penting. Meskipun begitu,tidak berarti Anda harus menggunakan organisasi developer, hal ini cukup dengan pemanfaatan topik.
Lagi pula, tergantung pada citra dari brand Anda, Anda mungkin hanya perlu membayar sedikit biaya untuk mendapatkan format yang layak. Ketika Anda telah membuat Anda toko online, mulailah mempertimbangkan berbagai saluran tempat audiens Anda biasanya hadir. Buatlah prosedur pengalaman pelanggan multisaluran untuk menyiapkan visibilitas brand yang lebih baik dan pengalaman berbelanja yang lebih baik.
Langkah 3: Riset model bisnis
Tujuannya adalah untuk menemukan jenis model bisnis yang paling sesuai untuk bisnis Anda. Model bisnis terkait pengaturan untuk pengembangan bisnis yang berhasil, dan bagaimana hal itu mengidentifikasi dengan produk atau layanan dalam bisnis saat ini. Berikut adalah 4 tipe prinsip model e-commerce. Mereka menggambarkan hampir semua pertukaran yang terjadi di antara pelanggan dan pemilik online bisnis.
- Business to Business (B2B): Model ini adalah jenis dimana perdagangan produk atau layanan terjadi antar organisasi dan bukan perorangan. Ini biasanya merupakan keadaan di mana satu organisasi menyediakan barang dagangan atau layanan secara online dengan organisasi lain sebagai kelompok kepentingan yang dituju.
- Business to Consumer (B2C): Model ini melibatkan penyampaian produk dan perusahaan dari bisnis ke pembeli tunggal. Contoh model ini adalah Amazon dan PayPal.
- Konsumen ke Bisnis (C2B): Kebalikan dari model B2C, ini adalah titik di mana pembeli menawarkan produk atau layanan mereka ke bisnis atau asosiasi. Model dapat berupa insinyur perangkat lunak, administrator media sosial, pembuat konten, dan pemasok layanan lain yang bekerja di web.
- Konsumen ke Konsumen (C2C): Saat pembeli menawarkan produk atau layanan kepada pembeli lain, sebagian besar dilakukan melalui situs pihak ketiga.
Langkah 4: Siapkan citra dan bisnis Anda
Setelah Anda mengidentifikasi gambaran yang ingin Anda kembangkan dan kelompok sasaran untuk bisnis e-commerce Anda, ini adalah kesempatan yang ideal, untuk memulai dengan ide produk. Apa pun yang Anda lakukan, ingatlah bahwa mengencangkannya secara teratur adalah yang terbaik. Sebelum Anda memasukkan sumber daya ke dalam produk, nilailah dengan hati-hati. Hampir semua hal di situs Anda yang bisa berpotensi merusak perilaku pengunjung dapat diuji dengan A/B testing.
Selain itu, mulailah mempertimbangkan biaya produk Anda dan masalah pelanggan apa yang mereka selesaikan. Itu akan memberi Anda pemikiran yang lebih baik tentang cara mengatur model estimasi Anda secara efektif. Jika Anda menetapkan nilai terlalu rendah, Anda bisa gagal dengan kedatangan usaha Anda. Di sisi lain, jika harga Anda terlalu tinggi, banyak pelanggan Anda kemungkinan besar tidak akan dapat mengelola budgeting mereka.
Langkah 5: Memasarkan produk Anda di internet
Lacak perkembangan lalu lintas di situs Anda. Anda dapat menggunakan alat investigasi untuk membantu Anda memeriksa dan menyempurnakan setiap perkembangan prosedur bisnis. Jika Anda melihat penjualan tidak berkembang, meskipun Anda sudah mengarahkan orang ke toko Anda, selidikilah daftar produk Anda dan perbaiki setiap halaman dengan hati-hati. Ada banyak sekali pengukuran pemasaran untuk mengikuti pencapaian e-commerce Anda, namun hanya beberapa di antaranya yang dapat secara langsung berbicara sesuai kondisi bisnis Anda dan dapat diubah menjadi pengetahuan penting yang membantu bisnis Anda berkembang.
Destinasi e-commerce yang baik tentunya merupakan hasil dari banyak peran promosi online. Jika Anda tidak memiliki aset, ada banyak cara berbeda untuk mendapatkan exposure. Hal ini bersifat individual, namun tetap bergantung pada apakah Anda akan menggunakan konten bersponsor, jaringan online, promosi pay-per-click, atau gabungan dari semuanya. Saat Anda sudah memilih, teruslah amati kampanye apa yang mengarahkan orang ke toko Anda. Namun demikian, pertimbangkanlah untuk menggunakan bantuan Jet Commerce untuk mengoptimasi pemasaran Anda di online.
Jet Commerce, One Stop e-Commerce Solutions for Online Brands
Jet Commerce merupakan salah satu penyedia e-commerce solution Indonesia yang bergerak pada sektor B2B dan B2C di Jakarta, Indonesia. Sebagai perusahaan e-commerce enabler terpercaya se-Asia Tenggara, kami menawarkan solusi komprehensif & terintegrasi untuk mendukung pemasaran Brand di ranah e-commerce. Layanan kami meliputi official store management, digital marketing, design & creative, customer relationship management, live commerce services dan juga fulfillment center.
Layanan kami merupakan solusi alternatif bagi Brand, maupun pemilik bisnis skala menengah hingga besar, yang sedang ingin mengembangkan bisnisnya di industri e-commerce. Dapatkan solusi dari kami di sini.
Reference: Builderfly