Updates > > Tips Packing Aman untuk Bisnis E-commerce Anda

Tips Packing Aman untuk Bisnis E-commerce Anda

Marketing

25 June 2020

Transaksi ritel online baru akan sempurna ketika customer puas dengan pesanan mereka. Seberapapun bagusnya desain atau kreatif teknik pemasaran Anda, hal itu tidak akan berguna sama sekali apabila barang customer menerima produk Anda dalam kondisi yang buruk, rusak, atau bahkan tidak sampai sama sekali ditangan mereka.

Dalam menjalankan bisnis e-commerce kepuasan dan loyalitas customer adalah kunci utamanya, sedangkan pengemasan akan memainkan poin krusial yang akan mempengaruhi hasil akhirnya. Tidak ada salahnya jika Anda sedikit menginvestasikan waktu dan uang untuk memperhatikan kondisi kemasan customer sebelum akhirnya diteruskan kepada pihak logistik.

Sebagai pebisnis e-commerce ada banyak hal yang perlu Anda perhatikan saat mengemas pesanan customer, berikut adalah beberapa tips yang kami rangkum:

1. Pikirkan Tentang Produk Anda

Sudah menjadi syarat umum bahwa paket (kemasan atau boks) yang Anda kirimkan kepada customer, harus dapat bertahan apabila terjatuh, mengalami benturan, ataupun goncangan. Dari sekian banyak paket yang harus diproses oleh tenaga logistik, tentunya paket Anda tidak akan menjadi satu-satunya yang harus diperhatikan keamanan serta keutuhannya. Jika Anda sudah terbiasa menggunakan jasa logistik, Anda pasti sudah tahu bahwa kemungkinan terjatuh atau terbenturnya suatu paket adalah suatu hal yang sulit  terhindarkan.

Bagaimana Anda mengemas produk akan mencerminkan seberapa pedulinya Anda terhadap kepuasan customer. Oleh karena itu, hal yang bisa Anda lakukan sebagai penjual adalah mengantisipasi hal-hal tersebut dengan pengemasan yang lebih baik, serta tahan banting. Sebelum Anda memulai, sebaiknya Anda lakukan tes ketahanan kemasan terlebih dahulu. Anda bisa mencobanya dengan mengguncangkan atau bahkan menjatuhkan kemasan yang berisi produk Anda, dengan kekuatan atau ketinggian tertentu yang masuk akal (sekitar satu hingga dua meter dari tanah). Apabila kemasan serta produk Anda rusak, maka Anda perlu memperbaikinya kembali hingga tes berhasil.

Sesuaikan kemasan dengan kebutuhan masing-masing produk. Sebagai contoh, jika toko online Anda menjual t-shirt, Anda cukup mengemasnya dalam plastik yang kuat tanpa perlu isian atau padding di dalamnya. Tetapi jika Anda menjual benda yang terbuat dari kaca atau material yang mudah pecah, tentunya Anda perlu menggunakan bubble wrap atau padding lagi dalam kemasan yang Anda siapkan.

2. Pilihlah Material Yang Tepat

Tips Packing Aman untuk Bisnis E-commerce Anda

Polybags cukup kuat, tahan air, dan tidak mudah robek, dapat bekerja dengan baik untuk barang atau produk yang tidak mudah pecah. Salah satu contoh barang yang dapat Anda kemas dengan polybags adalah pakaian, boneka, bantal, atau barang sejenis lainnya. Tetapi, untuk produk lain yang berbeda dan lebih mudah pecah, Anda dapat menggunakan kardus yang lebih kuat dan tidak mudah hancur jika terbanting. Boks yang bergelombang biasanya kuat dan ringan untuk dibawa, membuatnya menjadi pilihan tepat dalam pemenuhan barang untuk produk dari e-commerce Anda.

Boks yang bergelombang (corrugated boxes) biasanya memiliki penilaian tingkat “hancur” nya sendiri. Penilaian ini bergantung pada seberapa berat produk di dalamnya atau tekanan per inci persegi. Jika Anda mengirimkan boks yang memiliki berat kurang dari 27kg dan tidak lebih besar dari 85inci/ sekitar 215,9cm (secara kombinasi dari panjang, lebar, dan kedalaman), Anda dapat menggunakan karton yang memiliki tingkat “hancur” sebanyak kurang lebih 90kg per inci persegi.

Ketika berat atau ukuran paket meningkat, demikian juga nilai “hancur” kemasan tersebut. Selanjutnya, Anda dapat menambahkan padding ke dalam boks bergelombang (corrugated boxes) yang Anda miliki. Bubble wrap, yang pada dasarnya berupa kantong plastik berisi udara kecil, yang merupakan salah satu pilihan terbaik untuk tambahannya. Anda juga dapat menggunakan busa atau bahkan setumpuk kertas untuk mengisi ruang kosong dalam kotak tersebut dan memastikan bahwa isinya tidak terombang-ambing atau tercecer.

Dan yang terakhir, jangan terlalu hemat dalam menggunakan perekat. Gunakan selotip dengan lebar setidaknya 5cm. Anda dapat menggunakan perekat plastik yang tahan terhadap tekanan; pita kertas yang tahan air dan serta berkualitas. Jika produk yang Anda jual rentan terhadap kerusakan karena air, Anda mungkin perlu menggunakan kantong plastik yang dapat ditutup untuk membungkus barang sebelum Anda memasukkannya ke dalam kotak.

Baca juga : Pandemi Covid-19 Ubah Pola Belanja Konsumen, Penjualan Jet Commerce Tetap Meningkat Selama Ramadan 2020″

3. Kemasan Boks Tunggal (Single -Box Packing)

Untuk kebanyakan toko online, sudah cukup untuk menempatkan produk ke dalam boks tunggal yang bergelombang (corrugated box) yang kemudian sekelilingnya diisi dengan padding atau dikemas erat dengan bubble wrap. Dan juga, single-box packing ini merupakan pendekatan yang paling umum digunakan untuk mengemas produk yang tidak mudah pecah.

Tips Packing Aman untuk Bisnis E-commerce Anda

Kemasan diatas merupakan contoh panduan yang diberikan oleh perusahaan logistik FedEx yang menunjukkan boks tunggal dengan produk yang dikemas didalam bubble wrap. Anda dapat mencontoh panduan di atas dengan mengisi kotak berisikan produk Anda dan beberapa padding seperti bubble wrap. Jangan lupa untuk selalu memastikan perekatan boks disetiap sisinya.

4. Kemasan Boks Ganda (Double-box Packing)

Beberapa produk pengiriman dari e-commerce tentunya berpotensi untuk pecah. Jika Anda menjual barang bernilai tinggi yang rapuh, Anda mungkin dapat menggandakan pengemasan dari produk Anda. Kemasan boks yang ganda menambah biaya baik dalam berat aktual dan berat dimensi produk. Kemungkinan hal ini akan menjadi lebih mahal untuk mengirimkan pesanan dengan kemasan ganda. Dan tentu saja akan lebih mahal dalam bahan kemasan. Tetapi jika hal tersebut membuat produk Anda lebih aman dan pelanggan senang, Anda harus mempertimbangkan untuk melakukannya.

Anda tentunya akan menempatkan kotak di dalam sebuah kotak. Kotak pertama yang lebih kecil menampung barang-barang yang Anda kirim dan padding untuk menjaganya agar tidak bergeser. Kotak ini kemudian ditempatkan di kotak yang lebih besar dengan jumlah padding yang dimaksudkan untuk menjaga kotak kecil di dalamnya dari pergerakan dan melindungi jika kotak jatuh, hancur, atau tertendang.

5. Material Pemasaran

Pada tahap terakhir, pemasaran juga harus menjadi bagian dari proses pengemasan Anda. Banyak penjual online yang sukses dalam mengemas serta memberikan hadiah gratis, permen, katalog, kupon, dan catatan terima kasih di dalam kemasan paket customer mereka. Hal ini dilakukan semata-mata agar pelayanan serta Brand/ toko Anda selalu diingat oleh customer, dan juga untuk menunjukan kepedulian Anda kepada kepuasan masing-masing individu customer.

Jika Anda memiliki bisnis dan memasarkannya melalui e-commerce, tentunya Anda perlu memperhatikan semua hal terkait pengemasan produk di atas. Namun jika Anda masih kewalahan dan membutuhkan bantuan dalam mengembangkan bisnis e-commerce Anda, mungkin Jet Commerce bisa menjadi solusinya. 

Jet Commerce merupakan salah satu penyedia e-commerce solution Indonesia yang bergerak pada sektor B2B dan B2C di Jakarta. Sebagai perusahaan e-commerce enabler terpercaya se-Asia Tenggara, kami menawarkan solusi komprehensif & terintegrasi untuk mendukung pemasaran Brand di ranah e-commerce.

Layanan kami meliputi official store management, digital marketing, design & creative, customer relationship management, dan fulfillment center. Menjaga & melaksanakan kepercayaan dari Brand Partners & Online Sellers kami dalam memberikan pengalaman berbelanja yang memuaskan bagi customer adalah prioritas kami.

Selain itu, Jet Commerce juga dilengkapi dengan fasilitas fulfillment center di Indonesia yang berlokasi di kota Tangerang. Bekerjasama dengan 8 partner logistik terpercaya, Jet Commerce Fulfillment Center mampu memproses lebih dari 4000 pesanan (online order) dalam sehari, baik pengiriman instan maupun non-instan. Layanan kami merupakan solusi alternatif bagi Brand, maupun pemilik bisnis yang ingin mengembangkan usahanya di ranah e-commerce.

 

Article Reference: Practial E-Commerce

 

 

 

Share It With Your Friends

Do You Have Any Question?

+62 21 808 23118

CONNECT WITH US

Do You Have Any Question?

+62 21 808 23118

CONNECT WITH US