Updates > > Simple Tips Kembangkan Bisnis e-Commerce Secara Efisien & Efektif

Simple Tips Kembangkan Bisnis e-Commerce Secara Efisien & Efektif

Marketing

8 December 2020

Dunia e-commerce adalah dunia yang senantiasa berubah. Kita tidak pernah tahu siapa yang akan bertahan, dan siapa yang tidak. Mereka yang ingin bertahan tentunya perlu mempersiapkan perencanaan jangka panjang dan mengambil langkah-langkah tepat, agar bisnisnya mampu mengimbangi pertumbuhan pesat e-commerce dalam beberapa tahun kedepan. Tujuan utama dari setiap bisnis pastinya adalah untuk berkembang sebesar mungkin dan bertahan lama, meskipun dalam perjalanannya pasti akan ada tujuan-tujuan kecil lain yang ingin dicapai.                                             

Pada langkah awal saat memulai bisnis, menjadikan break-even sebagai tujuan utama yang harus dicapai merupakan hal yang sangat wajar. Break-even merupakan situasi dimana sebuah bisnis belum mendapatkan keuntungan (tidak merugi), namun sudah berhasil mendapatkan pemasukan yang setara dengan pengeluaran (modal dan biaya yang dikeluarkan saat awal membangun bisnis). Setelah hal ini tercapai, tentunya Anda akan berpindah pada tujuan-tujuan yang lebih besar lagi bukan? Oleh karena itu, untuk langkah selanjutnya sebaiknya Anda perhatikan beberpa hal di bawah ini.

Mulailah dengan Langkah & Pondasi yang Kuat

Maksimalkan bisnis ecommerce jet commerce enabler

Meskipun beberapa bisnis e-commerce bermula dari langkah kecil, Anda harus senantiasa berpikir dan merencanakan setiap hal kedepannya. Dengan setiap keputusan bisnis yang akan diambil, tentunya Anda perlu bertanya pada diri sendiri tentang apakah keputusan tersebut dapat terukur dengan pasti. Hal ini tentunya penting ketika berbicara tentang nilai investasi dan juga pengimplementasian digital marketing strategy yang akan Anda lakukan.

Oleh dari itu, berikut beberapa tips yang dapat kami berikan untuk membantu langkah awal bisnis e-commerce Anda untuk memastikan bahwa fondasi yang Anda miliki sudah kuat dan tepat:

  • Tentukan tujuan Anda untuk 1,3,5 hingga 10 tahun ke depan – Seiring dengan bertumbuhnya bisnis, Anda akan menemukan diri Anda mengambil keputusan-keputusan yang berdampak besar bagi masa depan bisnis Anda. Memiliki tujuan yang spesifik dalam beberapa interval yang berbeda dapat menjadi panduan yang sangat baik dalam mengambil keputusan terbaik untuk bisnis Anda di masa depan.
  • Tentukan bagaimana cara Anda mengukur perkembangan dari bisnis Anda – Pemasukan tahunan Anda dapat menjadi ukuran yang tepat bagi penjualan, tetapi tidak dapat mencerminkan pendapatan atau perkembangan dari bisnis Anda. Ambillah beberapa waktu untuk mengidentifikasikan KPI (Key Performance Indicators) yang dijalankan sehingga Anda dapat melacak perkembangan bisnis Anda dari bulan ke bulan dan mengevaluasi perbedaan dari setiap strategi yang Anda jalankan.
  • Buatlah perencanaan bisnis yang matang – Anda tentunya memerlukan perencanaan bisnis untuk memandu kesuksesan bisnis Anda pada tahun awal perjalannya. Perencanaan ini tidak hanya menjadi kunci untuk setiap bisnis baru tetapi juga memproyeksikan rintangan apa saja yang harus Anda atasi di masa depan serta menjaga Anda agar tetap kredibel dan mumpuni selama perjalanan bisnis Anda.
  • Identifikasikan target audiens & membangun brand image – Kumpulkan informasi tentang demografis customer Anda dan bangunlah sebuah brand image yang dapat menarik perhatian mereka. Memiliki identitas brand yang kuat dapat membantu memandu Anda dalam upaya perencanaan di masa depan seperti menerapkan strategi digital marketing dan aspek selanjutnya untuk dikembangkan.
  • Bangun online store (di marketplace) online store Anda tidaklah hanya menjadi tempat untuk menarik perhatian calon customer, namun juga merupakan tujuan akhir dari customer mengambil keputusan dan melakukan pembelian. Selain membuat toko online dan halaman penjualan, online store Anda juga memerlukan upaya pemasaran keluar. Anda bisa melakukannya dengan membuat konten, beserta penawaran menarik, yang nantinya bisa disalurkan melalui ads (non-organic) atau media sosial (organic) untuk menarik traffic masuk kedalam online store

Membangun online store Anda sendiri di marketplace sebenarnya adalah hal yang mudah, namun akan sedikit menjadi masalah jika brand atau bisnis Anda merupakan bisnis yang berskala besar. Apalagi jiga Anda tidak memiliki tenaga yang berpengalaman di bidang tersebut, tentunya Anda tidak ingin “mencoba-coba” untuk bisnis besar Anda bukan? Ditambah lagi dengan tantangan lebih besar yang perlu Anda hadapi, yaitu cara untuk mendapatkan traffic yang terus bertumbuh dan mendapatkan income yang memuaskan, serta terukur.

Meskipun penjualan e-commerce tahunan di seluruh dunia mencapai triliunan, banyak juga toko/ penjual-penjual baru yang tutup dalam beberapa tahun pertama perjalanannya. Maka dari itu, untuk meningkatkan skala bisnis Anda dalam jangka panjang, Anda harus memulainya dengan mengambil langkah-langkah untuk mempertahankan momentum keberhasilan seperti berikut:

1. Buat Digital Marketing Campaign yang Kuat

Online store (di marketplace)/ webstore memang merupakan sebuah infrastruktur dari bisnis online Anda, tetapi Anda tidak akan menciptakan penjualan apapun jika tidak ada orang yang mengunjunginya. Digital marketing campaign yang kuat dapat merupakan kunci dari banyaknya traffic yang akan masuk ke dalam toko Anda, dan mengubahnya menjadi konsumen dari produk Anda.

Berikut ini beberapa tips digital marketing sederhana yang dapat Anda ikuti:

  • Lakukan Riset Kata Kunci – Sebelum Anda mulai memasarkan bisnis, Anda perlu melakukan riset untuk mengidentifikasikan kata kunci terkuat untuk meraih target audiens Anda. SEMRush atau UberSuggest dapat menjadi salah satu alat gratis yang dapat membantu Anda untuk hal ini.
  • Optimalkan Online Store/ Webstore Anda untuk Perangkat Seluler – Anda mungkin tidak terkejut saat mengetahui bahwa traffic internet dari perangkat seluler telah melampaui traffic yang didapatkan dari desktop. Namun, yang mengejutkan lagi adalah fakta bahwa hasil penelusuran untuk kueri yang sama pada penelusuran perangkat seluler dengan desktop seringkali berbeda. Hal ini tergantung pada apakah online store/ webstore Anda dioptimalkan untuk seluler atau tidak. Dapatkan keunggulan untuk bisnis e-commerce Anda pada hasil penelusuran dengan memastikan toko Anda dioptimalkan untuk semua perangkat seluler.
  • Buat Konten & Bangun Otoritas – Salah satu cara terbaik untuk membangun kepercayaan dengan pelanggan Anda adalah dengan menetapkan bisnis Anda sebagai otoritas dalam industri. Anda dapat membangun kepercayaan dengan menawarkan konten berkualitas tinggi, informatif, dan relevan di online store/ webstore Jangan membatasi diri Anda sendiri untuk menuliskan konten, gunakanlah foto dan juga video berkualitas di dalamnya.

Terkait dengan e-commerce, digital marketing campaign yang besar bukanlah satu-satunya strategi yang perlu Anda lakukan secara terus-menerus jika ingin bisnis Anda lebih berkembang. Masih ada banyak cara lainnya, dan tidak ada salahnya jika Anda juga memulainya dari yang kecil.

2. Menggunakan Bantuan dari E-Commerce Enabler

Maksimalkan bisnis ecommerce jet commerce enabler

Pada tahap awal dari bisnis e-commerce ini, Anda mungkin dapat menangani pemenuhan pesanan sendiri atau dengan staf yang terbatas. Namun, ketika Anda mulai menskalakan bisnis Anda secara lebih besar, Anda perlu membuat keputusan apakah Anda ingin berfokus dan berusaha dengan kemampuan internal Anda sendiri atau berinvestasi pada e-commerce enabler yang berpengalaman seperti Jet Commerce, yang tentunya akan jauh mempermudah Anda dalam mengembangkan bisnis e-commerce ini.

E-commerce enabler dapat membantu Anda dalam setiap aspek dari bisnis/ brand e-commerce Anda di online dan membebaskan Anda dari segala pekerjaan yang time consuming serta rumit, agar Anda bisa berfokus pada hal-hal lain untuk pengembangan bisnis Anda. Jika Anda merasa membutuhkan jasa tersebut, Jet Commerce dapat menjadi salah satu pilihan terbaik untuk bisnis Anda.

Jet Commerce merupakan salah satu penyedia e-commerce enabler & solution Indonesia yang bergerak pada sektor B2B dan B2C di Jakarta. Sebagai perusahaan e-commerce enabler terpercaya se-Asia Tenggara, Jet Commerce menawarkan solusi komprehensif & terintegrasi untuk mendukung pemasaran Brand di ranah e-commerce. Layanan Jet Commerce meliputi official store management, digital marketing, design & creative, customer relationship management, dan fulfillment service (storing products – order processing – packing – shipping by logistic partners).

Selain itu, Jet Commerce juga dilengkapi dengan fasilitas fulfillment center di Indonesia yang berlokasi di kota Tangerang. Bekerjasama dengan 8 partner logistik terpercaya, Jet Commerce Fulfillment Center mampu memproses lebih dari 4000 pesanan (online order) dalam sehari, baik pengiriman instan maupun non-instan. Memberikan pengalaman berbelanja yang memuaskan bagi customer Brand Partners kami merupakan sebuah prioritas.

 

Reference: ShipHero

Share It With Your Friends

Do You Have Any Question?

+62 21 808 23118

CONNECT WITH US

Do You Have Any Question?

+62 21 808 23118

CONNECT WITH US