


Semua yang Perlu Anda Ketahui Tentang TikTok Live Shopping

Marcomm

1 February 2023
Live shopping di media sosial telah berkembang pesat sebagai akibat langsung dari pandemi. Antara Maret 2020 hingga Juli 2021, pembelian dari live commerce di seluruh dunia meningkat sebesar 76%, dan industri live commerce tidak menunjukkan tanda-tanda akan berhenti. Dibandingkan dengan bentuk e-commerce lainnya, rasio konversi dari live streaming bisa mencapai sepuluh kali lebih tinggi.
Para ahli memperkirakan bahwa industri live shopping di Amerika Serikat (AS) akan bernilai $35 miliar pada tahun 2024. Sebaliknya, di China, live streaming shopping telah memainkan peran yang cukup besar dalam budaya social commerce di negara tersebut. Faktanya, 45% pembeli online di Tiongkok diprediksi akan membeli melalui live streaming pada tahun 2023. Pada tahun 2022, industri live shopping diperkirakan akan menjangkau lebih dari $400 miliar (sumber dari McKinsey).
Maka tidak mengherankan jika TikTok, yang perusahaan induknya berbasis di Tiongkok, adalah pasar yang sukses untuk penjualan live streaming. Berbeda dengan platform lain, pengguna TikTok hampir dua kali kemungkinan besar telah membeli produk yang mereka lihat di aplikasi, dengan sebanyak 67% pengguna yang mengatakan TikTok menginspirasi mereka untuk berbelanja meskipun mereka tidak bermaksud melakukannya.
Karena alasan ini, brand menambahkan TikTok LIVE ke strategi pemasaran video mereka, begitu juga Anda selaku pemilik bisnis. Panduan singkat ini akan menunjukkan kepada Anda untuk membuat acara live shopping di TikTok yang sukses, menjalin relasi dengan audiens Anda, dan juga meningkatkan penjualan Anda melalui social commerce channel.
Apa itu TikTok Live Shopping?
TikTok Live Shopping adalah pengalaman e-commerce yang menawarkan peluang bagi brand untuk memamerkan produk mereka secara real-time melalui acara live streaming. Dengan berpartisipasi dalam acara ini, pengguna TikTok dapat membeli produk tanpa meninggalkan aplikasi. Hal ini memungkinkan brand dan pelanggan untuk berinteraksi dan terlibat satu sama lain sambil merampingkan proses pembelian.
TikTok membandingkan fitur live shopping dengan saluran belanja televisi tradisional seperti QVC dan Jaringan Belanja Rumah. Namun, kali ini, kekuatan media sosial menarik sejumlah besar lalu lintas dari konsumen yang lebih muda dan paham teknologi. Pada akhirnya, ini adalah peluang unik bagi brand untuk terhubung ke komunitas yang lebih besar dan menjangkau konsumen generasi baru.
Bagaimana Cara Kerja TikTok Live Shopping?
Fitur TikTok Live Shopping mirip dengan Instagram dan Amazon Live. Saat brand menampilkan setiap produk, pin yang terkait dengan produk tersebut akan muncul. Pemirsa kemudian dapat mengetuk pin itu untuk menambahkan item ke keranjang mereka dan kemudian memeriksa di dalam aplikasi itu sendiri.
Penonton juga dapat menunggu hingga akhir streaming langsung sebelum mereka dapat menelusuri semua item unggulan dalam siaran. Mereka cukup mengetuk ikon keranjang belanja dan kemudian memilih item yang ingin mereka beli.
Mengapa Anda Harus Memanfaatkan TikTok Live Shopping?
-
Jangkauan audiens yang lebih luas
Perusahaan tidak hanya menjual lebih banyak produk, mereka juga mendapatkan peningkatan eksposur brand dengan menggunakan fitur dari TikTok live shopping. Bagaimanapun, TikTok adalah platform berbagi video dan media sosial dengan pertumbuhan tercepat saat ini. Hanya lima tahun sejak awal berdiri, TikTok sudah berhasil memperoleh lebih dari 1 miliar pengguna. Selain itu, penggunanya menghabiskan rata-rata 858 menit per bulan di aplikasi.
-
Peningkatan tampilan dan pengikut
Pada tahun 2021, acara live shopping Walmart di TikTok mengumpulkan tujuh kali lebih banyak viewers dari apa yang mereka harapkan. Selain itu, pengikut TikTok mereka bertambah 25%. Bahkan brand kecil pun setuju bahwa TikTok telah memberikan kontribusi besar bagi kesuksesan mereka. Pembuat konten pertanian rami, Lauren Davis, misalnya, telah mengumpulkan lebih banyak 850.000 pengikut sejak melakukan live streaming di aplikasi pada tahun 2020.
-
Koneksi audiens secara real-time
Berinteraksi dengan audiens secara real-time adalah salah satu cara bagi brand untuk terlibat dan membangun hubungan dengan pengikutnya. Dengan live streaming, mereka dapat membagikan tautan dinamis ke produk dan layanan. Mereka juga dapat mendemonstrasikan cara menerapkan atau mengoperasikan produk, meningkatkan kepercayaan dan prospek untuk penjualan mereka.
-
Potensi pembelian lebih besar
Gen Z dan milenial mencakup lebih dari setengah basis pengguna TikTok. Menurut sebuah survei oleh Influencer Marketing Factory, 40% demografis ini telah membeli setidaknya satu item atau layanan sambil menonton live streaming di media sosial. Dengan daya beli Gen Z saat ini di $360 miliar (menurut Bloomberg), mereka adalah pasar yang paling menguntungkan untuk diraih saat ini.
-
Platform e-commerce yang dinamis
Lusinan akun TikTok ditayangkan setiap hari. Siapa saja, dari bisnis besar hingga brand kecil, dapat melakukan live streaming di platform ini. Mereka juga dapat menjual apa saja di aplikasi, mulai dari boneka binatang dan gantungan kunci hingga alat rias dan casing ponsel. Tahun lalu, tagar populer #TikTokMadeMeBuyIt mengokohkan dampak platform pada e-commerce.
Sekarang, sebelum Anda mulai merencanakan acara TikTok Live Shopping, pastikan Anda memenuhi persyaratan live streaming di aplikasi.
Siapa yang Dapat Melakukan Live di TikTok?
Untuk dapat ditayangkan di TikTok, Anda harus memenuhi dua kredensial penting:
- Anda harus berusia minimal 16 tahun.
- Anda harus memiliki setidaknya 1.000 pengikut di platform.
Sebagai pembuat konten, Anda juga harus mengikuti TikTok Community Guidelines. Itu berarti menjaga live streaming Anda untuk tetap ramah, hormat, aman, dan ramah untuk semua orang.
Sekarang setelah Anda menguasai dasar-dasarnya, saatnya untuk ditayangkan.
Cara Melakukan Live di TikTok
-
Buka aplikasi TikTok
- Ketuk ikon dengan tanda plus di bagian tengah bawah layar Anda, seolah-olah Anda sedang membuat konten video biasa.
- Geser bilah menu di bagian bawah layar hingga Anda menemukan LIVE. Perhatikan bahwa opsi ini tidak akan tersedia untuk Anda jika Anda belum memenuhi persyaratan untuk streaming langsung.
- Ketikkan judul streaming langsung Anda. Anda hanya memiliki 32 karakter untuk menarik perhatian orang, jadi kreatiflah.
- Pilih Live Streaming.
Cara Menjadwalkan Acara TikTok Live Shopping
Menjadwalkan acara langsung sebelumnya akan memberi Anda lebih banyak waktu untuk mempromosikan dan mempersiapkannya.
- Buka aplikasi TikTok.
- Di sudut kanan atas, ketuk ikon kalender.
- Di halaman jadwal, klik Buat acara.
- Ketik Nama Acara, Waktu Mulai, dan Deskripsi streaming langsung Anda. Perhatikan bahwa Nama Acara Anda hanya boleh sepanjang 32 karakter, sedangkan Deskripsi Anda memiliki batas 200 karakter. Anda juga harus menjadwalkan siaran langsung setidaknya dua jam sebelumnya; jika tidak, TikTok tidak akan menerimanya.
- Setelah Anda membuat acara, TikTok akan meninjaunya. Tunggu saja persetujuan aplikasi. Ini bisa memakan waktu sekitar beberapa detik hingga satu jam. Anda akan melihat acara yang disetujui secara otomatis tercantum di profil Anda.
Ide Format TikTok Live Shopping
Langkah selanjutnya adalah merencanakan presentasi acara live shopping Anda. Berikut adalah beberapa saran.
-
Demo atau tutorial
Video petunjuk dapat mengedukasi dan menginspirasi penonton Anda. Dengan memberikan umpan balik dan saran, Anda juga dapat membangun hubungan yang autentik dengan audiens. Demikian halnya dengan brand makeup Too Faced. Episode TikTok live shopping pertamanya, yang menampilkan tutorial tata rias, terlihat 72.500 tune-in unik dan 68.400 pertunangan.
-
Di balik layar
Orang suka mengintip apa yang terjadi dibalik layar. Memberikan tur di belakang layar perusahaan Anda memungkinkan Anda memamerkan budaya perusahaan Anda. Anda bahkan dapat mengajak pemirsa Anda untuk pemotretan atau proses produksi sehingga mereka dapat melihat karya yang Anda masukkan ke dalam produk Anda. Bagian terbaiknya adalah live Anda tidak harus berkualitas studio. Alih-alih, memfilmkan langsung dari ponsel Anda adalah pendekatan yang lebih menarik.
-
Berbagai program
Menyusun program yang menyatukan berbagai brand dalam satu live streaming dapat menarik lalu lintas dalam jumlah besar. Walmart menggunakan format ini saat menguji coba platform live streaming TikTok. Sebuah pasar, pusat streaming video, dan tempat konser di bawah satu atap, acara live shopping ini sangat sukses sehingga perusahaan ritel multinasional terpaksa mengadakan acara kedua, ketiga dan seterusnya.
-
Rilis Produk
Brand dapat memanfaatkan live shopping di TikTok saat mereka ingin mempromosikan produk baru, koleksi khusus, atau hadiah. Aplikasi belanja video langsung NTWRK bekerja sama dengan desainer Joshua Vides dapat memberikan pengalaman interaktif langsung ke pelanggan ketika mereka meluncurkan koleksi pakaian edisi terbatas di saluran live shopping TikTok.
Fitur-fitur TikTok Live
Selain format tersebut, ada juga sejumlah fitur untuk membantu membuat konten live shopping Anda semenarik mungkin.
-
Undang rekan penyelenggara
Anda dapat mengundang orang lain untuk mengadakan live streaming dengan Anda. Ini adalah cara terbaik untuk live streaming Anda untuk mendapatkan lebih banyak daya tarik dan menjangkau audiens yang lebih luas. Untuk berkolaborasi dengan rekan penyelenggara:
- Pastikan Anda saling mengikuti di aplikasi.
- Anda dan rekan penyelenggara Anda harus siaran langsung pada waktu yang sama.
- Ketuk ikon infinity di sisi kiri layar Anda. Ini akan meminta Anda untuk mengundang seseorang ke live streaming Anda.
- Ketik nama co-host Anda lalu klik Undang.
- Setelah rekan penyelenggara menerima undangan, Anda akan muncul berdampingan di layar. Namun, perhatikan bahwa Anda masing-masing dapat melihat komentar hanya di layar Anda dan bukan di layar masing-masing.
-
Tambahkan moderator
Anda dapat mengundang moderator ke live streaming Anda untuk menjaga percakapan tetap pada jalurnya atau menyajikan dua sisi argumen. Moderator juga dapat membantu Anda mengelola komentar dari pemirsa. Dengan cara ini, mereka dapat membantu mengekang cyberbullying atau perilaku pelecehan dari penonton, yang dapat terjadi di live streaming apa pun.
Untuk menambahkan moderator:
- Pastikan Anda saling mengikuti di aplikasi.
- Di sisi kanan layar, pilih ikon Pengaturan.
- Ketuk Moderator lalu klik ikon tambah untuk menambahkan seseorang.
- Ketik nama moderator Anda pada pencarian lalu klik Tambah.
-
Filter dan efek
Seperti video TikTok biasa, TikTok LIVE memungkinkan Anda menggunakan filter dan efek kamera. Misalnya, Anda bisa memperbesar mata atau menghaluskan kulit. Anda bahkan dapat membentuk kembali wajah Anda. Anda juga dapat menggunakan latar belakang layar hijau untuk membantu mengatur suasana live streaming Anda.
-
Undang tamu
Seorang tamu berbeda dari co-host dan moderator karena mereka ada di siaran Anda dan bukan di siaran mereka sendiri. Namun, tamu Anda juga harus memenuhi persyaratan tertentu, seperti memiliki 1.000 pengikut. Tamu harus meminta agar mereka melakukan siaran langsung dengan Anda, dan setelah Anda menyetujui permintaan tersebut, tamu tersebut akan muncul di layar Anda sebagai thumbnail.
-
Tanya Jawab (Q&A)
Mengaktifkan fitur tanya jawab (Q&A) akan membantu Anda dengan cepat mengidentifikasi pertanyaan di komentar live stream Anda. Pertanyaan-pertanyaan ini akan muncul dari panel terpisah di obrolan aliran Anda sehingga Anda dapat dengan mudah menemukannya dan menanggapinya dengan lebih cepat.
Untuk mengaktifkan (Q&A):
- Buka halaman Pengaturan dan Privasi Anda.
- Pilih Pembuat, lalu ketuk Q&A.
- Aktifkan fitur dengan mengetuk Aktifkan Q&A.
Kiat Sukses dalam Livestream TikTok
-
Ketahui slot waktu audiens Anda
Tidak hanya cukup mengetahui apa yang ingin dibicarakan audiens Anda. Anda juga perlu mengetahui kapan mereka paling aktif dan ditayangkan pada waktu yang sama dengan mereka. Anda dapat melakukan jajak pendapat atau survei untuk mengetahui garis waktu pilihan pemirsa Anda, atau Anda dapat memeriksa analitik TikTok Anda untuk melihat aktivitas pengikut Anda per jam. Perhatikan, bagaimanapun, bahwa Anda perlu meningkatkan ke akun Pro untuk melihat statistik Anda.
-
Rencanakan acara dari awal sampai akhir
Anda mungkin tergoda untuk melakukan live streaming, tetapi menyiapkan topik dan poin-poin penting di awal akan membantu Anda memaksimalkan waktu. Dengan skrip, Anda tidak akan kehabisan hal untuk dikatakan dan akhirnya bertele-tele. Pemirsa Anda akan lebih terlibat dan bertahan lebih lama. Perencanaan juga merupakan kesempatan untuk menangkap potensi bencana dan menghilangkan kegugupan Anda.
-
Promosikan live streaming Anda
Dorong pemirsa Anda untuk menonton saat Anda sedang siaran langsung. Beberapa cara untuk mempromosikan live streaming Anda yang akan datang meliputi:
- Buat video promosi: Pada siaran langsung terjadwal, Anda dapat menambahkan video Terkait. Gunakan ruang itu untuk memberikan cuplikan siaran Anda yang akan datang kepada pemirsa. Tidak seperti video TikTok biasa, video promosi ini akan berisi tautan ke acara langsung Anda, yang dapat diklik pengguna. Ini membuatnya lebih nyaman bagi mereka untuk mendaftar ke acara tersebut.
- Bagikan tautan acara Anda: Anda dapat mengirim pesan langsung ke orang-orang di platform atau mengarahkan mereka ke profil Anda, tempat siaran langsung terjadwal Anda ditampilkan secara otomatis. Anda dan pemirsa Anda juga dapat membagikan tautan acara Anda selama live streaming itu sendiri.
-
Biasakan diri Anda dengan aplikasi
Ini mungkin tampak jelas tetapi mengetahui antarmuka TikTok dengan hati akan mengurangi potensi kecelakaan atau ketidaksengajaan. Beberapa fitur yang perlu Anda pertimbangkan adalah sebagai berikut:
- Flip camera: Saat menampilkan apa pun di depan Anda selama siaran langsung, Anda dapat menggunakan fitur ini alih-alih menghadapkan kamera menjauh dari Anda.
- Enhance mode: Anda dapat menambahkan filter kecantikan yang dapat menghaluskan kerutan yang mungkin ditangkap kamera.
- Share your live streaming Anda: Anda dapat membagikan tautan live streaming Anda ke platform media sosial lainnya selama acara berlangsung. Cukup klik panah Bagikan di bagian bawah layar Anda.
- Filter your comments: Mengawasi bagian komentar Anda dimaksudkan untuk memberikan pengalaman pengguna yang lebih ramah tidak hanya untuk Anda tetapi juga untuk pemirsa Anda. Untuk memfilter komentar:
- Ketuk ikon Pengaturan di sudut kanan layar. Di bagian bawah halaman, Anda akan melihat filter kata kunci.
- Klik tanda tambah lalu ketik kata kunci tertentu yang tidak ingin Anda lihat di livestream Anda. Anda dapat mengetik hingga 200 kata kunci.
-
Periksa koneksi jaringan Anda
Ini adalah salah satu tip dasar yang tidak boleh Anda abaikan. Sangat penting dalam penjualan live shopping untuk membuat proses pembelian lebih nyaman. Jika jaringan Anda terus-menerus terputus, penonton kemungkinan besar akan berhenti menonton dan meninggalkan acara. Menjalankan tes kecepatan akan memastikan bahwa Anda tidak akan mengalami masalah. Sebaiknya jika Anda juga memiliki koneksi internet cadangan di atas jaringan utama Anda akan jauh lebih baik.
-
Tingkatkan keterlibatan audiens
Dorong audiens Anda untuk berpartisipasi dalam streaming langsung Anda. Salah satu cara untuk melakukannya adalah meminta mereka untuk memberikan emoji atau hati. Ini dapat membantu meningkatkan algoritma streaming langsung Anda sehingga menjadi lebih terlihat oleh pengguna TikTok lainnya. Anda juga harus menambahkan nilai pada pengetahuan audiens Anda. Berikan insentif untuk penayangan mereka atau setidaknya pastikan mereka mendapatkan sesuatu yang penting di akhir streaming Anda.
-
Analisis kinerja Anda
Di akhir siaran Anda, Anda akan dapat melihat semua analitik Anda. Anda akan mendapatkan wawasan tentang jumlah total pengguna yang menonton live streaming dan pengikut yang Anda peroleh. Anda juga dapat melihat rekaman live streaming Anda.
Jet Commerce, One Stop e-Commerce Solutions for Online Brands
Jet Commerce merupakan salah satu penyedia e-commerce solution Indonesia yang bergerak pada sektor B2B dan B2C di Jakarta, Indonesia. Sebagai perusahaan e-commerce enabler terpercaya se-Asia Tenggara, kami menawarkan solusi komprehensif & terintegrasi untuk mendukung pemasaran Brand di ranah e-commerce. Layanan kami meliputi official store management, digital marketing, design & creative, customer relationship management, live commerce services dan juga fulfillment center.
Layanan kami merupakan solusi alternatif bagi Brand, maupun pemilik bisnis skala menengah hingga besar, yang sedang ingin mengembangkan bisnisnya di industri e-commerce.
Dapatkan solusi dari kami di sini.
Reference: Marketing Hub