Updates > , > Cara Mengoptimalkan Penjualan Toko Online Anda di Marketplace

Cara Mengoptimalkan Penjualan Toko Online Anda di Marketplace

Marcomm

28 April 2023

Semakin banyak pasar yang beralih dari model grosir ke model penjual. Agar berhasil di di marketplace, Anda harus mengoptimalkan semua aspek dari akun penjualan Anda untuk dapat mengungguli persaingan. Dalam artikel ini kita akan membahas bagaimana caranya.

Kami memiliki poin terpisah yang harus Anda optimalkan menjadi dua bagian, kualitatif dan kuantitatif:

Kualitatif
  • Katalog Produk
  • Konten (pengoptimalan konten)
  • Promosi & Iklan
Kuantitatif
  • Pengalaman pelanggan
  • Inventaris
  • Harga
  • Metrik Keuangan
  • Metrik & Efisiensi Pemasaran

Kualitatif

Katalog Produk

Item tingkat tinggi pertama yang harus Anda optimalkan adalah katalog produk Anda. Tentukan apakah Anda menjual produk yang cocok dengan pembeli di marketplace. Selain itu, Anda harus menentukan apakah pasar masuk akal secara ekonomi untuk produk Anda. Pastikan margin Anda akan mendukung penetapan harga dan biaya pengiriman untuk menjual produk tersebut. Pilih produk yang memiliki peluang bagus untuk bersaing, dan kenali bahwa menjual di marketplace mungkin berbeda dengan menjual di toko Anda.

Pengoptimalan Konten

Pengoptimalan konten adalah salah satu pengungkit terpenting untuk ditarik sebagai pengelola marketplace. Perlu diingat bahwa Anda mengoptimalkan konten Anda untuk mesin pencari marketplace. Baca pedoman marketplace yang bersangkutan dan patuhi mereka sebaik mungkin. Berikut adalah hal-hal utama yang harus dioptimalkan:

  • Citra berkualitas tinggi dan bermakna
  • Karakteristik produk (sebanyak yang Anda bisa sebutkan)
  • Teks (gunakan kata kunci yang relevan)
  • Kategorisasi yang benar
  • Harga
Promosi & Iklan

Sebagian besar marketplace memiliki ratusan atau bahkan ribuan produk di setiap kategori. Diperlukan beberapa saat bagi marketplace  yang bersangkutan untuk mulai mengindeks penempatan produk baru Anda dengan benar. Banyak faktor yang menentukan dimana algoritma marketplace akan menampilkan produk Anda di hasil pencarian. Untuk memberikan listing-an Anda memperoleh ‘peningkatan interaksi’, Anda harus mempertimbangkan untuk menjalankan promosi atau iklan.

Terlepas pada berapa banyak produk yang Anda jual dan jumlah pasar tempat Anda menjual, Anda harus mempertimbangkan perangkat lunak promosi dan iklan. Ini akan menghemat banyak waktu, serta meningkatkan pendapatan.

Kuantitatif

Pengalaman Pelanggan

Mengacaukan layanan pelanggan Anda dapat membuat Anda terkena sanksi atau di-banned secara permanen di sebagian besar marketplace. Itulah mengapa Anda harus memiliki pengalaman pelanggan yang tepat. Ini adalah metrik utama untuk “tetap berada di jalur hijau”:

  • Waktu merespon
  • Tingkat pengembalian
  • Waktu pengiriman
  • Tingkat pembatalan pesanan
  • Tagihan balik
  • Ulasan pelanggan (dan peringkat)
Inventaris

Inventaris adalah salah satu bagian marketplace termudah untuk dioptimalkan. Ada banyak alat di luar sana yang dapat membantu Anda merampingkan ini. Metrik utama yang harus diperhatikan adalah inventaris yang ada dan inventaris yang tidak sehat. Anda dapat membayangkan bahwa tanpa perangkat lunak, banyak marketplace, dan banyak produk, manajemen inventaris dapat menjadi kacau. Pastikan inventaris Anda selalu diperbarui secara waktu realtime antara toko online dan marketplace Anda untuk mencegah penjualan “tidak” dan berdampak negatif pada tingkat pembatalan pesanan Anda.

Harga

Area ini mudah dioptimalkan dengan perangkat lunak. Alat perangkat lunak seperti UPFOS (integrated marketplace omni-channel system)  memungkinkan Anda untuk secara otomatis mengubah harga dan menyesuaikan harga per produk dan saluran untuk memastikan Anda selalu mendapatkan tawaran terbaik untuk ROI yang Anda inginkan.

Metrik Keuangan
  • Metrik keuangan utama adalah penjualan, dan pengeluaran iklan. Penjualan adalah jumlah unit yang terjual dikalikan dengan harga jual. Iklan dapat dibagi menjadi digital dan non-digital. Saat bekerja dengan marketplace, Anda akan lebih berfokus pada aspek digital. Tapi UPFOS  akan memungkinkan Anda untuk menambahkan metrik non-digital Anda ke analitik Anda karena ini akan membantu Anda menentukan strategi tingkat tinggi dan wawasan yang berharga.
  • Penjualan dan pengeluaran iklan bukanlah metrik yang akan Anda analisis setiap hari. Lihat mereka sebagai indikator jalan yang Anda jalani. Namun, Anda akan menyesuaikan pengeluaran iklan setiap hari atau setiap minggu. Cara Anda mengubah pengeluaran iklan ditentukan oleh analisis metrik pemasaran & efisiensi pemasaran Anda.
Metrik Pemasaran
  • Setelah Anda mulai berbelanja di pasar, Anda akan membayar berdasarkan tayangan atau klik. Metrik ini lebih merupakan indikasi daripada yang lainnya. Jadikanlah ini sebagai ‘bukti pembayaran’ dari pasar. Metrik ini tidak dapat ditindaklanjuti. Di situlah metrik efisiensi pemasaran bisa masuk.
Efisiensi Pemasaran
  • Konsep efisiensi pemasaran adalah beban dari keberadaan Anda sebagai analis pasar. Jika diartikan dengan benar, Anda dapat menyesuaikan dan mengalokasikan pengeluaran Anda sehingga efisiensi menjadi optimal sesuai skala yang Anda inginkan.

Kesimpulan

Jika Anda ingin memanfaatkan marketplace sebaik mungkin dan seefisien mungkin, Anda harus mempertimbangkan sistem omni-channel terintegrasi seperti UPFOS atau bisa juga mempertimbangkan untuk menggunakan jasa one stop solution e-commerce enabler  dari Jet Commerce.

Jet Commerce, One Stop e-Commerce Solutions for Online Brands

Jet Commerce merupakan salah satu penyedia e-commerce solution Indonesia yang bergerak pada sektor B2B dan B2C di Jakarta, Indonesia. Sebagai perusahaan e-commerce enabler terpercaya se-Asia Tenggara, kami menawarkan solusi komprehensif & terintegrasi untuk mendukung pemasaran Brand di ranah e-commerce. Layanan kami meliputi official store management, digital marketing, design & creative, customer relationship management, live commerce services dan juga fulfillment center.

Layanan kami merupakan solusi alternatif bagi Brand, maupun pemilik bisnis skala menengah hingga besar, yang sedang ingin mengembangkan bisnisnya di industri e-commerce. Dapatkan solusi dari kami di sini.

 

Referensi:  e-tailize

Share It With Your Friends

Do You Have Any Question?

+62 21 808 23118

CONNECT WITH US

Do You Have Any Question?

+62 21 808 23118

CONNECT WITH US