Updates > > Berusaha Penuhi Pesanan, Jet Commerce Fulfillment Center Upayakan Pencegahan COVID-19

Berusaha Penuhi Pesanan, Jet Commerce Fulfillment Center Upayakan Pencegahan COVID-19

Livia Christiany Chandra

2 April 2020

Per tanggal 16 Maret 2020 kemarin, dalam rangka pencegahan penyebaran Virus Corona (COVID-19) Pemerintah Indonesia telah memberlakukan kebijakan social distancing dan menghimbau kepada seluruh masyarakat, untuk tetap berada di dalam rumah, menghindari tempat-tempat umum, dan keramaian. Adanya kebijakan ini tentunya berdampak tidak hanya pada perekonomian negara, namun juga bagi perusahaan, instansi, maupun kehidupan masyarakat secara langsung.

Dampak nyata yang paling mudah dirasakan oleh masyarakat adalah sulitnya memperoleh kebutuhan sehari-hari karena adanya pembatasan mobilisasi dan segala aktivitas di luar rumah. Dalam situasi seperti ini, berbelanja kebutuhan secara online melalui platform e-commerce/ marketplace (seperti: Lazada, Shopee, Tokopedia, dan lainnya) menjadi salah satu solusi rasional yang dipilih oleh masyarakat.

Sebagai e-commerce enabler yang dipercaya oleh berbagai Brands, kami (Jet Commerce) sadar akan pentingnya memenuhi kebutuhan customer yang sedang berusaha untuk bertahan di rumah, dan kami akan terus berusaha untuk memenuhi pesanan tersebut -hingga ada imbauan/ kebijakan lebih lanjut dari Pemerintah ataupun partner logistik kami.

Proses pemenuhan ini tentunya, juga disertai dengan upaya-upaya preventif yang matang untuk mendukung keamanan & kenyamanan masyarakat dalam berbelanja, serta keselamatan dari karyawan kami yang bekerja di fulfillment center. Berikut adalah upaya-upaya pencegahan Virus Corona (COVID-19) yang kami lakukan di Fulfillment Center Jet Commerce:

1. Penetapan Sistem Shift Karyawan

Dalam rangka mendukung kebijakan social distancing, perusahaan telah mengambil keputusan bagi karyawan fulfillment center untuk bekerja dengan sistem shift. Karyawan fulfillment center kami dibagi menjadi dua shift yaitu shift grup 1 (pagi) dan shift grup 2 (sore), dimana kedua shift ini akan bekerja secara bergantian di waktu yang berbeda dan dilarang untuk saling melakukan kontak antara satu dengan yang lainnya. Sistem shift diberlakukan untuk mengurangi intensitas kepadatan di dalam fulfillment center dan juga memberikan ruang gerak lebih bagi setiap karyawan untuk mengambil jarak aman.

2. Prosedur Body Checking

Sebelum memasuki area fulfillment center setiap karyawan tetap diwajibkan untuk melakukan prosedur body checking dan juga pengecekan suhu tubuh terlebih dahulu oleh petugas keamanan yang berjaga. Apabila didapati karyawan yang bertemperatur tinggi –kurang lebih di atas 37,5 derajat, maka karyawan tersebut tidak akan diperbolehkan untuk memasuki area fulfillment center.

Petugas yang melakukan body checking sudah dilengkapi dengan masker dan juga sarung tangan (dibersihkan dengan disinfektan dan diganti secara berkala), untuk mencegah adanya kontaminasi dari virus/ bakteri.

Proses Body Checking Covid-19 Prevention Jet Commerce Fulfillment Center

 

3. Penyediaan Hand Sanitizer

Peletakan hand sanitizer di beberapa area seperti pintu masuk, area inbound dan juga outbound. Setiap karyawan yang bekerja di Fulfillment Center Jet Commerce diwajibkan untuk menggunakan hand sanitizer saat sebelum dan sesudah melakukan absensi yang menggunakan alat fingerprint. Selain karyawan, setiap kurir logistik yang akan melakukan pengambilan barang, baik instan (Go Send, Grab Send) maupun non-instan (J&T, JNE, LEX, Si Cepat, Shopee Xpress, Anter Aja) juga diwajibkan untuk menggunakan hand sanitizer/ mencuci tangan terlebih dahulu sebelum menyentuh paket.

Covid-19 Prevention Jet Commerce Fulfillment Center - Hand Sanitizer   Covid-19 Prevention Jet Commerce Fulfillment Center - hand sanitizer 2

 
4. Pengecekan Suhu & Pencatatan Kesehatan Karyawan

Selain pengecekan suhu di pintu masuk fulfillment center, pengecekan suhu tubuh karyawan juga dilakukan secara berkala. Pencatatan kondisi kesehatan tubuh setiap karyawan juga dilakukan guna penditeksian dini, serta mengantisipasi tindakan cepat apabila ada karyawan yang mengalami gejala dari virus corona.

Covid-19 Prevention Jet Commerce Fulfillment Center - Pengecekan Suhu

 

5. Penggunaan Disinfektan

Penggunaan disinfektan secara menyeluruh oleh tim ISP setiap hari Sabtu dan Minggu, pada area Fulfillment Center Jet Commerce, seperti: Storage area, in bound, out bound, & packing area. Sedangkan alat-alat kerja pendukung fulfillment seperti conveyor, forklift, hand palet, trolley, gagang pintu, dan alat kerja lainnya, di lap/ disemprot dengan disinfektan setiap kali ada pergantian shift karyawan.

Covid-19 Prevention Jet Commerce Fulfillment Center Covid-19 Prevention Jet Commerce Fulfillment Center

Covid-19 Prevention Jet Commerce Fulfillment Center - disinfektan Covid-19 Prevention Jet Commerce Fulfillment Center Covid-19 Prevention Jet Commerce Fulfillment Center

 

6. Penyediaan Masker & Vitamin C

Vitamin C dan juga APD berupa masker, diberikan secara rutin kepada seluruh karyawan untuk menjaga keselamatan dan daya tahan tubuh karyawan selama bekerja. Masker wajib dipakai oleh setiap karyawan Fulfillment Center Jet Commerce, tak terkecuali saat melakukan packing, in bound & out bound paket. Hal ini juga dilakukan guna menjaga kebersihan dari paket yang akan dikirim kepada customer.

  Covid-19 Prevention Jet Commerce Fulfillment Center Covid-19 Prevention Jet Commerce Fulfillment Center Covid-19 Prevention Jet Commerce Fulfillment Center

 

7. Surat Cinta dari Tim Fulfillment Center Kepada Customer

Tim Fulfillment Center Jet Commerce berfoto dengan kertas yang bertuliskan “Kami penuhi pesanan kamu, supaya kalian aman #DiRumahAja”. Foto ini kemudian diunggah melalui akun-akun media sosial Jet Commerce sebagai bentuk dukungan kepada customer, agar tetap tenang berada di rumah dan semangat dalam menjaga kesehatan. Customer tidak perlu khawatir, ada tim kami yang akan selalu sigap untuk penuhi kebutuhan kalian selama #DiRumahAja.

#DiRumahAja - Jet Commerce Fulfillment Center #DiRumahAja - Jet Commerce Fulfillment Center

Don’t forget to follow us on Instagram/ LinkedIn/ Facebook/ Youtube
Keep Calm & Stay Healthy! 🙂
Share It With Your Friends

Do You Have Any Question?

+62 21 808 23118

CONNECT WITH US

Do You Have Any Question?

+62 21 808 23118

CONNECT WITH US