Updates > > Beberapa Tips Penting Sebelum Mengoperasikan Toko Online di e-Commerce Marketplace

Beberapa Tips Penting Sebelum Mengoperasikan Toko Online di e-Commerce Marketplace

Marketing

10 May 2021

Toko online berbasis e-commerce marketplace saat ini sudah menjadi semakin populer bagi para konsumen. Hal ini juga diiringi dengan semakin banyaknya pula perusahaan di berbagai belahan dunia yang mencoba untuk memasuki perdagangan online B2C. Tujuannya tak lain yaitu, agar perusahaan mampu berhubungan langsung dengan konsumen namun dengan jangkauan yang lebih luas lagi.

Meskipun B2B dan B2C merupakan model bisnis perdagangan yang mirip, keduanya tetap memiliki perbedaan yang cukup besar dari sisi metode pengoperasian. Berikut ini beberapa tips yang perlu Anda pahami jika ingin mengoperasikan toko online Anda pada e-commerce marketplace.

Analisa Kompetitor

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mempelajari tentang kompetitor. Cobalah untuk melihat website/ toko online yang menjual produk atau jasa yang mirip dengan yang Anda tawarkan. Lakukan hal terbaik untuk mengumpulkan setiap informasi, termasuk strategi pemasaran, solusi teknologi dan juga metode pengoperasionalan toko online yang mereka gunakan.

Setelah itu, Anda dapat melihat kembali strategi bisnis Anda secara objektif dan bertanya pada diri Anda sendiri apakah Anda dapat berkompetisi dengan mereka. Tentukan dimana lokasi Anda dalam ekosistem industri yang Anda jalankan. Dapatkah Anda berkompetisi dari sisi harga? Atau mungkin menang dari sisi kualitas? Apakah Anda dapat lebih baik dalam strategi pemasaran jika dibandingkan dengan mereka? Apakah Anda memiliki solusi teknologi yang lebih baik? Atau apakah iklan yang Anda gunakan dapat mendatangkan penghasilan yang lebih baik?

Jika Anda tidak memiliki hal yang dapat Anda kompetisikan dengan kompetitor, maka yang menjadi kekhawatiran adalah toko online Anda hanya akan menghabiskan uang saja nantinya. Dan juga, hal ini menjadi hal terpenting dari menjalankan toko online. Konklusinya adalah, riset dan pemahaman yang lebih dalam tentang kompetitor dapat membawa Anda pada arah dan jalan yang benar dalam menjalankan bisnis toko online Anda.

 

SEO (Search Engine Optimization)

Kata kunci SEO baik itu diluar maupun di dalam marketplace berikut dengan analisa kompetitor, merupakan hal yang perlu Anda lakukan terlebih dahulu sebelum mulai membangun framework dari toko Anda, memilih nama toko, dan memilih jenis produk apa yang ingin Anda jual. Berdasarkan studi analisa kompetitor yang sudah Anda lakukan sebelumnya, mulailah tuliskan daftar produk yang ingin Anda jual secara online.

Anda juga dapat mencoba untuk menyewa jasa konsultan SEO profesional dan menunggu hasil riset kata kunci yang paling sesuai untuk bisnis Anda. Anda akan mendapatkan daftar dari beberapa kata kunci yang paling optimal untuk Anda gunakan dalam website/ toko online Anda.

Setelah itu, Anda dapat menghabiskan waktu Anda untuk meneliti secara lebih dalam tentang performa dari setiap kata kunci yang diberikan, lalu memilih yang paling sesuai dengan karakteristik bisnis Anda. Anda juga dapat mempertimbangkan budget yang harus Anda keluarkan dan kata kunci utama yang akan digunakan.

Apakah Anda dapat mengeluarkan budget tersebut bulan per bulan? Apakah toko online Anda cukup dapat berkompetisi dengan kata kunci tersebut? Dan kapan kira-kira waktu yang tepat untuk mendapatkan hasil dari investasi SEO yang Anda jalankan?

Hal – hal tersebut dapat Anda pikirkan secara lebih matang dalam langkah ini.

Pemasaran Berbasis Mesin Pencarian (Search Engine Marketing)

Setelah menyelesaikan pembelajaran tentang SEO, untuk sebagian besar industri, Anda dapat menentukan beberapa kata kunci yang dapat Anda kompetisikan, tetapi memang membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. Karena itu, kami merekomendasikan Anda untuk menggunakannya sebagai pekerjaan jangka panjang (membuat budget untuk jangka panjang pada bagian ini sembari senantiasa mengoptimalkan SEO).

Ketika budget yang Anda atur sudah mulai berkurang, Anda juga bisa mendapatkan penghasilan dari website Anda secepat mungkin, tidak hanya bersandar pada manfaat yang dihasilkan dari SEO. Dalam kasus ini, Anda perlu mulai melakukan riset SEM. Kalkulasikan jumlah budget yang diperlukan untuk setiap klik dari kata kunci Anda yang paling penting.

Anda dapat membandingkan budget tersebut dengan tingkat konversi rata-rata yang sudah Anda ekspektasikan untuk melihat tentang apakah strategi Anda ini menghasilkan hasil yang positif untuk penjualan Anda. Jika hasilnya positif, Anda dapat mulai membangun dan mengoperasikan website dan menjual produk Anda kepada konsumen.

Buat Sasaran Kinerja Penjualan Yang Tepat

Setelah Anda melakukan penelitian, Anda dapat mulai menetapkan beberapa tujuan yang ingin bisnis Anda capai. Pada dasarnya, yang perlu Anda lakukan pada tahap ini adalah menghitung berapa banyak penjualan yang perlu Anda hasilkan setiap bulan dengan biaya harian yang minim.

Setelah itu, Anda perlu menetapkan target persentase untuk pertumbuhan penjualan bulanan, dengan mengingat tujuan ini dan melaksanakannya.

Mengolah Gambar untuk Produk Anda

Persiapkan setiap gambar produk Anda. Jika Anda perlu mengambil ulang foto produk, Anda harus memastikan agar hasilnya senantiasa jelas dan beresolusi cukup tinggi serta akurat.

Menuliskan Deskripsi Produk dengan Jelas

Jangan terlena dan berpikir bahwa hal ini tidaklah penting. Setiap orang biasanya tidak mengetahui tentang berapa banyak kata yang perlu mereka tuliskan dalam deskripsi produk. Anda perlu memastikan bahwa deskripsi produk yang Anda jual mengandung informasi yang relevan, karena akan mempengaruhi tingkat konversi dari toko online Anda.

Deskripsi ini menjadi perwakilan Anda. Dalam dunia digital, Anda tidak dapat meminta perwakilan dari bagian penjualan Anda untuk menjawab setiap pertanyaan dari konsumen. Disinilah deskripsi produk membantu Anda dalam menjawab pertanyaan tersebut. Deskripsi produk harus Anda tuliskan secara jelas dan dengan baik sehingga konsumen dapat dengan mudah menemukannya dan tidak memiliki pertanyaan banyak tentang produk atau jasa yang Anda tawarkan.

Memperhatikan Konten yang Berkaitan dengan Layanan atau Produk Anda

Jangan lupa bahwa setiap toko online tentunya memiliki halaman dan konten yang statis. Hal ini biasanya terdiri dari halaman seperti “About Us”, “Disclaimer”, “FAQ”, “Contact Us”, “Return Policy” dan lain sebagainya. Pastikan segala informasi yang kemungkinan penting atau perlu diketahui oleh calon customer Anda tercantum dan dapat dengan mudah diakses melalui toko online Anda.

Penggunaan Blog atau Media Sosial Sebagai Media Promosi

Anda perlu mempertimbangkan salah satu bentuk pemasaran ini karena baik blog maupun media sosial merupakan sarana gratis, namun dapat memiliki dampak yang sangat positif bagi pertumbuhan performa toko dan juga penjualan produk Anda secara online. Anda hanya perlu berinvestasi dalam meluangkan waktu, membuat konten-konten yang menarik dan relevan dengan produk Anda, sehingga para pembaca menjadi lebih memahami akan produk Anda dan tertarik untuk membelinya di toko online Anda.

Seluruh hal di atas merupakan beberapa tips yang Anda perlukan sebelum mengoperasikan toko online. Namun tentunya, tidak semua bisnis mampu menjalankan berbagai proses tersebut tanpa harus berjatuh bangun terlebih dahulu. Jika produk atau brand Anda sudah berada pada fase skala yang cukup besar, dan Anda merasa tidak memiliki waktu atau tenaga ahli yang cukup untuk menangani hal tersebut. Alangkah lebih baik jika Anda bekerjasama dengan tenaga profesional yang dapat membantu Anda meningkatkan performa dan juga pertumbuhan dari bisnis toko online di e-commerce marketplace, seperti Jet Commerce.

Jet Commerce merupakan salah satu penyedia e-commerce solution Indonesia yang bergerak pada sektor B2B dan B2C di Jakarta, Indonesia. Sebagai perusahaan e-commerce enabler terpercaya se-Asia Tenggara, kami menawarkan solusi komprehensif & terintegrasi untuk mendukung pemasaran Brand di ranah e-commerce.

Layanan e-commerce kami meliputi official store management, digital marketing, design & creative, customer relationship management, omni-channel system, hingga pemenuhan order oleh fulfillment center. Jet Commerce Fulfillment Center berlokasi di kota Tangerang. Bekerjasama dengan 8 partner logistik terpercaya, Fulfillment Center kami mampu memproses lebih dari 4000 pesanan (online order) dalam sehari, baik pengiriman instan maupun non-instan.

Layanan kami merupakan solusi lengkap bagi Brand, maupun pemilik bisnis yang ingin mengembangkan usahanya di pasar online, khususnya di marketplace-marketplace besar seperti Tokopedia, Shopee, Lazada, BukaLapak, JD.ID, Blibli, dan lain sebagainya.

 

Reference: ChinaBrands

 

Share It With Your Friends

Do You Have Any Question?

+62 21 808 23118

CONNECT WITH US

Do You Have Any Question?

+62 21 808 23118

CONNECT WITH US