Updates > , > Beberapa Data Statistik Live Shopping yang Perlu Anda Ketahui di 2023

Beberapa Data Statistik Live Shopping yang Perlu Anda Ketahui di 2023

Marcomm

16 May 2023

Live shopping adalah sebuah teknik marketing di mana bisnis mengadakan acara belanja virtual secara real-time untuk memamerkan dan menjual produk mereka kepada pelanggan. Ini adalah cara yang bagus untuk memperdalam koneksi Anda dengan pelanggan Anda, memperluas jangkauan Anda melalui kemitraan influencer, dan berpotensi meningkatkan tingkat konversi Anda.

Contoh penjualan langsung yang paling dikenal adalah QVC home shopping network atau yang biasa kita kenal dengan acara televisi home shopping channel (situasi di mana para audiens dapat menyaksikan peragaan dan penawaran suatu jasa atau produk secara live, serta melakukan pemesanan saat itu juga).

Sementara home shopping tradisional masih sedang berjuang untuk menarik perhatian generasi muda, kemajuan dari live commerce yang baru saat ini tengah berkembang dengan sangat pesat. Siaran langsung yang dihosting oleh influencer, Facebook Lives, YouTube streaming, dan lainnya menjadi saluran penjualan yang semakin menguntungkan di seluruh dunia.

Dalam artikel ini, kita akan melihat statistik dan juga tren belanja terkini, yang tentunya perlu Anda ketahui dan manfaatkan sebagai saluran penjualan yang baru dan kuat untuk bisnis Anda.

TREND INDUSTRI

 

1. Pasar belanja livestream AS diperkirakan bernilai $68 miliar pada tahun 2026

Coresight Research memperkirakan bahwa pasar live streaming AS akan mencapai $20 miliar pada tahun 2022. Kemudian, pada tahun 2026, penjualannya akan meningkat lebih dari tiga kali lipat menjadi sekitar $68 miliar.

2. Pasar penjualan livestream China tumbuh dari $3 miliar menjadi $171 miliar hanya dalam tiga tahun (2017-2020)

Sementara penjualan live streaming masih dalam tahap awal di AS, saluran penjualan ini telah membuat gebrakan besar di China. Dan jika ledakan pertumbuhan belanja livestream China merupakan indikasi, penjualan livestreaming dapat mencapai sebanyak 20% dari semua e-commerce pada tahun 2026. Jelas bahwa live shopping memiliki potensi jangka panjang yang sangat besar untuk brand dan platform e-commerce.

3. Momentum Live Shopping Tiongkok tidak melambat, mencapai hampir $500 miliar pada tahun 2022

Sementara nilai live shopping China sudah sangat besar pada tahun 2020, momentum ini belum mulai melambat dan pendapatan dari live shopping terus meningkat pesat. Faktanya, menurut eMarketer, pendapatan live shopping Tiongkok diperkirakan mencapai $480 miliar pada akhir tahun 2022 dan hampir $625 miliar pada tahun 2023.

4. Pakaian dan mode menyumbang 36% dari acara live shopping

Dengan 36% dari acara penjualan live streaming untuk pakaian dan fashion, ini adalah kategori live commerce yang paling umum sejauh ini:

  • Kecantikan (8%)
  • Makanan segar (7%)
  • Elektronik konsumen (5%)
  • Perabotan dan dekorasi rumah (4%)
  • Mobil (<1%)
5. YouTube adalah platform live commerce paling populer di AS

Dengan Facebook dan Instagram di belakang, YouTube adalah platform live shopping paling populer di antara pengecer AS, dengan 30,2% bisnis menggunakan platform tersebut pada tahun 2021.

Popularitas Platform Live Shopping di AS

6. Instagram adalah platform yang paling sering digunakan untuk “go live”

Meskipun live shopping paling umum dilakukan di YouTube dan Facebook, lebih banyak pembuat konten yang “menyiarkan live streaming” di Instagram daripada platform lainnya (62% dibandingkan dengan hanya 5% untuk Facebook). Pertimbangkan untuk bertemu konsumen Anda di mana mereka sudah terbiasa dan ikut serta dalam live video.

Data platform yang paling umum digunakan untuk Live Video di US

Showing Most Common Platform for Live Commerce or Live Streaming

7. Banyak perusahaan melaporkan tingkat konversi live commerce mencapai hingga 10x lebih tinggi daripada e-commerce konvensional

Dengan pasar ritel e-commerce yang semakin jenuh dan kompetitif dari sebelumnya, perusahaan yang menggunakan strategi penjualan live streaming mendapatkan tingkat konversi hingga 30%. Itu 10 kali lebih tinggi dari rata-rata tingkat konversi e-commerce.

8. Penjualan live streaming memiliki rata-rata tingkat konversi 70% untuk barang mewah

Dengan live shopping yang memberikan tampilan produk yang lebih mendetail, ini adalah saluran penjualan yang sangat efektif untuk barang-barang mewah. Faktanya, rata-rata barang mewah memiliki tingkat konversi rata-rata 70% saat dipamerkan di platform live commerce.

 

PERILAKU PELANGGAN (CUSTOMER BEHAVIOUR)

 

9. 35% konsumen AS membeli produk setelah menonton acara live shopping

Dalam survei tahun 2022, peneliti menemukan bahwa konsumen AS yang menonton acara live shopping, 35% dari mereka mengatakan telah melakukan pembelian.

10. Terjadi peningkatan sebanyak 76% dalam pembelian live shopping selama pandemi

Karena orang-orang terpaksa tinggal di rumah dan berbelanja online selama pandemi, live shopping menjadi berkembang pesat. Faktanya, antara Maret 2020 dan Juli 2021, Astound Commerce menemukan bahwa, secara global, ada peningkatan rata-rata 76% dalam pembelian live commerce.

11. Minat belanja langsung di kalangan konsumen Amerika semakin meningkat

Meskipun daya tahan terkuat live shopping terletak di Asia, ada minat yang meningkat untuk live shopping di kalangan konsumen Amerika. Lebih dari 10% mengatakan bahwa live commerce akan membuat mereka lebih cenderung menggunakan social commerce, dan hampir 15% menyatakan berminat untuk melakukan live shopping secara umum.

12. 17% konsumen AS sering menonton acara live streaming shopping oleh influencer

Sebuah studi dari Global Web Index menemukan bahwa 17% konsumen di AS sering menonton acara live streaming oleh influencer, dengan 70% dari mereka cenderung membeli produk dari influencer yang mereka ikuti. Ini mewakili audiens yang sangat besar dan terlibat yang sudah memiliki hubungan baik dengan siapa yang mereka tonton. Memanfaatkan kesempatan ini akan menjadi semakin penting bagi pengusaha ritel di tahun 2023.

13. 28% pembeli mengatakan meningkatnya live commerce akan mendorong mereka untuk membeli melalui media sosial

Hampir sepertiga konsumen global berpendapat bahwa peluang live shopping tambahan akan mendorong mereka untuk membeli melalui saluran sosial mereka. Dengan kata lain, jika pilihannya lebih umum, mereka kemungkinan besar akan mengambil bagian.

14. 66% konsumen global berharap pengusaha ritel lebih inovatif secara digital

Meskipun akan selalu ada keraguan seputar inovasi terbaru dalam perdagangan, sebagian besar konsumen masih menyambut era digital baru kami. Faktanya, secara global, 66% konsumen menginginkan pengusaha ritel menjadi lebih inovatif secara digital. Peluang digital seperti live shopping adalah cara yang bagus untuk memanfaatkan keinginan ini.

15. 60% pembeli yang mencoba live shopping mengatakan bahwa aktivitas ini meningkatkan pengalaman berbelanja mereka

Meskipun saluran penjualan masih dalam tahap pengembangan awal, live shopping terbukti memiliki dampak yang kuat dalam hal sentimen konsumen. Faktanya, Klarna menemukan bahwa 60% pembeli yang telah menggunakan live shopping telah memberikan mereka berbelanja yang lebih baik.

Pada dasarnya, aktivitas live commerce merupakan saluran penjualan yang akan datang untuk para pengusaha ritel. Meskipun masih dalam tahap awal di AS, kami telah melihat live shopping telah melakukan lompatan cepat dalam menembus pasar ritel di China dan beberapa negara lain. Saat ini di AS, ada tanda-tanda kita akan segera mengalami fenomena yang sama, dan segera di negara-negara lain pun seperti Indonesia tentunya juga akan menyusul. Akan sangat disayangkan jika bisnis Anda tidak memanfaatkan kesempatan ini. Namun, jika Anda dan team Anda masih bingung dalam hal ini, dan masih membutuhkan bantuan dalam mengeksekusi live commerce dan juga live streaming, mungkin Jet Commerce bisa menjadi solusi yang tepat untuk brand/ bisnis e-commerce Anda.

Jet Commerce, One Stop e-Commerce Solutions for Online Brands

Jet Commerce merupakan salah satu penyedia e-commerce solution Indonesia yang bergerak pada sektor B2B dan B2C di Jakarta, Indonesia. Sebagai perusahaan e-commerce enabler terpercaya se-Asia Tenggara, kami menawarkan solusi komprehensif & terintegrasi untuk mendukung pemasaran Brand di ranah e-commerce. Layanan kami meliputi official store management, digital marketing, design & creative, customer relationship management, live streaming & live commerce services dan juga fulfillment center.

Layanan kami merupakan solusi alternatif bagi Brand, maupun pemilik bisnis skala menengah hingga besar, yang sedang ingin mengembangkan bisnisnya di industri e-commerce.

Dapatkan solusi dari kami di sini.

 

Reference: fitssmallbusiness

Share It With Your Friends

Do You Have Any Question?

+62 21 808 23118

CONNECT WITH US

Do You Have Any Question?

+62 21 808 23118

CONNECT WITH US